unding wrote:Kenapa tidak coba yg centrifugal/radial saja om Chris..? sebagaimana yg dipakai pada hovercraft yg sebenarnya , misalnya memanfaatkan blower AC mobil (satu petak saja), sebab jenis ini lebih mampu menghasilkan pressure tinggi dibandingkan yg aksial (debit besar)
justru pada hovercraft yg sebenarnya lebih banyak pake airscrew om. jarang yg pake centrifugal.
centrifugal memang lebih unggul pada tekanan, tapi kalah di airflow nya.
masalahnya ternyata kebutuhan preasure nya nggak terlalu besar seperti yg dibayangkan orang.
contohnya untuk desain saya, beban 100kg, dengan luas deck 2 meterpersegi dan airgap 12.5mm cuman diperlukan preasure 100/2 kg/m2 atau = 50 kg/m2 = 500 Newton/m2 = 500 Pascal
padahal 1 atmosfir = 101325 Pascal. jadi 500 Pa itu cuman 5 mili atm
atau kalau pake standart tekanan ban, 500 Pa = 0.0725 Psi
bayangkan, tekanan ban sepeda saja 20 Psi, ini cuman 0.0725 Psi
Malah kebutuhan airflow nya yg cukup besar, 1.3 m3/sec
ini kalau saya pake prop 12x6, baru bisa tercapai pada 6800, ini pun belum mencapai tekanan 500Pa.
ini sebabnya saya putuskan juga pake airscrew saja. (hasil percobaan terakhir, perlu 8000 rpm)
selain itu, saya tidak berencana pake 2 motor, jadi untuk lift preasure dan thrust hanya digunakan satu power plan saja.