Page 5 of 9
Posted: 08 Jul 2008, 16:50
by iwan21
Syafik wrote:Mau tanya juga nih pada suhu... penempatan right trust dan down trust adapakah digunakan pada pesawat dengan bentuk sayap pake model airfoil tertentu... dan bagaimana dengan model flat wing kaya papan gitu
Right thrust berhubungan dg torsi motor/mesin om, jenis airfoil dan bodi pesawat terserah aja, berlaku umum.
kalo down thrust ya utk menjaga idung pesawat tetep lurus saat throtle dirambah
gitu kira2nya
Posted: 09 Jul 2008, 11:26
by Syafik
Thanks pencerahannya pak
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 22 May 2011, 19:44
by basri3127
hallo om iwan mau tanya ni apakah down trust dan right trust berlaku juga untuk WD.karena WD sporter V2 saya kalau trhotle diatas50% WD cenderung menukik ke bawah
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 22 May 2011, 21:08
by christoffel
down thrust berlaku untuk semua pesawat. tanpa kecuali ...
right thrust hanya berlaku untuk pesawat propeller ...
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 23 May 2011, 09:04
by toto
kalau pesawat jenis pusher kebalikan dari pesawat jenis tractor, jadi untuk om basri3127 kayanya si motor kurang up thrust alias kurang dongak, ini juga kalau tidak salah loh ya mohon koreksinya dari para suhu
salam
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 23 May 2011, 12:00
by christoffel
sebenarnya, downthrust itu positf atau negatif (upthrust) bukan tergantung tractor atau pusher (propeller) nya, tetapi lebih mengacu kepada posisi propeller terhadap CG pesawatnya.
kalau prop didepan CG, harus downthrust (menarik hidung pesawat kebawah). kalau di belakang CG harus uphrust (menekan ekor pesawat keatas, akibatnya hidung pesawat akan tertarik kebawah).
untuk kasus pusher om basri3127, karena kalau fullthrotle pesawat cenderung menukik (gejalanya over downthrust), jadi arah motornya (arah kebelakang) harus lebih keatas (
downthrust pada motor, efeknya seolah olah
upthrust pada pesawat) ==> (menekan belakang pesawat kebawah, artinya moncong pesawat akan tertarik keatas).
hahaha ...
sepertinya yg bikin bingung itu istilah downthrust dan upthrust nya ya ...
pada pusher motor ada didepan prop, jadi kalau prop di dongak kan ke atas, thrustnya malah kebawah ... berarti downthrust kan ...
tapi karena yg ditekan kebawah ini ekor pesawatnya, efeknya pada hidung pesawat jadi keatas.
walah ...

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 23 May 2011, 12:25
by toto
nah kalo gitu saya acu aja istilah dari suhu christoffel soal ketergantungan bukan masalah tractor atau pusher tapi lebih motor didepan prop atau prop di depan motor seperti yang di uraikan di pencerahan beliau di atas ...............
atau
kalau jangan permasalahkan pusher atau tractor dan down thrust atau up thrust tapi pakailah istilah positif atau negatif thrust .................. pertanyaan selanjutnya kalau motor ngadep kebelakang adakah pemasangan motor yang diberikan thrust negatif atau dengan kata lain kalau model pusher motor harus dikasih up thrust ..... yah istilah salah lagi deh ............... mumet ah pokoknya gitu deh .............

............. jadi yang mau diteken ekornya atau di tarik idung nya gitu aja deh ............. jiah salah lagi dasar saya orang awam nih ..............
salam
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 23 May 2011, 12:55
by NF
...kayaknya.......kalo pake gambar lebih mudah mencernanya......
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 23 May 2011, 14:54
by christoffel
walah, suhu NF ini gimana sih ... ini kan masalah downthrust, bukan masalah pencernaan ....
kalau masalah pencernaan, ini saya juga lagi makan siang ...
@suhu toto :
kalau saya gini aja ...
downthrust untuk pesawat artinya hidung di tarik kebawah ... (oleh prop)
untuk itu
A. pada pesawat dg prop di depan (CG) / di hidung pesawat, motor / engine harus menghadap kebawah (di tunduk kan) sedikit ...
B. pada pesawat dg prop dibelakang, untuk mendapatkan hidung pesawat tertarik kebawah ekor malah harus di angkat.
- tractor prop : motor/engine harus menghadap keatas dikit.
- pusher prop : motor/engine harus menghadap ke bawah dikit.
jadi kalau mengacu menghadap nya motor/engine, semuanya harus menghadap kebawah dikit untuk menghasilkan downthrust,
kecuali untuk prop dibelakang CG yg menggunakan tractor (bukan pusher).
Koq jadi mumet yah ?????
wes, pokoknya kosepnya downthrust berarti hidungnya pesawat harus dibuat kebawah deh ....

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 23 May 2011, 14:58
by toto
sip deh atas pencerahannya suhu christoffel termasuk tambahannya engine dibelakang CG tapi propeller ngadep kedepan ta inget2 bukan puser loh ya tapi pusher dan dari hasil pencernaan yang di sarankan pa'de suhu NF akhirnya kenyang sudah tinggal praktek lagi ..... terima kasih
salam