lanjoott.....
saya mau pasang rudernya.
dari dus waktu saya ambil, engsel sudah ditanam ke rudder.

namun untuk yang baru belajar merakit, jangan yakin dulu kalo inipun sudah pre-install dari pabrik. sebaiknya diperiksa dulu apakah betul2 sudah di lem atau belum. saya mendapati engselnya memang sudah ditancepin pabrik ke lubang2 nya namun belum di lem.
nah.. kita yang harus ngelem sendiri.
perlu diperhatikan untuk pemasangan engsel seperti ini gunakan epoxy 15-30 menit, jangan yang 5 menit langsung kering, nanti setting defleksinya akan sulit kalo lem sudah kering, dan inga.... inga.... jangan pake lem CA atau alteco... ini berbahoooaayaaa.
nah .... cerita dikit soal pengalaman engsel ini.....
ada temen disini ngerakit pesawat yang menggunakan engsel/ CA hings. sekalinya ada orderan ngerakit, pesawat pake pivot point hings...... krn kebiasaan pake CA, pasang engsel model ini main grojok CA aja.
nah giliran serah terima ..... persiapan maiden dilakukan, ya slametan, ya tabur bunga 3 warna pokoke ritual setempat lah.
giliran terbang.... yang punya sorak-sorak, sy yang waktu liat pikir wah.... senengnya dia liat pesawatnya terbang, tapi ndelalah........ rupanya ruddernya sudah kiwir-kiwir diudara, segera saya ambil alih komando (maksudnya mbantu beri pengarahan ke pilot testernya, bukan ambil alih remote, edan apa....).
sy bilang "tenang.... gak pake rudder juga bisa landing kok, tenang yang penting "level"", baru saya ngomong gitu, ndelalah... bletak!!, rupanya salah satu elevatornya copot juga, maka detik-detik menegangkan itu terjadilah...., pelan2 pesawat diusahakan balik ke landasan.... pilotnya sy liat sdh keringat dingin, segala kemampuan yang dimiliki dikerahkannya, dan......... akhirnya pesawat itu jatuh juga. hancur.... selamat pagi surabaya...... cekap semanten.
ok, kita lanjut lagi....
rudder pake lem epoxy dipasang, sekalian saya pasang tail wheels.

lanjut lagi pasang rodanya dan.... 1 bagian selesai.
