Hallo rekan2 semua
Ada yang bisa kasih pencerahan ke saya ?
Kok motor BP-21 ini bisa bersuara sepeti bell pintu ya? Saya sudah bongkar2 nggak nemu speaker ataupun buzzernya.
Kalau kita menggulung ulang BP-21 ini berapakah diameter kawatnya dan berapa gulungan per pole.
Konfigurasi asalnya apakah WYE atau Delta?
Trims
Tentang motor BP21
Moderator: unding
- ajo.naim
- Senior Airman
- Posts: 101
- Joined: 07 Mar 2007, 13:58
- Location: Palembang / Pekanbaru
- Contact:
- andre77
- Technical Sergeant
- Posts: 388
- Joined: 17 Jan 2007, 14:38
- Location: BANJARMASIN
- Contact:
- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 812
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
- shaify
- Gaero Ambassador
- Posts: 198
- Joined: 20 Jan 2007, 20:31
- Location: PK-JT 310
- Contact:
- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 812
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
klo emang tiap putaran pake 3 kawat ya mesti digulung dgn 3 kawat juga klo ingin kinerjanya sama.
biasanya teknik gulung lebih dari 1 kawat ini dipake karena klo pake 1 kawat diameter besar cukup susah menggulungnya.
sebetulnya dalam dunia gulung-menggulung motor ada istilah wire density, intinya makin besar kawat makin tinggi pula efisensinya karena makin gede kawat resistansinya makin kecil. Dan misalkan ada sisa ruang di stator yg tidak terlilit kawat maka medan magnet yg dihasilkannya nanti tidak maksimal.
mengenai ukuran kawat motor BP-21 coba diukur langsung kawat aslinya pake caliper/jangka sorong
biasanya teknik gulung lebih dari 1 kawat ini dipake karena klo pake 1 kawat diameter besar cukup susah menggulungnya.
sebetulnya dalam dunia gulung-menggulung motor ada istilah wire density, intinya makin besar kawat makin tinggi pula efisensinya karena makin gede kawat resistansinya makin kecil. Dan misalkan ada sisa ruang di stator yg tidak terlilit kawat maka medan magnet yg dihasilkannya nanti tidak maksimal.
mengenai ukuran kawat motor BP-21 coba diukur langsung kawat aslinya pake caliper/jangka sorong
- shaify
- Gaero Ambassador
- Posts: 198
- Joined: 20 Jan 2007, 20:31
- Location: PK-JT 310
- Contact:
sy dah coba gulung semalam dgn kawat 0.35mm 3 kawat cuma dpt 10T, awalnya coba 12T, tp berhubung agak sesak jd 10T aja. td pagi di tes dgn acuan angin aja yg dirasain tangan gak jauh beda sm yg aslinya..oh iya, sy cobanya bikin konfigurasinya Y, sedangkan yg asli delta..gak ada timbangan digital sih jd gak bisa ukur trustnya..
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 529
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- inkidz
- trainee
- Posts: 16
- Joined: 17 Jul 2007, 21:18
- Location: BANDUNG JABAR
- Contact:
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Boeng Indra, biasanya teman2 disini pake Lipo 3 sel/1000 mAh kalo WD dg motor 2408, propeller pakai 7x6.
Untuk cara masang ke WD udah pernah di posting disini oleh boeng Andre77, coba cari2 deh, ini linknya :
http://gaero.info/forum/viewtopic.php?t=615
Untuk cara masang ke WD udah pernah di posting disini oleh boeng Andre77, coba cari2 deh, ini linknya :
http://gaero.info/forum/viewtopic.php?t=615
- shaify
- Gaero Ambassador
- Posts: 198
- Joined: 20 Jan 2007, 20:31
- Location: PK-JT 310
- Contact:
Boeng sepedjoeangan..MERDEKA!!!
sy mau nanya nih..kalo motor tower pro ini digulung ulang dgn kawat 0.5 mm 3gulunglangsung @10T,apa bisa arusnya lbh besar yg dihailkan? sy coba pake 2sel 1250mAh lumayan kenceng 1/2 throtle aja..takutnya nati pake 3sel malah kobong ESCnya,mau ukur pake multimeter gak cukup, cuma buat arus yg kecil2 aja..
tx.
sy mau nanya nih..kalo motor tower pro ini digulung ulang dgn kawat 0.5 mm 3gulunglangsung @10T,apa bisa arusnya lbh besar yg dihailkan? sy coba pake 2sel 1250mAh lumayan kenceng 1/2 throtle aja..takutnya nati pake 3sel malah kobong ESCnya,mau ukur pake multimeter gak cukup, cuma buat arus yg kecil2 aja..
tx.