NF wrote::htg .........dry weight saya saja 91 kg ........
.............
, itu yg saya pikirkan juga om NF, begitu om Crist bilang gross weight "cuma" 100kg, bikin ciut semangat, weight does really matters buat saya .. bisa2 gak airborne2..Pernah diajak terbang pake Tecnam P96G, seatnya side by side, begitu terbang pesawat harus ditrim aileronnya dulu spy level baru di take over ke saya..hahaha
waduh ... jangan patah semangat dulu para suhu ...
pertama kita hitung dulu total beratnya. misalnya untuk suhu NF, 91Kg + 38Kg = 129 Kg anggap saja 130Kg berarti mesti cari canopy yg bisa segitu, biasanya yg size L atau Xl kalau pake canopy biasa. kalau pake canopy paramotor, size M aja sudah cukup.
Yg kedua, static thrust minimalnya juga ikut naik. jadinya 130Kg/6 = 22Kg. yg saya coba kemarin itu kan DEL111 dg prop standart 28x10, cuman keluar 25Kg. kalau pake DLE170 dengan prop standart 32x10 prediksi saya bisa dapat 37Kg. kalau sudah ganti prop custom, mestinya bisa diatas 50Kg. nah, cukup kan .... hehehe ...
sorry, progress nya agak lambat karena libur panjang, hobby shop di luar dan juga tempat saya pesan propeller pada libur panjang juga. saya sendiri juga lagi banyak dead line kerjaan, dan memang nggak banyak yg bisa dilakukan terhadap paratrike nya karena prop belum ada. Yang paling penting lagi, saya masih bingung mau nyoba power plan yg mana lebih dulu. opsi yg ada : 1. DLE111 sudah terbukti bisa terbang dg pas2an, thrust 25kg. kalau saya pasang 2 buah (bisa di pasang counter rotating), berarti bisa 50kg kan ... 2. DLE 170 sudah pasti bisa karena memang lebih besar dari DLE111 cuman apa power nya memuaskan. perkiraan di atas kertas bisa menghasilkan thrust 40kg 3. Brushless ROTOMAX 50cc, powernya 5000watt, hampir sama dg DLE111, jadi saya mau pasang 2 buah, kira2 bisa dapat 40kg sampai 50kg 4. Brushless CA120-70, powernya 15000watt, tentunya lebih garang lagi. perkiraan di atas kertas bisa dapat thrust sekitar 60kg.
Last edited by christoffel on 12 Jan 2012, 16:12, edited 3 times in total.
ternyata DLE170 ini throtle nya terbalik, harus di dorong (yg DLE111 ditarik). jadinya harus dipikirin lagi konstruksi untuk kabel throtle nya. yg di sebelah kanan ditumpuk itu, saya bikin unit baru lagi supaya bisa nyoba yg electric tanpa mengganggu yg engine, baru terpasang rollbar nya aja. cage sudah jadi, tinggal nyambung ke roll bar. soalnya kalau harus bongkar yg sekarang dipake engine, takutnya kalau pesanan prop tiba2 datang, mesti masang kembali engine nya cukup ribet.
Last edited by christoffel on 12 Jan 2012, 16:18, edited 2 times in total.