Page 4 of 8
Re: Lalat 15 gr
Posted: 06 Dec 2012, 10:09
by 01062010
iwan21 wrote:si lalat menclok di depan layar 12 inch

Belum test glide, masih nunggu lem kering dulu
Oh iya datanya ketinggalan
bahan : foam 1mm
wingspan : 30 cm
wingchord : root 18cm, tip 6cm
wingarea : 3,6 dm2
berat target : 15 gr
wingloading : 4 gr/dm2
power motor : 3 watt ( 1sel/1 Amp), power loading dapet 0,2 Watt/gr
Kontrol elevon
wing profil : KFm 2 ( KF step atas 50%)
ikut nyimak suhu....sambil nimba ilmunya...
bisa sedikit dijelasin itung-itungannya dari project diatas..maklum rada mudeng

nich....
walau banyak di mbah google itung-itungya tapi tetep aja ga mudeng..
kebetulan suhu lagi project jadi bisa nimba teori langsung dengan prakteknya,,,
supaya bisa dijadikan refensi untuk belajar bikin sendiri dengan sedikit itung-itungan sdh bikin tapi asal terbang aja...
ga tau berapa WL dan WA nya....
we

aeromodelling
tks
Re: Lalat 15 gr
Posted: 06 Dec 2012, 10:53
by iwan21
01062010 wrote:ikut nyimak suhu....sambil nimba ilmunya...
bisa sedikit dijelasin itung-itungannya dari project diatas..maklum rada mudeng

nich....
walau banyak di mbah google itung-itungya tapi tetep aja ga mudeng..
kebetulan suhu lagi project jadi bisa nimba teori langsung dengan prakteknya,,,
supaya bisa dijadikan refensi untuk belajar bikin sendiri dengan sedikit itung-itungan sdh bikin tapi asal terbang aja...
ga tau berapa WL dan WA nya....
we

aeromodelling
tks
Utk pesawat mikro, saya berpatokan wingloading mesti dibawah 10 gr/dm2, makin ringan makin baik, apalagi kalo mau terbang indoor
Kalo wingarea sayap delta, kita pake rumus segitiga aja ngitungnya
Re: Lalat 15 gr
Posted: 06 Dec 2012, 10:55
by iwan21
Re: Lalat 15 gr
Posted: 07 Dec 2012, 12:52
by NF
...............

..................sudah mulai produk lagi...................

Re: Lalat 15 gr
Posted: 07 Dec 2012, 19:37
by rachmatjeny
iwan21 wrote:
ikut nimbrung suhu... itu kawat serpo knpa di tekuk 'V' ya?
mohon pencerahan suhu
Re: Lalat 15 gr
Posted: 07 Dec 2012, 20:15
by Bodyguard
rachmatjeny wrote:iwan21 wrote:
ikut nimbrung suhu... itu kawat serpo knpa di tekuk 'V' ya?
mohon pencerahan suhu
Mohon maaf om RJ...
sy pernah bikin kawat yg model "v" bgitu kayaknya pengaruh di pergerakannya aja..kayak lebih peka gitu...
CMIIW
Re: Lalat 15 gr
Posted: 07 Dec 2012, 20:19
by rachmatjeny
Bodyguard wrote:rachmatjeny wrote:iwan21 wrote:
ikut nimbrung suhu... itu kawat serpo knpa di tekuk 'V' ya?
mohon pencerahan suhu
Mohon maaf om RJ...
sy pernah bikin kawat yg model "v" bgitu kayaknya pengaruh di pergerakannya aja..kayak lebih peka gitu...
CMIIW
maksudnya jadi lebih sensitif/responsif ya suhu?
Re: Lalat 15 gr
Posted: 07 Dec 2012, 20:39
by candratriadnyana
rachmatjeny wrote:iwan21 wrote:
ikut nimbrung suhu... itu kawat serpo knpa di tekuk 'V' ya?
mohon pencerahan suhu
kalo menurut pengalaman saya , ditekuk v biar waktu crash tidak merusak servo karena ada efek pernnya dan juga mudah waktu calibrasi manual eleronnya tinggal dibengkokin kalo kepanjangan karena ndak pake kontral horn.
kalo suhu roji gimana ya maksudnya

Re: Lalat 15 gr
Posted: 07 Dec 2012, 20:44
by iwan21
Hahahahah....tujuan dibentuk V itu agar mudah ngatur panjang-pendek pushrod, saya biasa pake model ini agar bisa ngatur posisi netral tanpa buka servo arm
Re: Lalat 15 gr
Posted: 07 Dec 2012, 21:05
by BZ123456
Itu sebenernya bisa ditekuk model huruf yang lain...kadang2 pak iwan21 iseng mbentuk huruf B, cuma karena susah jarang jadinya...makanya saya jarang dapet hibah pesawat...karena saya minta inisial huruf B