Page 4 of 9

Posted: 08 Jun 2007, 08:57
by Ratno
iwan21 wrote:1. down thrust utk kompensasi nose agar saat throttle dinaikan nose enggak ikut2 naik juga dg akibat pesawat akan membumbung , umumnya antara 2-4 derajat ke bawah dari center line body.

2. Right thrust utk kompensasi torsi motor/engine agar tidak roll berlawanan arah dg arah putaran motor/engine, juga umunya antara 2 - 4 derajat ke kanan terhadap center line body dilihat dari belakang/atas

Kedua2nya berfungsi menjaga pesawat tetep terbang lurus baik pada throttle kecil maupun gede.


Pak suhu... tuk menentukan besaran 2-4 derjat , apakah ada rumus/ hitunganya pak..?.
sy ada problem dg pswt sy yg tendensi bank to right side meskipun semua control surface pd position neutral, dan pd twin motor throtle menjadi sangat sensitive sedikit dinaikan pswt langsung membubung tinggi, dan sebaliknya .apakah ini ada kaitannya dg hal diatas pak..? terima kasih pak.. maaf terlalu banyak tanya

Posted: 08 Jun 2007, 09:32
by iwan21
Saya belom nemu itung2annya pak, angka itu angka praktis yg jadi acuan.
Untuk kasus cenderung bank ke kanan, coba right thrustnya diliat lagi pak, kemnungkinan enggak cukup buat eliminir torque engine/motor.
Kalo yg twin motor gampang membubung kemungkinan down thrust kurang , atau bisa juga tail heavy atau posisi cg belom pas ?, coba cek satu2 pak.

Posted: 08 Jun 2007, 09:56
by Ratno
baik2 pak.. ntar coba di ceck kembali .. makasih pak..
emang gak ada ruginya jadi warga GRAGE .... jadi tambah teman .tambah tetangga dan tambah elmu .......

Posted: 08 Jun 2007, 09:59
by iwan21
Tambahan utk yg twin motor, coba cek wing incidence nya, jangan2 kegedean juga

Posted: 08 Jun 2007, 12:26
by antonius bima
om Iwan....he..he..he bisa aja....saya juga belum maen 3D tuh..cuma mau tau aja....nambah2 ilmu om....

pak Sudja'i .....ma kasih atas masukannya....saya lagi mau cari certifikat lulus dulu....baru maen yang lain.....

Posted: 28 Jun 2007, 12:37
by su-31
antonius bima wrote:..untuk 3 D airplane....apakah down and right trus 0 derajat atau dengan kata lain........


Aloo mas Bima,

Sekededar sharing pengalaman aja mas...

Engine thrust (Down & Right), gampangnya kan kita ikutin aja instruction manual, atau liat di plans kalau kita bangun kit.
Biasanya ada petunjuk untuk aerobatic settingnya berapa, untuk normal berapa...(ini saya nyebutnya, standard setting nya).

Saya selalu ngikutin itu untuk maiden flight, test first flight.
Asal bisa terbang baik2 aja (ndak liar atau aneh2) ya sudah.

Baru setelah bisa terbang normal gitu, tentuin deh mau apa, normal2 aja, 3D atau apa..., semua mesti ada komprominya toh.
Dan saya utik2/rubah2 sendiri, sudah ndak tau derajatnya berapa down berapa right.

Naah, untuk 3D, contohnya hover deh...(lha saya bisanya cuma hover)...
Saya ndak pernah bisa hover dengan ukuran standard nya.
Apalagi 0 derajat, itu jaminan ndak bisa hover (yg saya alami lho).
Jadi, harus, mutlak bin wajib ada right thrust, bahkan ekstrim menyimpang dari standard instruction manual.
Manual/standard bilang 2 derajat, saya kasi 4 bahkan 5, 6.

Dengan banyak right thrust gitu, hover nya jadi sangat stabil.., bisa demo hover hands off (beberapa detik aja hehe).
Tapi at the expense of.., sulit masuk torque roll.
Harus dibantu aileron yg saat vertical/hover gitu sudah ndak efektif.
Cuma tinggal rudder yg kalo over control malah jadi kayak goyang inul.
Terus saya kurangin right thrust...
eee, baru pull up vertikal mau hover dikit, dah langsung torque roll...
Bingung.., control reverse kalo belly menghadap saya.
Trus.., ya kompromilah mau yg kayak gimana.
Itu baru untuk manuver vertical hover gitu...
Yg lain banyak lagi.., pengaruhnya ke knife edge misalnya dll..
walaaah, yuk terbang aja deh...

Sebelum dimarahin momod, threadnya jadi mbahas 3D, balik ke laptop thrust line deh...

Kesimpulannya, pengalaman saya dilapangan, 3D (khususnya Vertical/hover), right thrust is a must.
Paling tidak, saya ndak bakal bisa hover kalau 0 right thrust.

Saya ngulang dikit.., mesti kompromi lah.
Contohnya, kebanyakan right thrust, hover bagus, manuver 3D lainnya jadi susah.
Sukhoi SU-31 saya itu cowl nya bunder, dengan ekstrim right thrust gitu, jadi jelek banget,
diliat dari atas pada bilang: kok mesinnya miring.
..wah gimana tuh...

Demikian sekedar sharing pengalaman dilapangan mengenai thrust line.

Salam,

Posted: 08 Jul 2008, 14:04
by Syafik
Mau tanya juga nih pada suhu... penempatan right trust dan down trust adapakah digunakan pada pesawat dengan bentuk sayap pake model airfoil tertentu... dan bagaimana dengan model flat wing kaya papan gitu

Posted: 08 Jul 2008, 14:12
by toto
Syafik wrote:Mau tanya juga nih pada suhu... penempatan right trust dan down trust adapakah digunakan pada pesawat dengan bentuk sayap pake model airfoil tertentu... dan bagaimana dengan model flat wing kaya papan gitu


pak de syafik, saya ngaku saja tidak tahu maka oleh karena itu untuk selanjutnya saya himbau kepada su-31 untuk segara melanjutnkan pencerahannya, ini saya dapat wangsit dari eyang berupa perintah loh ............... O:)

Posted: 08 Jul 2008, 14:46
by Syafik
ini ilmu baru yang belum saya ketahui pak... dan celakanya lagi tidak buka2 dulu thread yang sangat bagus ini sebelumnya padahal sudah berani membuat pesawat foam sendiri eh ternyata masih jauh ilmunya... dasar terlalu PD... :)

Posted: 08 Jul 2008, 15:03
by eja
tp udah bisa terbang.. apalagi kalo ilmunya tinggi.. bisa jadi produsen beneran.. hahaha
ikutan menunggu wangsit dari om su.31 juga ah