jamespaulus wrote:lagi pesan yang 40 amperes ? yang 20A saya beli aja deh kalo yang 40A nya sudah dateng...
lho bukan pesan lagi ... batt nya kan 10A, saya pesan 4 set supaya bisa diparalel jadi 40A. yg datang baru 2 set, jadi cuman bisa bikin 20A ...
nah itu om suhu iwan21 udah muncul, beliau ini yg paling pintar masalah hitung2an motor brushless ... Jangan kuatir James, room ini memang nggak banyak yg ikut comment, tapi yg view lumayan banyak koq ... Jadi biar progress nya bisa di-ikuti rekan2 yg lain ... siapa tahu ada yg jadi pengen ikutan ... hehehe ...
Chris, saya sudah putuskan, saya nggak akan pakai diameter diatas 27". sampai hari ini paramotor terkecil ya 27" propeller. Kalau perlu saya coba 4 blade scimitar custom made, atau coba bolly propeller (Australia). saya coba dulu nih propeller yang baru saya terima ini (custom scimitar 27x10). nanti saya post hasilnya berikut foto fotonya. Mungkin sementara belum pesan batre nya, saya coba pake lab test DC power supply saja dulu. Oh ya, BTW saya baru check hobbyking.com ada Rotomax 100cc , lebih murah dari C120-70 ya.....sudah tau gimana performance nya compare to C120 ?
betul James, dicoba dulu yg sudah ada (27x10) .... wah kalau memang ada power-supply 200A sih enak. batt bisa nyusul aja ... saya tunggu hasilnya deh ...
Rotomax 100cc kelihatannya bagus sih. punya saya yg 50cc bisa sampai 5000 watt. mestinya yg 100cc ini bisa 10000 watt. belum ada yg review, kan masih baru keluar ... tapi C120-70 bisa peak di 15000 watt (ada yg sudah coba pakai 60V 250A), jadi kelihatannya masih lebih kuat .....
@suhu iwan21 & suhu NF : iya suhu, project ini buat saya juga berat banget ..... berat di dompet .... dasarnya sudah keracunan berat ... ya di terusin aja sekalian ....
saya mau kasih pendapat sih, kayaknya rpm waktu terbang kok tinggi terus ya.. itu sepertinya propeller terlalu kecil untuk daya dorongnya.. jadi thrustnya kurang sip.. menurut saya sih lebih sip lagi kalo di pasang propeller yang lebih besar.. biar terbang nyaman, dan tenaga besar.. kalau di paramotor saja mesin 80 cc sudah ciamik okenya.. apa lagi yang punya mas yang sampai 170 cc.. harusnya bisa lebih ciamik lagi kan.. tapi ya konsekuensinya harus memperbesar diameter propeller gate ato jaring pelindung propeler nya.. thx a lot
terimakasih mas RizkyExcellent ... begini, yg saya pakai ini kan mesin pesawat, power maksimum nya baru keluar pada sekitar 7000 RPM, torsi maksimum nya di sekitar 6000 rpm. jadi kalau mau dapat thrust maksimum, engine harus di sekitaran rpm ini.
kalau pada engine paramotor, outputnya kan di reduksi lagi, jadinya putaran propeller cuman sekitar 3000 rpm saja, tapi torsinya naik, jadi bisa diberi prop yg lebih besar (memang harus besar karena rpm nya rendah). ini memang salah satu caranya supaya bisa dapat thrust besar (dengan membesarkan diameter). seperti rumus thrust yg saya tulis di halaman2 sebelumnya ...
Sedangkan pada trike saya, nggak pake reduksi lagi (direct drive, untuk menyederhanakan mekanik nya), jadi kalau saya beri prop sebesar prop normal paramotor, pitch nya akan jadi kecil sekali (nggak ada yg bisa bikin prop nya) dan RPM setinggi ini pada prop diameter besar akan menghasilkan sonic boom pada tip nya yg kemudian akan menghancurkan prop nya sendiri (bener2 hancur berkeping-keping sendiri, sudah saya coba ... hehehe) ... Jadi, pemilihan prop tidak bisa asal saja, tapi sudah ada hitungan nya ... punya saya diameter nya kecil karena rpm nya tinggi, kalau mau dibesarin berarti saya harus pasang reduction ... Tapi memang ini yg saya inginkan (diameter prop kecil) supaya prop nya jadi murah (satu prop paramotor bisa dapat 8 biji prop saya) dan nggak terlalu ribet bawa sangkar yg besar ... hehehe .... itu si James malah pengen nya lebih kecil lagi (27x10).
Kalau menurut saya sih, thrust yg sekarang ini sudah cukup. memang kelihatannya static thrust nya cuman 32kg, (paramotor biasanya diatas 50kg) tapi karena rpm nya tinggi, thrust ini baru habis pada kecepatan tinggi juga (saat sudah bergerak maju thrust akan mengecil sehingga pada kecepatan maksimum akan jadi nol) sedangkan pada engine paramotor static thrust nya memang 50 kg, tapi setelah bergerak maju bakal habis pada kecepatan yg lebih rendah (karena rpm nya juga rendah). yg dibutuhkan untuk bisa terbang stabil (cruising) menurut hitungan saya minimal cuman 16 kg thrust (dg canopy yg 1:6 glide ratio), bila ada lebih ya itu digunakan untuk climb ... ini sebab nya saya berani coba yg 111 cc walaupun static thrust nya cuman 25 kg (dan terbukti bisa take-off juga kan). Engine paramotor di design high performance, meskipun cuman 80cc tapi power nya bisa sampai 18 HP (engine TOP 80 standart punya mini plane outputnya 11KW pada 9000 rpm, ini setara 14.75 HP).
bandingkan dg engine 170 saya yg cuman 17.5 HP, ini pun menurut spec pabrik nya yg nota bene sering di lebih-lebih kan ... itu sebabnya meskipun engine paramotor yg cuman 80cc tapi harganya bisa dapat engine saya 6 biji ... hehehe ...
nomaden mas, surabaya dan sekitarnya saja, soalnya saya kalau jauh2 susah bawa nya. memang bisa di lepasin sih, cuman saya aja yg males ... kalau sekarang, masih bisa saya masuk kan utuh ke dalam mobil espas saya ...
mas Rizky pakai mesin apa ? miniplane ? kalau beli prop nya dimana ? saya pengen nyoba pakai prop dg blade lebar (seperti punya James), cuman belum ketemu yg bisa RPM sampai 9000. rata2 cuman bisa 4000 sampai 5000 saja ...