Page 5 of 7

Re: Si Kuning .15

Posted: 09 May 2012, 08:40
by unding
BUYUNG7 wrote:om unding pemula mau naya ni :shy :shy tu cover bodynya pake apa ya monocote apa stiker motor?
:thx :thx

Pake stiker motor merek d-c-fix (daya rekatnya cukup bagus)

Re: Si Kuning .15

Posted: 09 May 2012, 21:30
by BUYUNG7
:thx :thx suhu

Re: Si Kuning .15

Posted: 09 May 2012, 22:32
by EchaBakti
unding wrote:
EchaBakti wrote:Ganti engine ya capt??? Saya pending dulu semua homemade,mau ke sby tgl 11 dan tgl 14 lanjut jkt, jadi gak sempat menyimak si kuning minggu ini. :whoaa :whoaa

Tolong propeller engine APC 7 x 6 & glow plug A3, mungkin ada di Surabaya Hobby.

Ok capt...........Saya carikan di sby atw di jkt nanti dicarikan. :ok

Re: Si Kuning .15

Posted: 10 May 2012, 12:33
by jong66
Om mohon lihat PM.. Thx

Re: Si Kuning .15

Posted: 10 May 2012, 19:50
by EchaBakti
Pakai stiker motor,makanya larinya cepat seperti ninja 250 :mwr

Re: Si Kuning .15

Posted: 12 May 2012, 05:52
by unding
Kemarin sore sempat jalan2 ke lapter Tanjung, rencananya mau test Si Kuning dgn engine ASP 21, :hah ternyata runway sudah dipenuhi dgn rumput yg tinggi, terpaksa di lontar saja :ha3 . Speed yg dicapai masih terasa sangat kurang (propeller belum cocok) yg bertambah justru thrustnya


Re: Si Kuning .15

Posted: 12 May 2012, 12:53
by jong66
unding wrote:Kemarin sore sempat jalan2 ke lapter Tanjung, rencananya mau test Si Kuning dgn engine ASP 21, :hah ternyata runway sudah dipenuhi dgn rumput yg tinggi, terpaksa di lontar saja :ha3 . Speed yg dicapai masih terasa sangat kurang (propeller belum cocok) yg bertambah justru thrustnya



Lho om Unding, pdhl wkt test maiden pake ASP.15 itu di video sy liat larinya udah cukup kenceng ya...
Trus ganti ASP.21 thrust nya nambah, tp speed msih kurang...bukannya thrust itu berkaitan dg speed ya om? Mohon pencerahannya...

Re: Si Kuning .15

Posted: 12 May 2012, 18:51
by unding
jong66 wrote:Lho om Unding, pdhl wkt test maiden pake ASP.15 itu di video sy liat larinya udah cukup kenceng ya...
Trus ganti ASP.21 thrust nya nambah, tp speed msih kurang...bukannya thrust itu berkaitan dg speed ya om? Mohon pencerahannya...


Thrust dan Speed saling berkaitan, akan tetapi kaitannya berbanding terbalik, maksudnya kalau thrustnya besar maka speednya akan turun begitu pula sebaliknya sebab daya engine tetap (constan). Persamaan sederhananya Daya = Thrust x Speed, contoh sederhana bisa dilihat pada kendaraan bermotor, misalnya sepeda motor daya mesin tetap akan tetapi thrust (torsi) dan speed bisa bervariasi tergantung versenelling (gear) yg digunakan, gear1 memiliki torsi paling tinggi (mampu nanjak) akan tetapi speednya yg paling kecil, sebaliknya gear4 memiliki speed paling tinggi akan tetapi torsinya yg paling kecil (tidak mampu nanjak). Dalam kasus siKuning ASP .15 dan ASP .21 memiliki rpm yg sama (17.000 - 18.000) akan tetapi ASP .21 memiliki daya 100 watt lebih diatas daripada ASP .15 yg artinya thrustnya(torsi) yg lebih. Maka untuk menambah speed pitch propeller harusnya lebih besar, cuma kendalanya propeller kecil (8 inch kebawah) pitch yg ada cuma sebesar 6 inch :pyg . Jadi sepertinya untuk meningkatkan speed si Kuning enginenya harus diganti lagi dgn rpm yg lebih tinggi misalnya engine rc car yg bisa mencapai 40.000 rpm :thx :thx :thx

Re: Si Kuning .15

Posted: 13 May 2012, 19:29
by unding
jong66 wrote:
unding wrote:Kemarin sore sempat jalan2 ke lapter Tanjung, rencananya mau test Si Kuning dgn engine ASP 21, :hah ternyata runway sudah dipenuhi dgn rumput yg tinggi, terpaksa di lontar saja :ha3 . Speed yg dicapai masih terasa sangat kurang (propeller belum cocok) yg bertambah justru thrustnya



Lho om Unding, pdhl wkt test maiden pake ASP.15 itu di video sy liat larinya udah cukup kenceng ya...
Trus ganti ASP.21 thrust nya nambah, tp speed msih kurang...bukannya thrust itu berkaitan dg speed ya om? Mohon pencerahannya...

Re: Si Kuning .15

Posted: 13 May 2012, 20:48
by jong66
unding wrote:
jong66 wrote:Lho om Unding, pdhl wkt test maiden pake ASP.15 itu di video sy liat larinya udah cukup kenceng ya...
Trus ganti ASP.21 thrust nya nambah, tp speed msih kurang...bukannya thrust itu berkaitan dg speed ya om? Mohon pencerahannya...


Thrust dan Speed saling berkaitan, akan tetapi kaitannya berbanding terbalik, maksudnya kalau thrustnya besar maka speednya akan turun begitu pula sebaliknya sebab daya engine tetap (constan). Persamaan sederhananya Daya = Thrust x Speed, contoh sederhana bisa dilihat pada kendaraan bermotor, misalnya sepeda motor daya mesin tetap akan tetapi thrust (torsi) dan speed bisa bervariasi tergantung versenelling (gear) yg digunakan, gear1 memiliki torsi paling tinggi (mampu nanjak) akan tetapi speednya yg paling kecil, sebaliknya gear4 memiliki speed paling tinggi akan tetapi torsinya yg paling kecil (tidak mampu nanjak). Dalam kasus siKuning ASP .15 dan ASP .21 memiliki rpm yg sama (17.000 - 18.000) akan tetapi ASP .21 memiliki daya 100 watt lebih diatas daripada ASP .15 yg artinya thrustnya(torsi) yg lebih. Maka untuk menambah speed pitch propeller harusnya lebih besar, cuma kendalanya propeller kecil (8 inch kebawah) pitch yg ada cuma sebesar 6 inch :pyg . Jadi sepertinya untuk meningkatkan speed si Kuning enginenya harus diganti lagi dgn rpm yg lebih tinggi misalnya engine rc car yg bisa mencapai 40.000 rpm


Oh gitu mksdnya om Unding...ok udah ngerti sy klo gitu.. Thx bnyk atas ilmunya om..

Trus melanjutkan pembicaraan ttg settingan di ASP .15 sy, td siang silinder kop sdh sy lepas, ada ring aluminium 2pcs sy lepas, trus kop sy pasang lg dg melapisi dahulu permukaannya pake Threebond.
Memang kompresi wkt diputar manual dg tgn terasa beda om, jd agak padat/berat.. Tp stlh sy coba nyalakan dg bhn bkr nitro 5%, problem di throttle high msh timbul om, jd di full throttle selang bbrp detik rpm langsung drop. Sbg catatan setting jarum low speed sy dan high speed adl sbb:

1. prtma, jarum low speed pd posisi sdh menonjol keluar (mungkin sekitar 5-7 putaran ke kiri dr posisi poll nutup), jarum high speed sktr 2 putaran ke kiri dr posisi poll nutup, hasilnya: low speednya agak batuk2,ada sdkit cipratan nitro keluar dr lubang karbu, rpm stasioner hrs agak gd, dr middle menuju high speed agak alot,batuk2 sbntr, baru kmdn mau top speed (sambil di geser2 sdkit jarum highspeed utk nyari topnya), tp bbrp detik kmdn top rpm agak drop. Sy mainkan gasnya, hasilnya sama terus/berulang spt kondisi di atas..
2. selanjutnya setting jarum low speed sy ubah, sy kencengin poll lalu sy buka sktr 2 putaran, hasilnya: low speed bs lebih stabil, rpm stasioner lebih rendah dan batuk2 brkurang, tp wkt sy up throttle dr middle ke top langsung drop/mlepek dan mati. Begitu terus ber ulang2 kondisinya wkt sy hidupkan lg, walaupun posisi jarum high speed sudah sy puter2/geser2 sdmkn rupa tetep aj ngga bisa gas poll.. :pyg
3. jarum lowspeed sy buka lg sktr 3 putaran dr posisi poll nutup, tetep aj digas dr middle ke top ngga mau, langsung drop mati.. :whoaa

Rasanya udah mau hopeless dan nglempar ke selokan aj ASP.15 ini.. :shy
Apa emang sy pas sial aj ya, jd dpt brg punya cacat bawaan dr pbrk dan ngga bs di setting..
Klo dibanding ASP 21, settingannya lebih gampang atau gmn om, mengingat sy jg punya ASP 52 tp settingannya gampang bgt dan ngga prnh rewel..

Gitu om Unding, moga2 bs dicarikan jalan keluar dan suhu2 yg lain siapa tau jg bisa ngasih masukan.. :thx