Page 22 of 58

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 12 Jan 2012, 13:51
by bonojoker
:hah :hah :hah
Baru tau ada yang kayak gini

Apa ini Masuk kategori Aeromodelling Juga Om
Apa ada kompetisi_ny juga

Salut dech Om Christoffel dkk
:ok :ok :ok
:plk :plk :plk

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 13 Jan 2012, 10:50
by christoffel
makasih mas ....
ini bukan termasuk aero-modelling, karena sudah untuk orang beneran ...
kalau kompetisinya sih ada, merujuk kepada cabang olahraga paramotor (PPG: Powered Para Glider) sub Para Trike / Para Buggy
tapi di indonesia sepertinya belum pernah ada kompetisi paratrike deh. kalau yg terbang banyak, coba aja ke bali, banyak dibuat ojek untuk turis ...

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 13 Jan 2012, 11:06
by bonojoker
christoffel wrote:makasih mas ....
ini bukan termasuk aeromodelling, karena sudah untuk orang beneran ...
kalau kompetisinya sih ada, merujuk kepada cabang olahraga paramotor (PPG: Powered Para Glider) sub Para Trike / Para Buggy
tapi di indonesia sepertinya belum pernah ada kompetisi paratrike deh. kalau yg terbang banyak, coba aja ke bali, banyak dibuat ojek untuk turis ...


Oh gitu ya Pk. Christoffel
baru mudeng saya klw ada Olah Raga Paramotor
tapi sama-sama main ny di udara ya Pk.
:thx :thx :thx
salut dah untuk Pk. Christoffel
:ok :ok :ok
:plk :plk :plk
:pis :pis :pis

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 13 Jan 2012, 21:38
by fajar
christoffel wrote:
Wind Raider wrote:Kalau boleh nanya , DIY Trike ini menghabiskan dana berapa ?
Oh ya , apa komentar dari nyonya ?

thanks suhu ...
nyonya sih sangat support dan pengertian (yg paling penting, juga enjoy ngeliat saya main pesawat) ...
Dulu waktu anak pertama saya masih umur seminggu, beliau masih bersedia nemenin latihan paragliding di batu sambil jaga si kecil tidur di mobil. Tiap minggu juga nemenin main pesawat ke lapangan. cuman sekarang karena sibuk di kantornya jadi sering bolos ... hehehe

saya coba buka kembali catatan belanja saya, hasilnya :
- untuk trike (versi kite-buggy) habisnya sekitar 2.6 jt, tadinya kan dibuat untuk jadi kite-buggy. jadi prioritas kekuatan dan kestabilan nya lebih besar dibandingkan kalau difungsikan sebagai paratrike. (pemakaian kite-buggy itu dibanting-banting, dan hampir selalu drifting, malah sering nya jalan 2 roda saja). perhitungan saya kalau hanya untuk paratrike bisa lebih murah, sekitar 2 jt saja sudah cukup. yg bisa dihemat antara lain bearing roda nya, karena untuk kite-buggy, saya pakai bearing angular dual row 2 biji (berfungsi sebagai thrust bearing) dan deep grove single row dua biji juga untuk tiap roda dan setir.
- untuk tambahan roll-bar dan cage supaya bisa jadi paratrike, biaya nya sekitar 500rb.
- mesin DLE111, sekitar 5.5 jt
- saya ganti knalpot standar nya jadi canister supaya mulut pembuangan nya bisa di bawah (yg standar bikin propeller jadi hitam dan belepotan oli). ini membutuhkan dana sekitar 1.2 jt. (optional) http://www.sdshobby.net/images/v/201106/b/13092303606.jpg
- kabel gas dan disc-brake saya pakai punya sepeda (china made) dan habisnya sekitar 50rb saja.
- canopy paraglider nya saya dapat second seharga 4jt (kalau baru sekitar 28jt) karena kondisi pernah sobek dan sudah ditambal (ex nyangkut pohon waktu dipakai paramotor oleh pemilik terdahulu).

jadi total jendral saya habis 13.85 jt.
kalau di tekan lagi hanya untuk paratrike kira2 sekitar 12.05 jt saja.
kalau emgine di ganti pakai DLE170 (saya lebih menyarankan ini karena spare power nya lebih banyak) kira2 harus nambah sekitar 2.5 jt lagi.


wah gak lebih mahal dari sebiji mesin turbine yang paling murah ya oom??? bisa dinaikin pula...cckckckkckckckck :htg :htg :htg

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 15 Jan 2012, 00:45
by budi.santoso
Mantapp om Christ... :plk

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 15 Jan 2012, 14:33
by JEFFRY
salut om christ....
smoga sukses selalu..
tq..

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 17 Jan 2012, 08:21
by temenggungmar
mas chris, bener spt yang saya bilang pertama dulu, trust minimal 50 kg terbangnya lebih enak...tenaganya tidak kedodoran

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 25 Jan 2012, 17:49
by christoffel
kemarin prop yg dipesan dari US sudah datang (untuk DLE111) tapi DLE111 nya udah terlanjur di lepas dan diganti dg DLE170. ya sudah, dilanjut dulu yg terpasang aja deh ...

hari ini selesai pasang DLE170. prop yg ada hanya yg standart. hawk 32x10

posisi throttle horn yg terbalik (push to accel) bisa di atasi dg cara memutar dudukan carbu 180 derajat (jadi pull to accel), meskipun di manual nya dikatakan tidak bisa diputar, tapi setelah saya bongkar ternyata lubang hisap nya sudah ada 2 sisi, jadi saya simpulkan bisa diputar.

muffler juga ditukar dan dibalik, supaya posisi pipa buangnya mendekat ke propeller (menjauh dari pilot).

setting needle ikut saran pabrikan, 1 putaran untuk High dan Low.

siap test run ...
dicoba flip beberapa kali dg posisi choke, tapi bensin nggak mau naik juga (tidak ada daya hisap dari fuel pump).
sudah dibongkar carbu nya, semua ok, kenapa begini ya ?

tanya sana sini, akhirnya jawaban datang dari suhu Hanny (ferio): engine DLE170 memang kasusnya begitu, di coba jalankan saja dulu, nanti akan normal sendiri ...
ok deh, saya coba bantu tiup fueltank nya sampai bensin masuk ke carbu, lalu coba start.
ternyata mesin hidup dg mudah ....
coba blayer beberapa kali sampai mesin cukup panas, lalu dimatikan.
dicoba flip lagi, ternyata bensin dg mudah bisa naik ke carbu (terhisap). walah ... berarti fuel pump nya sudah normal lagi nih ...

dinyalakan lagi, setting needle dulu. hasilnya :
setting high needle harus dibuka 1 putaran lagi
setting low needle harus ditutup 1/2 putaran (saat idle ada bensin menetes dari skep, apa ini normal? kalau low needle di buka bisa nggak netes)

anyway, hasil pengukuran powernya :
static thrust 32Kg pada max RPM 5650

cukup menggembirakan, mudah2an setelah selesai break-in bisa nambah lagi ....
sekarang mesti browsing dulu, buat pesan prop yg cocok untuk paratrike.
hitung2 dulu, tapi mestinya 34x8 atau sekitar itu lah ...
mudah2an mr. fiala sudah selesai libur nya ...

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 25 Jan 2012, 19:00
by christoffel
temenggungmar wrote:mas chris, bener spt yang saya bilang pertama dulu, trust minimal 50 kg terbangnya lebih enak...tenaganya tidak kedodoran

betul om temenggung ....
selamat datang di gaero ... kalau bisa, avatarnya di isi om, biar nggak di semprit sama admin. hehehe ...
buat rekan2 gaero, om temenggung ini rekan dari paramotor ...


begini om,
rata2 paramotor static thrust nya 40kg sampai 70kg.
engine nya memang di rancang untuk paramotor, jadi sudah disesuaikan untuk karakter paramotor.
perbedaan utamanya : paramotor tidak akan pernah perlu high speed, paling cepat juga 60 km/jam ...
jadi pemilihan prop nya disesuaikan untuk mendapatkan static thrust besar, dengan topspeed nggak perlu tinggi.
karena itu propeller yg dipakai cenderung ber diameter besar dg rpm yg rendah saja (sekitar 2000 sampai 3000 rpm).

yg saya coba ini kan mesin pesawat, jadi dari sononya standart propeller nya memang bisa untuk top speed tinggi (bisa sampai 100km/jam bahkan lebih). karena itu, rpm prop nya juga dibuat tinggi (5000 sampai 7000 rpm), diameter nya dibuat sedang2 saja ...
supaya mesin ini bisa di pakai di paratrike dg lebih optimal, saya perlu menggunakan reduksi ke rpm rendah atau merubah
propeller nya supaya bisa dapat static thrust lebih besar (dengan menurunkan top speed nya). masalahnya, prop yg saya perlukan ini nggak ada yg jual karena nggak umum dipakai (rpm tinggi tapi top speed rendah), jadi saya harus pesan khusus ke pabrik nya.

perlu diketahui juga, static thrust itu adalah daya dorong pada saat pesawat diam/berhenti.
seiring dengan pesawat bergerak maju (punya kecepatan maju) thrust nya akan mengecil, hingga menjadi nol pada saat kira2 mencapai top speed teoritis.
Pada kasus paramotor, static thrus nya boleh jadi 50kg, tapi saat sudah terbang (kondisi steady, maximum glide, normalnya sekitar 30km/jam) thrust nya nggak sampai 50kg lagi, dan untuk mesin paramotor thrust nya bisa turun sampai lebih dari 50% (karena sudah mendekati top speed). Kalau pake mesin pesawat, saat terbang maximum glide thrust nya belum turun sebanyak itu karena top speed nya memang lebih tinggi. Jadi, memang harus ada penyesuaian dalam desain kita untuk menerapkan ini. karena itu target static thrust saya (untuk standart propeller pesawat) nggak perlu sampai 50kg.

Re: DIY Paratrike/parabuggy

Posted: 25 Jan 2012, 19:05
by christoffel
ini ada info dari om temenggung:
mas chris, saya ikut2 baca di grage aero, ada yg cari info yg bisa bikin paralayang, sy ada temen suhunya bikin paralayang di Indonesia, sy pernah kerumahnya di daerah kelapa gading : Pak Adi Mursito (di FB sy jg ada) mohon dishare bg yg membutuhkan. harganya sangat murah sekitar 5jt aja. notelnya 081284898456 dan juga ada info temen arif darmawan baru selesaikan paramotor GX200 nya, tks

saya sendiri belum kenal, belum pernah tau produk nya, performance nya bagaimana, ada sertifikasinya atau tidak, dll
Tapi paling tidak ini menunjukkan kalau kita juga bisa.
Apalagi kalau om adi mursito ini bisa ngurus sertifikasi laik terbang untuk produknya, pasti akan lebih banyak lagi yg bisa ikut terbang di indonesia tercinta ini ...