ESC vs BEC ??

Tentang motor brushed dan motor brushless , baterai , dll

Moderator: unding

User avatar
johansipp
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 22 Dec 2010, 12:12

Re: ESC vs BEC ??

Post by johansipp »

dedy_r450 wrote:
bisa dibaca di sini om:
http://bit.ly/zP0HI7


thx u oom, lgsg di save.
default esc bisa lgsg dipake mabur d pswt yah..
User avatar
dedy_r450
Captain
Captain
Posts: 1626
Joined: 28 Nov 2007, 18:56
Location: Cibinong
Contact:

Re: ESC vs BEC ??

Post by dedy_r450 »

tinggal set range throtel nya aja om.
biasanya seperti ini:
tx on, throtel maks, colok batre psawatnya, setelah ada bunyi beep (konfirmasi throtel maks, sebelum bunyi masuk menu programing esc), throtel close, lalu ada bunyi beep (konfirmasi throtel 0), trus bunyi inisial, trus siap terbang
User avatar
yoyok81
trainee
trainee
Posts: 11
Joined: 11 Feb 2012, 11:31
Location: Pamulang - Jogjakarta

Re: ESC vs BEC ??

Post by yoyok81 »

dedy_r450 wrote:tinggal set range throtel nya aja om.
biasanya seperti ini:
tx on, throtel maks, colok batre psawatnya, setelah ada bunyi beep (konfirmasi throtel maks, sebelum bunyi masuk menu programing esc), throtel close, lalu ada bunyi beep (konfirmasi throtel 0), trus bunyi inisial, trus siap terbang


Mau tanya suhu....
Kalo misal qta beli ESC baru 30A dr HK....apakah perlu diprogam dl sebelumnya :htg :htg ato tanpa diprogram dh langsung colok bs dipake terbang suhu....maklum newbie :shy :shy :shy
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: ESC vs BEC ??

Post by toto »

umumnya enggak perlu di set lagi tinggal tancep beres deh, paling2 yang harus di cek tinggal throttle travel hatus di reverse atau tidak tergantung remotenya yang menurut suhu dedy_450 itu remote nya negative atau positif shift .... ii kata om suhu Dedy_450 loh



salam
User avatar
yoyok81
trainee
trainee
Posts: 11
Joined: 11 Feb 2012, 11:31
Location: Pamulang - Jogjakarta

Re: ESC vs BEC ??

Post by yoyok81 »

toto wrote:umumnya enggak perlu di set lagi tinggal tancep beres deh, paling2 yang harus di cek tinggal throttle travel hatus di reverse atau tidak tergantung remotenya yang menurut suhu dedy_450 itu remote nya negative atau positif shift .... ii kata om suhu Dedy_450 loh



salam

:thx :thx suhu toto....brt tancep lansung terbang ya...soalnya kalo hrs make program memrogam saya blm paham :shy :shy maklum msh newbie :pis :pis
User avatar
jamespaulus
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 23 Feb 2012, 17:20
Location: Auckland, New Zealand

Re: ESC vs BEC ??

Post by jamespaulus »

Tambahan ya sedikit,
untuk safety reason, setiap kali set up ESC dan brushless motor baru, propeller jangan dipasang dulu.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: ESC vs BEC ??

Post by iwan21 »

jamespaulus wrote:Tambahan ya sedikit,
untuk safety reason, setiap kali set up ESC dan brushless motor baru, propeller jangan dipasang dulu.



Setuju, harus membiasakan diri dg SOP yg dibilang om James
User avatar
Maria Nindhya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 04 Jul 2012, 14:45
Location: Bunderan HI Jakarta

Re: ESC vs BEC ??

Post by Maria Nindhya »

Ikut tanya dikit boleh ya.. :shy
klu ESC aslinya 20A di ganti yg lebih rendah, misalnya 15A, ada pengaruh nggak ke motor ? lalu bagaimana jika terpaksa kegedean misalnya 30A..
mohon petunjuk dan arahan...
User avatar
jamespaulus
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 101
Joined: 23 Feb 2012, 17:20
Location: Auckland, New Zealand

Re: ESC vs BEC ??

Post by jamespaulus »

Maria Nindhya wrote:Ikut tanya dikit boleh ya.. :shy
klu ESC aslinya 20A di ganti yg lebih rendah, misalnya 15A, ada pengaruh nggak ke motor ? lalu bagaimana jika terpaksa kegedean misalnya 30A..
mohon petunjuk dan arahan...


concern nya bukan di motor, tapi ESC nya sendiri. bisa overload & burnt out. kalo ESC diganti ke current rating lebih tinggi nggak apa apa. aman buat ESC dan motor nya.
User avatar
yoyonh
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 707
Joined: 01 Aug 2010, 23:16
Location: Bekasi
Contact:

Re: ESC vs BEC ??

Post by yoyonh »

Maria Nindhya wrote:Ikut tanya dikit boleh ya.. :shy
klu ESC aslinya 20A di ganti yg lebih rendah, misalnya 15A, ada pengaruh nggak ke motor ? lalu bagaimana jika terpaksa kegedean misalnya 30A..
mohon petunjuk dan arahan...



ikut nimbrung ya suhu.
Kalau tidak salah tergantung daya yang diperlukan si motor (beban).
Misalnya motornya maksimum bisa sampai 200 Watt, maka kalau pakai battere 3 sel (11.1V) ESC harus bisa di aliri arus 200/11.1 atau sekitar 18 A.
sebetulnya pake 15A mungkin masih aman, hanya saja jangan pernah menaikan throttle sampai motor melebihi kebutuhan diatas 15A, karena diatas itu akan sangat mungkin ESC nya hangus
jadi paling aman ya tetep pake ESC 20A.
Bagaimana kalau pakai yang 30A, Pasti aman banget, saya sering kok pakai ESC 20A padahal motornya cuman butuh kurang 80 Watt.
Cuman biasanya ESC 30A pasti lebih berat, sayang kalau buat pesawat imoet imoet jadi bikin tambah berat.

kira kira gitu deh CMIIW.
Post Reply