Raptor : Mainmast & Spinde wajib ganti setiap Crash?
Moderators: ferry, sahid, handoyo6299
- sevenslidegrills
- Technical Sergeant
- Posts: 372
- Joined: 03 Jul 2007, 00:33
- Location: SBY-MDR
- Contact:
Yang jelas semua heli FP atapun CP harus tetap recheck after crash. Klo sekiranya ada perlu diganti hukunnya wajib untuk diganti. Bisa dipaksakan untuk terbang tp jelas bakalan gak enak terbangnya. Atau mungkin malah gak mau terbang. Tapi klo masih bisa diperbaiki mungkin boleh lah diperbaiki untuk mengurangi cost aftercrashnya. Klo rotorhead sampe patah gitu sdh bisa bisa dipastikan mainshaft dan spinddle jelas bengkok. Sebaiknnya diganti.
- Roy_95
- Senior Airman
- Posts: 151
- Joined: 24 Sep 2007, 15:18
- Location: Manado
- Contact:
Senada dengan om tralala... setiap kali crash ringan atau berat (apalagi), hardlanding yang mana Blade sampe kena ground/rumput dan sebagainya paling bagus untuk dicek secara keseluruhan, main shaft lepas rotor secara utuh kemudian coba hidupkan perlahan sambil lihat shaftnya goyang tidak... untuk spindel cara paling gampang untuk mendeteksi adalah lepas main blade kemudian bout/mur spindelnya diputar perlahan.. lihat apakan main blade grip sebelahnya naik turun apa diam aja...
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 529
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- sevenslidegrills
- Technical Sergeant
- Posts: 372
- Joined: 03 Jul 2007, 00:33
- Location: SBY-MDR
- Contact:
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Roy_95 wrote:untuk P3K heli, apalagi daerah yang susah spare partnya mungkin mainshaftnya di ketok magic dulu saya rasa ngga apa-apa... yang penting benar-benar di check apa udah lurus atw belom, bisa pake kaca dan di gelinding... atw di bawa ke tukang bubut suruh check pake micro meter... memang untuk ketok magic butuh skil dan ketelitian yang tinggi.. kalau ngga beli baru dan menunggu....hehe
Wah Om Roy...ternyata sampean satu aliran sama saya...hehehe...ketok2an ...


salam,
budi
- Roy_95
- Senior Airman
- Posts: 151
- Joined: 24 Sep 2007, 15:18
- Location: Manado
- Contact:
- januar_r96
- Airman
- Posts: 43
- Joined: 25 Oct 2007, 08:21
- Location: BEKASI
- Contact:
- Syafik
- Major General
- Posts: 4026
- Joined: 22 Jan 2007, 13:24
- Location: Gresik - Surabaya
- Contact:
- Roy_95
- Senior Airman
- Posts: 151
- Joined: 24 Sep 2007, 15:18
- Location: Manado
- Contact:
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1319
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Roy_95 wrote:@ Janu : mungkin yang di maksud Om Augustinus bukan mainan seperti maksud artikulasinya.. tapi mungkin "mainan" seperti yang sering kita permainkan wakaka aku sendiri tidak tau apa maksudnya.. soalnya jaman sekarang ini apa saja bisa diper"main"kan yah jadi mainan dong...
Betul Om Roy... Arti mainan itu sebenarnya relatif sekali....tergantung gaya bahasanya.... bagi sebagian orang R/C heli itu mainan (emang itu bukan mainan?)... dengan bahasa relatif saya tambahin: Bagi pilot-pilot akrobatik heli beneranpun juga dianggap mainan.... Gimana jelasinnya ya..? Relatif lah?
Daripada pusing...yang penting gini deh: Mainan atau bukan kita harus hati-hati !

@Janu.... Om Agus salut sama kamu... kamu masih muda tapi udah bisa maen aeromodelling, apalagi maen heli engine... Jamanku dulu palingan cuman bisa maen neker(kelereng) dan layangan saja... hehehe... Terus berlatih, jangan lupa faktor safety... dan jangan lupakan pelajaran sekolah (itu yg utama).... Buat ayah & ibumu bangga dengan prestasimu!
