Page 4 of 7

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 21 Jan 2011, 10:15
by toto
om suhu redsky767, itu Rx nya mah sudah full range berarti kalau sampai jarak belum terlalu jauh sudah lost lock berarti ada sesuatu terjadi pada proses hand shaking antara Tx dan Rx, nah untuk itu apakah sudah di coba melalukan Range Check sebagaimana di sarankan oleh suhu NF dan proses ini coba lakukan pada beberapa arah sekalian untuk memastikan adanya interferensi pada arah/jalur tertentu dari transmisi stasiun RRI

Seandainya melalui proses check tadi tidak diketemukan adanya gangguan dari transmisi RRI langkah selanjutnya pastikan bahwa instalasi Rx tidak terpengaruh dari efek ESC dan motor, coba reposisi ESC menjauh/melintang/sejajar dengan Rx selain itu pastikan bahwa tegangan baterai tetap berada di atas 4.0 Volt pada saat peak power mengingat pada pesawat electric kecil biasanya sumber daya untuk Rx sharing dengan yang untuk menggerakkan BL dan servo

kalau semuanya itu dilakukan sudah tidak menemui masalah kecuali akibat gangguan dari transmisi pemancar RRI .................. saran saya hanya 2 : PERTAMA, beritahu operator pemencar untuk mematikan pemancarnya kalo om redsky767 mau terbang ini nya kan sharing space karena hal ini di jamin oleh Undang Undang Dasar Republik Indonesia 1945 lihat BAB ... Pasal ... Ayat ... beserta penjelasannya dan yang ke KEDUA adalah usulkan ke pemerintah untuk memindahkan stasiun RRI tersebut dengan mengacu pada Undang Undang Republik Indonesia tentang Kebebasan Menyampaikan Pendapat dengan mengacu lagi pada BAB MUSABAB enggak ada tempat bermain lagi ............................... :wk3

salam

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 21 Jan 2011, 11:50
by NF
:ha3 :ha3 :ha3 :ha3 ........................
............eyang suhu lagi ANGOT alias kumat........krn deket akhir minggu..........

:pis




:kabur

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 21 Jan 2011, 12:54
by toto
Maklum pa'de ................ sudah mengajukan izin terbang kok sampai jumat belon keliatan ada tanda2 mendapat persetujuan neh .................... :whoaa

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 21 Jan 2011, 13:07
by pamuncak
redsky767 wrote::flu ... Sekalian mau lapor... Flight test nya gagal.... Pesawat crash.. Menurut pilotnya >> dead stick. Kemungkinan krn terganggu sinyal antena RRI...

Sekalian sy mau nanya, kalo pake tx 2.4 Ghz, apakah bisa terganggu juga sinyalnya ? Sy pake Futaba 6EX. Trus sebenarnya tx ini jangkauannya seberapa jauh ya.

Pernah melalkukan range check efektifnya cuma 100 an meter ??? Waktu melakukan range check, bukan di lapangan terbuka.

Mohon petunjuknya :thx

mau tanya juga.apakah rx ini juga terganggu sinyal HP....kalo iya berarti kalo lg terbang dilarang terima atau telp.mhn info.agak keluar dari masalah kayaknya.maaf

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 21 Jan 2011, 13:35
by toto
pamuncak wrote:mau tanya juga.apakah rx ini juga terganggu sinyal HP....kalo iya berarti kalo lg terbang dilarang terima atau telp.mhn info.agak keluar dari masalah kayaknya.maaf


selama yang saya alami dan perhatikan dilapangan tidak masalah dengan signal hp ................ yang menjadi masalah adalah karena saat menerbangkan hp berdering terus konsentrasi bubar berakhir dengan pesawat entah kemana jadinya ....................... :whoaa

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 21 Jan 2011, 14:46
by redsky767
toto wrote: kalau semuanya itu dilakukan sudah tidak menemui masalah kecuali akibat gangguan dari transmisi pemancar RRI .................. saran saya hanya 2 : PERTAMA, beritahu operator pemencar untuk mematikan pemancarnya kalo om redsky767 mau terbang ini nya kan sharing space karena hal ini di jamin oleh Undang Undang Dasar Republik Indonesia 1945 lihat BAB ... Pasal ... Ayat ... beserta penjelasannya dan yang ke KEDUA adalah usulkan ke pemerintah untuk memindahkan stasiun RRI tersebut dengan mengacu pada Undang Undang Republik Indonesia tentang Kebebasan Menyampaikan Pendapat dengan mengacu lagi pada BAB MUSABAB enggak ada tempat bermain lagi ............................... :wk3

salam



suhu.. toto.... :tlt :tlt :tlt


AMPOOOOOONNNNNNNN :kabur :kabur :kabur

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 21 Jan 2011, 22:17
by Budi
redsky767 wrote::thx ...suhu Budi,

Sy pake turnigy watt meter. Kalo liat data mAh gimana cara memahaminya suhu ?

:thx



Image

kao pakai yang ini, bisa diperhatikan berapa total power consumednya dari mAh (angka kiri bawah)

dengan catatan watt meter ini dicolokin selama terbang......

atau di coba di darat, di 1/2 throttle, atau berapapun selama beberapa menit.......

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 21 Jan 2011, 22:34
by Budi
sedikit menambahkan,

dalam bermain elektrik, dari mulai yang imut imut, sampai yang ke gaban, disiplin adalah perlu........ wajib mengetahui konsumsi penggunaan listrik selama terbang.....hal ini untuk mencegah overdrawn batt yang menyebabkan short di filament polymer dan menguap (kembung) atau malah terbakar......


kembali ke topik utama, dengan pesawat yang sama, semakin berat, maka semakin besar kecepatan yang dibutuhkan untuk mengenerate lift yang sama pada beban yang lebih berat, alhasil, dengan stye terbang yang sama, power consumed juga lebih besar, ditambah stall speed juga naik......sehingga waku terbang juga turun/mengecil......

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 22 Jan 2011, 10:10
by toto
....... :hah

Re: Battery Run Time Vs Berat Total Pesawat (untuk Electric Fly)

Posted: 25 Jan 2011, 09:44
by pamuncak
toto wrote:
pamuncak wrote:mau tanya juga.apakah rx ini juga terganggu sinyal HP....kalo iya berarti kalo lg terbang dilarang terima atau telp.mhn info.agak keluar dari masalah kayaknya.maaf


selama yang saya alami dan perhatikan dilapangan tidak masalah dengan signal hp ................ yang menjadi masalah adalah karena saat menerbangkan hp berdering terus konsentrasi bubar berakhir dengan pesawat entah kemana jadinya ....................... :whoaa


terima kasih mbah e.trs mau tanya lg pesawat mesin bakar wing loadingnya kok tdk masuk dalam hitungan yg ada yg 30gr/dm2.berapa spec sayap ( bentang dan chord ) utk wing loading yg diatas ketentuan.saya lagi kebingungan.terima kasih lagi