Page 5 of 5
Re: EXPERIMENT#3: FIBERGLASS FUSELAGE
Posted: 12 Apr 2012, 21:55
by wisnumurti
christoffel wrote:sebenarnya sama saja om. nama aslinya epoxy resin. semua dari bahan dasar epoxy.
seringkali orang membedakan dari kecepatan pengeringan nya.
yg di sebut resin + katalis itu katalis/hardener nya bening, cair, dan cepat kering. tapi bahan dasar resin nya ya epoxy juga.
yg di sebut epoxy, hardener nya kental dan lambat kering.
oouuwww tak pikir ada yang beda...jadi basicnya yaa cuma resin sama katalis aja ya....hehe kebanyakan istilah di internet jadi bingung....
maturnuwun om chris....
jadi mau nanya ...apakah model pelapisan campuran resin sama katalis bisa menggunakan metode spray/semprot masuk tabung cat terus disembur pake angin dari compressor ...? kayaknya hasilnya akan lebih tipis dan merata untuk bikin fuselage..
Re: EXPERIMENT#3: FIBERGLASS FUSELAGE
Posted: 12 Apr 2012, 22:46
by christoffel
bisa juga om. tapi mesti pake yg lambat kering.
saya punya yg mirip begitu, tapi bukan spray, lebih mirip suntikan, untuk ngisi celah beton yg cracking.
ini kalau habis dipake, mesti di bongkar semua untuk bersihin sisa2 epoxy nya ... benar2 repot ...
masalahnya untuk spray, ini emulsinya kan kental, jadi sulit untuk di bikin spray ...
bisa buntu semua nosel nya ... hehehe ...
tapi mestinya bisa koq. itu canopy heli 450 pabrikan yg dari fibreglass kan bagus2 dan tipis2 tapi rata.
bikin nya pake mesin, di spray juga ...
kalau saya sih, milih yg gampang, pake vacuum forming aja, kebetulan saya punya mesin nya. jadi asal bisa bikin moulding nya, tinggal nunut aja vacuum nya (soalnya mesin nya jalan 24 jam).
Re: EXPERIMENT#3: FIBERGLASS FUSELAGE
Posted: 13 Apr 2012, 09:24
by unding
Sekedar berbagi pengalaman, untuk mencetak yg tipis2 setelah resin dgn katalis sudah tercampur cairannya bisa diencerkan pake thinner A, tapi waktu mengeringnya/mengeras lebih lama jadi pemakaian katalis perlu ditambah porsinya sedikit. Untuk menambah kekerasan, resin bisa ditambahkan Cobalt, Untuk menghindari terjadinya gelembung2 udara tambahkan MMA (Cobalt dan MMA didapat ditoko penjual resin juga). Kalau saya (murmer) menggunakan minyak goreng (bimoli dll) sebagai pengganti MMA, hasilnya tidak ada gelembung udara yg terperangkap juga produknya mudah dilepaskan dari cetakan..

Re: EXPERIMENT#3: FIBERGLASS FUSELAGE
Posted: 17 Apr 2012, 17:59
by wisnumurti
unding wrote:Sekedar berbagi pengalaman, untuk mencetak yg tipis2 setelah resin dgn katalis sudah tercampur cairannya bisa diencerkan pake thinner A, tapi waktu mengeringnya/mengeras lebih lama jadi pemakaian katalis perlu ditambah porsinya sedikit. Untuk menambah kekerasan, resin bisa ditambahkan Cobalt, Untuk menghindari terjadinya gelembung2 udara tambahkan MMA (Cobalt dan MMA didapat ditoko penjual resin juga). Kalau saya (murmer) menggunakan minyak goreng (bimoli dll) sebagai pengganti MMA, hasilnya tidak ada gelembung udara yg terperangkap juga produknya mudah dilepaskan dari cetakan..

Thinner A , apakah sejenis Aceton ya? atau beda? kalo aceton lumayan mahal nih per liternya sekitar 30rban om unding...
MMA apaan ya om unding?
Re: EXPERIMENT#3: FIBERGLASS FUSELAGE
Posted: 17 Apr 2012, 18:01
by wisnumurti
christoffel wrote:bisa juga om. tapi mesti pake yg lambat kering.
saya punya yg mirip begitu, tapi bukan spray, lebih mirip suntikan, untuk ngisi celah beton yg cracking.
ini kalau habis dipake, mesti di bongkar semua untuk bersihin sisa2 epoxy nya ... benar2 repot ...
masalahnya untuk spray, ini emulsinya kan kental, jadi sulit untuk di bikin spray ...
bisa buntu semua nosel nya ... hehehe ...
tapi mestinya bisa koq. itu canopy heli 450 pabrikan yg dari fibreglass kan bagus2 dan tipis2 tapi rata.
bikin nya pake mesin, di spray juga ...
kalau saya sih, milih yg gampang, pake vacuum forming aja, kebetulan saya punya mesin nya. jadi asal bisa bikin moulding nya, tinggal nunut aja vacuum nya (soalnya mesin nya jalan 24 jam).
iya om chris, saya pikir juga begitu agak repot banget untuk nyci tabung sama nozzle spraynya, bisa habis banyak aceton ...untuk nyucinya...