Page 4 of 12

Posted: 22 Feb 2008, 01:22
by andy0208
salam kenal pak teguhes. itu yang dimaksud heli JADUL itu heli apaan ya?.

Posted: 22 Feb 2008, 10:38
by Franky
rpramusinto wrote:Mudah2an gak njlimet ya, agak susah pake ketikan.. harus di praktekin langsung aja om, ntar kalo kita ketemu deh. hehehe salam \:D/


Wah terima kasih banyak atas infonya bos sinto...
ntar mau coba-coba lagi deh, mudah-mudahan jadi lebih mudeng...

Posted: 04 Mar 2008, 16:17
by Teguhes
Salam Kenal balik Mas Andy.... JADUL kalau di kita adalah Jaman Dulu hehe he....karena heli itu spartpartnya agak susah di kita Indonesia karena udah kedaluwarsa.....masih lama kah di Negara matahari terbitnya nich, jadi harus merekayasa sendiri ......


Salam

TES

Posted: 05 Mar 2008, 09:50
by Rony
Lam kenal buat perwira semua

saya pendatang baru di dunia AERO, mohon bimbingan dalam menyetting gyro untuk Belt - CP, kalo bisa dengan gambar sih he.... he.....

bravo AERO

Posted: 10 Mar 2008, 16:20
by Teguhes
Selamat sore pak syafik dan pak budiman atau yang lagi terbang nich....mau tanya kalau motor Brushless dan motor Brush perbedaanya apa , dan kalau diganti apakah battery dan cocket juga perlu diganti,

Terimakasih semoga tak bosan menularkan ilmunya oce

Salam TES

Posted: 11 Mar 2008, 09:44
by Syafik
Halo pak teguh... motor brush dan brushless beda pak, dari segi berat lbh berat brush, dari segi torsi masih kuat brushless, dari segi kekuatan masih kuat brushless... jadi banyak bedanya tapi harganya jauh lbh mahal brushless... sedangkan untuk batterynya idealnya kalau motor brushless pake lipo

Coba dibedakan pak dg ganti brushless akan sangat terasa sekali...

Posted: 11 Mar 2008, 11:35
by kechenk
Rony wrote:Lam kenal buat perwira semua
saya pendatang baru di dunia AERO, mohon bimbingan dalam menyetting gyro untuk Belt - CP, kalo bisa dengan gambar sih he.... he.....
bravo AERO


Ini gyronya pake merk apa type berapa ya?

Posted: 11 Mar 2008, 19:35
by Teguhes
Ok pak syafik trim atas infonya,

Salam TES

Posted: 24 Mar 2008, 17:06
by Teguhes
Selamat Sore Pak Budiman dan para senior .......
Untuk Pak Budi apa masih sisa2 walkera 36 pak.... kalau masih bisa kah saya 'lelesin' ya saya manfaatkan....soalny kayaknya ada harapan walkera jadul saya bisa terbang.....biarpun harus hati2 sekali....nanti kalau udah bisa lumayan ngapung saya abadikan he he he

Maaf para senior menggangu aktifitasnya untuk memberikan pendapat

Terimakasih
Salam
TES

Posted: 29 Mar 2008, 15:20
by Budiman
Teguhes wrote:Selamat Sore Pak Budiman dan para senior .......
Untuk Pak Budi apa masih sisa2 walkera 36 pak.... kalau masih bisa kah saya 'lelesin' ya saya manfaatkan....soalny kayaknya ada harapan walkera jadul saya bisa terbang.....biarpun harus hati2 sekali....nanti kalau udah bisa lumayan ngapung saya abadikan he he he

Maaf para senior menggangu aktifitasnya untuk memberikan pendapat

Terimakasih
Salam
TES


Alo Pak Teguh,

mohon maaf..saya baru buka forum hari ini...hehehe...kira2 apanya yg mau di lelesin dr walkera saya ya,Pak...?mungkin Pak Teguh bisa bisa memberikan gambaran kepada saya...terus terang saja ..helinya sudah saya protoliabis2an karena saking frustasinya saya ](*,) ...kalo ga salah yg masi utuh itu Tx dan Rx nya..lalu gyro made by walkera jg masi ada... :-k
Oh ya,sekedar menambahkan soal motor brushless dan brushed...kalo secara umum.. electric motor ini memiliki daya putar karena terjadinya permainan medan magnet di dalam tiap kumparan kawatnya...secara basic begini,Pak...arus yg melewati kawat ato kumparan akan menimbulkan induksi pada sekeliling kawat tadi...medan magnet berputar kalo tidak salah..berlawanan arah jarum jam(counter clockwise)...
Fenomena medan magnet inilah yg menyebabkan motor berputar...krn terjadi pertemuan kutub2 yg sama pada periode putaran terntentu sehingga menimbulkan daya tolak menolak kedua kutub tsb..dan terjadi pertemuan kutub2 yg berbeda sehingga menghasilkan daya tarik2 menarik...
Btw, itu tadi sekedar pengenalan soal electric motor secara dasar saja..
Kemudian dalam perkembangannya motor electric terbagi menjadi berbagai jenis...yg terus terang saya sendiri juga tidak hapal,Pak...hehehe.... =P~
Diantaranya adalah brushless motor dan brushed motor....dari segi torque dan speed sebenarnya kedua jenis ini boleh diadu...tergantung dr berbagai pertimbangan yg akan dilibatkan utk menentukan jenis mana yg akan dipake...
Salah satu pertimbangannya adalah maintenance cost ... O:)

Untuk brushless motor dari segi maintenance cost jelas lebih murah daripada brushed motor, karena perputaran brushless motor memanfaatkan beda medan magnet yg ditimbulkan secara simultan oleh 3 kumparan(gulungan kawat) pada stator pada motor...inilah kenapa kita sebut 3 phase...
kemudian kumparan yg berputar yg kita namakan rotor berupa gulungan kawat jg yg nantinya akan menjadi magnet setelah terimbas ato terinduksi medan magnet yg dihasilkan oleh kumparan stator tadi...perputaran motor terjadi karena medan magnet yg ditimbulkan oleh stator dan medan magnet yg terjadi pada rotor masing2 memiliki kutub2 ato pole2 yg berbeda....contoh gampangnya..kalo sampean pny magnet dgn kutub Selatan lalu sampean deketin ke ujung magnet lain yg berkutub Utara...pasti akan terjadi tarik-menarik..terus kalo sampean deketin dua magnet dgn kutub yg sama,maka akan terjadi tolak-menolak....Nah,begitulah sebenarnya yg terjadi pada motor listrik,Pak =P~
Tapi ada sedikit perbedaan pada motor brushless heli..bagian rotornya yg menyatu dengan shaft adalah magnet permanen...mungkin untuk mengurangi berat motor aja..soalnya kalo pake gulungan kawat jg..kuatirnya heli kita malah ga bisa terbang ntar..krn keberatan motor..hehehhe
Jadi praktis tidak ada gesekan secara physical ....sehingga tidak ada bagian yg habis pakai...problem utama pada motor brushless ini cuma pada bearing saja...itupun makan waktu yg lama sekali sampe bosen nunggunya..hehehe..tapi sampean tenang,Pak...ini cuma terjadi pada brushless motor 3 phase utk kebutuhan industri aja kok...hehehe O:)

Lalu utk brushed motor ..nah ini..saya lebih suka meyebutnya motor DC(Direct Current)...krn secara konstruksinya..motor DC ini terdiri dari kumparan stator sebagai kumparan medan magnet(field winding) dan kumparan rotor yg biasa kita sebut armature...agar masing2 kumparan menghasilkan medan magnet..maka..masing2 harus mendapatkan suplay arus listrik....utk kumparan stator tidak jadi masalah..krn ini kumparan yg diam..tapi utk kumparan armature ato rotor yg notabene akan berputar utk mendapatkan arus listrik...maka dipakelah material penghantar..yg biasa kita sebut carbon brush..carbon brush ini yg merupakan material habis pakai..inilah yg bikin mahal motor brushed secara perawatannya..krn mesti sedia spare carbon brush..heheheh...ini yg bikin ga praktis,kalo diaplikasikan ke heli electric...life time motor pasti akan berkurang seiring dgn berkurangnya carbon brush tadi

Demikian..semoga bisa memberikan gambaran,Pak...kalo ada rekan2 yg mau menambahkan..monggo..monggo silakan nimbrung...mohon maaf kalo sedikit melenceng dr tema topik... O:)

salam,

Budi