Ngomong2 soal brushed motor
Moderator: unding
- pamuncak
- Senior Airman
- Posts: 164
- Joined: 24 Nov 2010, 12:22
- Location: Surabaya-kediri
Re: Ngomong2 soal brushed motor
setahu saya om martin gear ratio besar berarti motor berputar lebih cepat dan propeller lebih lambat tapi torsi lebih besar.motor akan berputar pada kecepatan tertingginya dan beban terendahnya karena beban inilah yang menjadikan sedotan watt batere naik.bila beban besar akan timbul spark di brush dan over heat di koil motor.salam kenal
- MARTINBARU
- Senior Airman
- Posts: 145
- Joined: 12 Sep 2009, 20:01
Re: Ngomong2 soal brushed motor
ups....ternyata pendapat saya salah ya?jadi bagaimana
Dgn voltase maximal yg dibolehkan agar aman dimotor?
Dgn voltase maximal yg dibolehkan agar aman dimotor?
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: Ngomong2 soal brushed motor
lho .. voltage maximal ya tergantung spec motor nya. kalau spec motornya bilang max 12V ya berarti jangan sampai lebih.
Sebenarnya, tiap motor punya spec sendiri, torsi max nya keluar pada rpm berapa. lha ini yg harus diikuti dulu ... (jadi patokan) (kurva torsi berupa parabola dg titik maximum)
masalah gear ratio, dihitung dari angka RPM pada torsi maximal ini berkenaan dg prop yg akan dipakai ... (prop juga punya spec sendiri, thrust maximum nya keluar di RPM sekian, ini harus di cocokkan dg menggunakan gear ratio yg tepat). contoh nih :
kalau kita naik sepeda balap dg 6 gear balap di hub roda belakang ...
pada jalan datar : kita coba pada masing2 gear, dayung sekencang-kencangnya lalu catat kecepatan maksimum yg bisa tercapai ... kemungkinan akan tampak kecepatan yg paling tinggi di sekitar gear 4 atau 5.
pada jalan naik / tanjakan : dicoba lagi hal yg sama. ketemunya pasti akan berbeda lagi, kemungkinan di gear no 3.
coba lagi di jalan turun, kemungkinan akan menghasilkan gear 6.
dalam hal ini, kita berfungsi sebagai motor, gear sepeda berfungsi sebagai gear ratio, jalan (datar, naik atau turun) berfungsi sebagai propellernya.
kembali ke motor,
misalkan,diputuskan pake gear 1:6 artinya RPM turun jadi 1/6 nya, torsi naik 6x lipat nya. jadi gear ratio itu untuk menyesuaikan agar torsi maximum nya bisa keluar semua pada prop yg digunakan ... bukan asal di besarin/dikecilin sembarangan ...
waduh maaf, koq saya jadi menggurui ya ... hehehe ...
monggo di coba dulu mas ...
ps1: prop dg pitch besar, thrust maximumnya keluar di RPM yg lebih rendah dibandingkan prop dg pitch kecil.
ps2: motor brushed torsi max nya keluar di RPM yg jauh lebih tinggi daripada motor BL (karena ini motor BL disebut juga punya electronic gear box) karena biasanya cuman pake 3 pole kumparan dg 2 magnet, tidak seperti motor BL yg kumparannya bisa sampai 12 dg magnet buanyaaaak. karena itu, motor brush biasanya punya RPM sampai puluhan ribu RPM, dan ini terlalu tinggi untuk propeller normal (kecuali ducted). makanya perlu gear ...
Sebenarnya, tiap motor punya spec sendiri, torsi max nya keluar pada rpm berapa. lha ini yg harus diikuti dulu ... (jadi patokan) (kurva torsi berupa parabola dg titik maximum)
masalah gear ratio, dihitung dari angka RPM pada torsi maximal ini berkenaan dg prop yg akan dipakai ... (prop juga punya spec sendiri, thrust maximum nya keluar di RPM sekian, ini harus di cocokkan dg menggunakan gear ratio yg tepat). contoh nih :
kalau kita naik sepeda balap dg 6 gear balap di hub roda belakang ...
pada jalan datar : kita coba pada masing2 gear, dayung sekencang-kencangnya lalu catat kecepatan maksimum yg bisa tercapai ... kemungkinan akan tampak kecepatan yg paling tinggi di sekitar gear 4 atau 5.
pada jalan naik / tanjakan : dicoba lagi hal yg sama. ketemunya pasti akan berbeda lagi, kemungkinan di gear no 3.
coba lagi di jalan turun, kemungkinan akan menghasilkan gear 6.
dalam hal ini, kita berfungsi sebagai motor, gear sepeda berfungsi sebagai gear ratio, jalan (datar, naik atau turun) berfungsi sebagai propellernya.
kembali ke motor,
misalkan,diputuskan pake gear 1:6 artinya RPM turun jadi 1/6 nya, torsi naik 6x lipat nya. jadi gear ratio itu untuk menyesuaikan agar torsi maximum nya bisa keluar semua pada prop yg digunakan ... bukan asal di besarin/dikecilin sembarangan ...
waduh maaf, koq saya jadi menggurui ya ... hehehe ...
monggo di coba dulu mas ...
ps1: prop dg pitch besar, thrust maximumnya keluar di RPM yg lebih rendah dibandingkan prop dg pitch kecil.
ps2: motor brushed torsi max nya keluar di RPM yg jauh lebih tinggi daripada motor BL (karena ini motor BL disebut juga punya electronic gear box) karena biasanya cuman pake 3 pole kumparan dg 2 magnet, tidak seperti motor BL yg kumparannya bisa sampai 12 dg magnet buanyaaaak. karena itu, motor brush biasanya punya RPM sampai puluhan ribu RPM, dan ini terlalu tinggi untuk propeller normal (kecuali ducted). makanya perlu gear ...
- MARTINBARU
- Senior Airman
- Posts: 145
- Joined: 12 Sep 2009, 20:01
Re: Ngomong2 soal brushed motor
Terima kasih pencerahannya om christ..selama ini sy hanya coba2 gonta ganti gear sendiri otodidak
(besarin/kecilin ratio gear dan ukuran prop tanpa alat2 penunjang alias asal2 he...he..he..yg seharusnya sy harus punya alat pengukur RPM)

(besarin/kecilin ratio gear dan ukuran prop tanpa alat2 penunjang alias asal2 he...he..he..yg seharusnya sy harus punya alat pengukur RPM)

- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: Ngomong2 soal brushed motor
kalau nggak ada rpm meter nggak apa2 mas ...
bisa pake coba2 saja, yg penting harus punya macam2 propeller dg aneka ukuran, dan timbangan untuk ngukur thrust ...
tentukan dulu pitch mau berapa, tergantung style terbangnya, slow, balap atau mau 3D.
lalu dicoba dg beberapa ukuran diameter prop, cari yg thrust nya maximal, tapi motor jangan sampai terlalu panas (overload).
kalau terlalu kecil, prop akan berputar kencang tapi thrust nggak maximum (underload).
kalau terlalu besar, prop nggak bisa kencang dan thrust juga nggak maximum (overload).
ps: tidak seperti brushless, motor brushed baru perlu proses break-in. juga kalau habis ganti borstel (sikat arang).
bisa pake coba2 saja, yg penting harus punya macam2 propeller dg aneka ukuran, dan timbangan untuk ngukur thrust ...
tentukan dulu pitch mau berapa, tergantung style terbangnya, slow, balap atau mau 3D.
lalu dicoba dg beberapa ukuran diameter prop, cari yg thrust nya maximal, tapi motor jangan sampai terlalu panas (overload).
kalau terlalu kecil, prop akan berputar kencang tapi thrust nggak maximum (underload).
kalau terlalu besar, prop nggak bisa kencang dan thrust juga nggak maximum (overload).
ps: tidak seperti brushless, motor brushed baru perlu proses break-in. juga kalau habis ganti borstel (sikat arang).
- MARTINBARU
- Senior Airman
- Posts: 145
- Joined: 12 Sep 2009, 20:01
Re: Ngomong2 soal brushed motor
om christ ngomong2 ttg sikat arang(borstel)apa bs modif sendiri(susah nyari penjualnya)ini yg membuat motor ini habis pake buang....padahal klo mau hemat ganti aja borstelnya...dan trik apa agar borstel ini awet(tdk sering ganti2 karna aus)....thanks info diatas pak sy udah mengoleksi macam2 prop dan sy akan coba?
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: Ngomong2 soal brushed motor
dulu waktu jaman saya main, setahu saya ada jual di LHS (sikat arang). mamang spere-part nya.
kalau nggak ada, bisa diakalin dari sembarang sikat arang yg ada, dibentuk supaya ukurannya sesuai.
kalau di saya di surabaya, bisa cari di jalan raden-saleh, sparepart untuk motor2 seperti bor listrik dll.
kalau nggak ada, bisa diakalin dari sembarang sikat arang yg ada, dibentuk supaya ukurannya sesuai.
kalau di saya di surabaya, bisa cari di jalan raden-saleh, sparepart untuk motor2 seperti bor listrik dll.
- MARTINBARU
- Senior Airman
- Posts: 145
- Joined: 12 Sep 2009, 20:01
Re: Ngomong2 soal brushed motor
om christ apa pengaruhnya dimotor brush jk dilepas condensator keramik yg nempel,,lalu apa jg pengaruhnya jk KUTUB+/- dibolak balik selain arah putaran berubah(amankah dibolak balik?)trus apa jg pengaruhnya jk magnetnya sy ganti yg kuat?makasih
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: Ngomong2 soal brushed motor
condensator itu untuk membuang spike dan memperkecil interferensi. sebaiknya dipasang, supaya nggak mengganggu rx.
kutup dibolak balik nggak apa2 ... cuman gini ..
tutup belakang motor itu ada yg bisa di puter2 (tempat brush nya nempel). ini untuk setel timing nya. biasanya disetel optimal (dan tidak di nol derajat). kalau kutup dibalik, timing nya jadi keliru (minus) dan kerja motor jadi tidak optimal. itu saja, masih aman koq ...
kutup dibolak balik nggak apa2 ... cuman gini ..
tutup belakang motor itu ada yg bisa di puter2 (tempat brush nya nempel). ini untuk setel timing nya. biasanya disetel optimal (dan tidak di nol derajat). kalau kutup dibalik, timing nya jadi keliru (minus) dan kerja motor jadi tidak optimal. itu saja, masih aman koq ...
- MARTINBARU
- Senior Airman
- Posts: 145
- Joined: 12 Sep 2009, 20:01
Re: Ngomong2 soal brushed motor
pak christ..katanya motor brush itu agar awet jangan make lebih 7_8v(cth pada WD motor brush 480 dgn 8,4v dan NEmo 6-7v,),jadi asumsi sy jk make 12v motor akan bertambah kencang rpmnya akibatnya gesekan borstel jg hebat dan cepat aus...lagian jg panasnya bertambah(apa aman utk magnetnya yg 2 buah)
lagi pak..apa akibatnya jk sy taruh jenis magnet kuat(sy tempelkan dicane luar dinamo)pada motor jenis ini(350/370/380/400/480/550)makasih
lagi pak..apa akibatnya jk sy taruh jenis magnet kuat(sy tempelkan dicane luar dinamo)pada motor jenis ini(350/370/380/400/480/550)makasih