DIY Paratrike/parabuggy
Moderators: wa2n, christoffel
- jamespaulus
- Senior Airman
- Posts: 101
- Joined: 23 Feb 2012, 17:20
- Location: Auckland, New Zealand
Re: DIY Paratrike/parabuggy
Thank you Om Chris..
wah..lagi sibuk banget nih kerjaan...belum sempet apa apa nih...
Propeller 3 blade saya mungkin minggu depan udah sampe...
wah..lagi sibuk banget nih kerjaan...belum sempet apa apa nih...
Propeller 3 blade saya mungkin minggu depan udah sampe...
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy
Kemarin iseng2 experimen motor dan prop.
setelah mencoba beberapa ukuran prop dg bermacam RPM, datanya saya olah lagi dan .....
hasilnya sebagai berikut :
Static Thrust (Kg) = Dia^3 . Pitch . RPM^2 . Bt . Kt / 3.67E11
Daya (Watt) = Dia^4 . Pitch . RPM^3 . Bp . Kp / 1.67E14
Bt dan Bp ditentukan oleh jumlah blade berturut turut :
2 blade : 1 dan 1
3 blade : 1.27 dan 1.38
4 blade : 1.5 dan 1.74
Kt adalah faktor pengaruh propeller (bentuk, airfoil, lebar, dll) pada Thrust, default umum nya 0.95
Kp adalah faktor pengaruh propeller (bentuk, airfoil, lebar, dll) pada Power, default umum nya 0.76
setelah mencoba beberapa ukuran prop dg bermacam RPM, datanya saya olah lagi dan .....
hasilnya sebagai berikut :
Static Thrust (Kg) = Dia^3 . Pitch . RPM^2 . Bt . Kt / 3.67E11
Daya (Watt) = Dia^4 . Pitch . RPM^3 . Bp . Kp / 1.67E14
Bt dan Bp ditentukan oleh jumlah blade berturut turut :
2 blade : 1 dan 1
3 blade : 1.27 dan 1.38
4 blade : 1.5 dan 1.74
Kt adalah faktor pengaruh propeller (bentuk, airfoil, lebar, dll) pada Thrust, default umum nya 0.95
Kp adalah faktor pengaruh propeller (bentuk, airfoil, lebar, dll) pada Power, default umum nya 0.76
Last edited by christoffel on 19 Apr 2012, 18:50, edited 1 time in total.
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy
Ini hasil yg saya simpulkan berdasarkan percobaan di kantor (Surabaya, sore hari),
jadi ini rumus empiris saya sendiri, bukan saya copy paste dari orang lain.
Hasil diatas tidak saya masukkan faktor suhu, ketinggian, kelembaban, dll karena saya anggap hasilnya tidak akan terlalu banyak berbeda sepanjang di terapkan untuk Indonesia.
sengaja saya share disini agar bisa berguna juga untuk rekan2 lain yg membutuhkan.
Kalau ada rekan2 yg punya data berbeda, silahkan di share juga disini supaya bisa menyempurnakan persamaan di atas.
Happy Flying ....
jadi ini rumus empiris saya sendiri, bukan saya copy paste dari orang lain.
Hasil diatas tidak saya masukkan faktor suhu, ketinggian, kelembaban, dll karena saya anggap hasilnya tidak akan terlalu banyak berbeda sepanjang di terapkan untuk Indonesia.
sengaja saya share disini agar bisa berguna juga untuk rekan2 lain yg membutuhkan.
Kalau ada rekan2 yg punya data berbeda, silahkan di share juga disini supaya bisa menyempurnakan persamaan di atas.
Happy Flying ....
- jamespaulus
- Senior Airman
- Posts: 101
- Joined: 23 Feb 2012, 17:20
- Location: Auckland, New Zealand
Re: DIY Paratrike/parabuggy
Hello Semua...
wah udah lama nih nggak buka forum Grage ini...
Mau tanya nih sama Mas Chris:
battery saya baru tiba dari Hobbyking. Zippy Flightmax 8 Amperes, 3cells x 5
Jadi sesuai saran Mas Chris, saya akan buat 15 cells arrangement.
Menurut perhitungan, cuma dengan 8Amps, saya bisa dapat berapa detik, atau berapa menit ya ? (pada maximum output).
Terus terang, goal dari electric paramotor project saya ini tujuannya bukan untuk duration, tapi untuk record power pack sekecil dan seringan mungkin, dan cuma untuk satu atau dua kali launch to 1000 ft ( sekitar 300 meter ya).
Sekedar Info menarik:
teman saya di sini berhasil membuat winch untuk paraglider dari scooter (moped) 50cc !!
konsepnya sangat sederhana, mengunakan torque shaft roda belakang. rodanya diganti dengan home made winch reel.
posisi scooter/winch tetap normal, cuma dibuatkan stands dua depan dan dua belakang. Roda depan dibuang, fork di-lock. Di bawah setang dipasang pulleys untuk mengarahkan tali winch nya ke reel drum ("roda belakang")
posisi winching menghadap depan (winch operator seolah olah mengendarai scooter, menghadap paraglider yang ditarik.
scooter nya yang transmisi automatic. gas tetap, tidak ada modifikasi. brake togle (rem) di tangan kiri digunakan untuk mengatur torsi (brake?) reel drum nya.
Saya rasa ini solusi yang cerdas dam murah untuk daerah yang jauh dari bukit bukit atau sope atau cliff.
Mungkin untuk Mas Chris dan rekan rekan tidak kesulitan untuk membuat nya. Setahu saya Surabaya tidak ada bukit bukit untuk launch paragliding atau gantole.
wah udah lama nih nggak buka forum Grage ini...
Mau tanya nih sama Mas Chris:
battery saya baru tiba dari Hobbyking. Zippy Flightmax 8 Amperes, 3cells x 5
Jadi sesuai saran Mas Chris, saya akan buat 15 cells arrangement.
Menurut perhitungan, cuma dengan 8Amps, saya bisa dapat berapa detik, atau berapa menit ya ? (pada maximum output).
Terus terang, goal dari electric paramotor project saya ini tujuannya bukan untuk duration, tapi untuk record power pack sekecil dan seringan mungkin, dan cuma untuk satu atau dua kali launch to 1000 ft ( sekitar 300 meter ya).
Sekedar Info menarik:
teman saya di sini berhasil membuat winch untuk paraglider dari scooter (moped) 50cc !!
konsepnya sangat sederhana, mengunakan torque shaft roda belakang. rodanya diganti dengan home made winch reel.
posisi scooter/winch tetap normal, cuma dibuatkan stands dua depan dan dua belakang. Roda depan dibuang, fork di-lock. Di bawah setang dipasang pulleys untuk mengarahkan tali winch nya ke reel drum ("roda belakang")
posisi winching menghadap depan (winch operator seolah olah mengendarai scooter, menghadap paraglider yang ditarik.
scooter nya yang transmisi automatic. gas tetap, tidak ada modifikasi. brake togle (rem) di tangan kiri digunakan untuk mengatur torsi (brake?) reel drum nya.
Saya rasa ini solusi yang cerdas dam murah untuk daerah yang jauh dari bukit bukit atau sope atau cliff.
Mungkin untuk Mas Chris dan rekan rekan tidak kesulitan untuk membuat nya. Setahu saya Surabaya tidak ada bukit bukit untuk launch paragliding atau gantole.
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy
batt 5x3cell jadi 15cell
karena ini arusnya bakal jauh diatas capasitas batt, kita ambil tegangan rata2 batt 3.3V/cell
jadi tegangan total nya 15x3.3V = 49.5V yg artinya daya batt = 49.5V x 8A = 396 Watt Jam
kalau pembebanan motor optimal, maka daya nya sekitar 10KW (atau mau pake yg 15KW ??)
Waktu terbang nya 396/10000 jam = 396/10000 x 60 menit = 2.376 menit
Arus rata2 nya : 10000/49.5 = 202A
batt nya akan tersedot 202/8 = 25C
jadi batt nya minimal harus yg 30C (masih reasonable juga yah ...)
kalau target ketinggian 300m, dg 2 menit berarti perlu climb rate 300/120 m/sec = 2.5 m/sec
kalau kecepatannya sekitar 30 kmph (8.3 m/sec) berarti climb ratio nya harus 8.3/2.5 = 3.3:1
kalau menurut saya dengan 2 menit ini mungkin saja sudah bisa mencapai ketinggian 300meter, cuman bagaimana kalau take-off nya harus coba beberapa kali ?
akan lebih bagus kalau bisa di tambahin 1 set lagi batt nya supaya bisa hampir 5 menit.
tapi mengingat harga batt, mending di coba yg ada dulu aja deh. yg penting bisa terbang dulu aja, soal kurang lama kan tinggal tambah batt aja ...
karena ini arusnya bakal jauh diatas capasitas batt, kita ambil tegangan rata2 batt 3.3V/cell
jadi tegangan total nya 15x3.3V = 49.5V yg artinya daya batt = 49.5V x 8A = 396 Watt Jam
kalau pembebanan motor optimal, maka daya nya sekitar 10KW (atau mau pake yg 15KW ??)
Waktu terbang nya 396/10000 jam = 396/10000 x 60 menit = 2.376 menit
Arus rata2 nya : 10000/49.5 = 202A
batt nya akan tersedot 202/8 = 25C
jadi batt nya minimal harus yg 30C (masih reasonable juga yah ...)
kalau target ketinggian 300m, dg 2 menit berarti perlu climb rate 300/120 m/sec = 2.5 m/sec
kalau kecepatannya sekitar 30 kmph (8.3 m/sec) berarti climb ratio nya harus 8.3/2.5 = 3.3:1
kalau menurut saya dengan 2 menit ini mungkin saja sudah bisa mencapai ketinggian 300meter, cuman bagaimana kalau take-off nya harus coba beberapa kali ?
akan lebih bagus kalau bisa di tambahin 1 set lagi batt nya supaya bisa hampir 5 menit.
tapi mengingat harga batt, mending di coba yg ada dulu aja deh. yg penting bisa terbang dulu aja, soal kurang lama kan tinggal tambah batt aja ...
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy
thats a good idea ...
kalau di sini, nggak ada moped. yg banyak kan sepeda motor 100cc.
orang disini kan sudah terkenal gotong royong nya tinggi. jadi nggak usah repot2 bikin winch.
selama masih di darat, ada banyak orang di sekeliling yg bersedia bantu hanya karena ikut senang.
Tau sendiri kan, yg latihan 1 orang, temen2 nya yg ikut datang bisa 4 orang.
jadi kami lebih mudah pake sepedamotor dinaikin orang sambil yg digonceng melihat ke belakang narik tali sebagai winch nya.
ini jauh lebih aman, karena orang yg narik talinya bisa langsung dilepas kalau kelihatan glidernya miring.
kalau di sini, nggak ada moped. yg banyak kan sepeda motor 100cc.
orang disini kan sudah terkenal gotong royong nya tinggi. jadi nggak usah repot2 bikin winch.
selama masih di darat, ada banyak orang di sekeliling yg bersedia bantu hanya karena ikut senang.
Tau sendiri kan, yg latihan 1 orang, temen2 nya yg ikut datang bisa 4 orang.
jadi kami lebih mudah pake sepedamotor dinaikin orang sambil yg digonceng melihat ke belakang narik tali sebagai winch nya.
ini jauh lebih aman, karena orang yg narik talinya bisa langsung dilepas kalau kelihatan glidernya miring.
- jamespaulus
- Senior Airman
- Posts: 101
- Joined: 23 Feb 2012, 17:20
- Location: Auckland, New Zealand
Re: DIY Paratrike/parabuggy
christoffel wrote:thats a good idea ...
kalau di sini, nggak ada moped. yg banyak kan sepeda motor 100cc.
orang disini kan sudah terkenal gotong royong nya tinggi. jadi nggak usah repot2 bikin winch.
selama masih di darat, ada banyak orang di sekeliling yg bersedia bantu hanya karena ikut senang.
Tau sendiri kan, yg latihan 1 orang, temen2 nya yg ikut datang bisa 4 orang.
jadi kami lebih mudah pake sepedamotor dinaikin orang sambil yg digonceng melihat ke belakang narik tali sebagai winch nya.
ini jauh lebih aman, karena orang yg narik talinya bisa langsung dilepas kalau kelihatan glidernya miring.
hahaha,
wah, ini malah lebih cerdas...nggak kepikir sebelumnya... scooter nya juga masih tetap normal bisa dipake....
Nanti saya ceritain sama teman teman di sini...
- jamespaulus
- Senior Airman
- Posts: 101
- Joined: 23 Feb 2012, 17:20
- Location: Auckland, New Zealand
Re: DIY Paratrike/parabuggy
christoffel wrote:batt 5x3cell jadi 15cell
karena ini arusnya bakal jauh diatas capasitas batt, kita ambil tegangan rata2 batt 3.3V/cell
jadi tegangan total nya 15x3.3V = 49.5V yg artinya daya batt = 49.5V x 8A = 396 Watt Jam
kalau pembebanan motor optimal, maka daya nya sekitar 10KW (atau mau pake yg 15KW ??)
Waktu terbang nya 396/10000 jam = 396/10000 x 60 menit = 2.376 menit
Arus rata2 nya : 10000/49.5 = 202A
batt nya akan tersedot 202/8 = 25C
jadi batt nya minimal harus yg 30C (masih reasonable juga yah ...)
kalau target ketinggian 300m, dg 2 menit berarti perlu climb rate 300/120 m/sec = 2.5 m/sec
kalau kecepatannya sekitar 30 kmph (8.3 m/sec) berarti climb ratio nya harus 8.3/2.5 = 3.3:1
kalau menurut saya dengan 2 menit ini mungkin saja sudah bisa mencapai ketinggian 300meter, cuman bagaimana kalau take-off nya harus coba beberapa kali ?
akan lebih bagus kalau bisa di tambahin 1 set lagi batt nya supaya bisa hampir 5 menit.
tapi mengingat harga batt, mending di coba yg ada dulu aja deh. yg penting bisa terbang dulu aja, soal kurang lama kan tinggal tambah batt aja ...
Thank you Om Chris...
Wah seneng sekali bergabung forum ini..banyak orang cerdas...
Ya, memang LiPo packs nya saya beli yang 30C
Ya, saya coba dulu dengan satu set...kalau berhasil dan bisa dapat 300 meter, nanti bisa beli satu set lagi.
Itu saya beli 5 pack dari Hobbyking NZ$300 sudah termasuk delivery.
Saya pilih Zippy Flightmax karena reputasi nya lumayan bagus di sini.
Banyak sih hobby shop di sini jual LiPo murah murah tapi performance nya nggak sesuai dengan spec nya.
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy
berhubung kerjaan kantor lagi banyak, progress jadi lambat.
sebenarnya kemarin dulu paket prop pesanan sudah datang semua, tapi belum sempat di coba dan di ukur.
hari ini proyek di lanjut untuk bikin cage paramotor (versi gendong). nantinya untuk versi trike tinggal di tempelkan saja di roll bar.
rencana nya kalau bisa mau di buat masal saja karena sudah ada beberapa rekan yg nitip minta dibuatin juga.
Desain awal yg sudah beberapa minggu lalu di print, akhirnya di pindahkan ke atas multiplex yg selanjutnya akan di gunakan sebagai Jig nya.

dilanjutkan bikin rangka wall mount nya ...
sebenarnya kemarin dulu paket prop pesanan sudah datang semua, tapi belum sempat di coba dan di ukur.
hari ini proyek di lanjut untuk bikin cage paramotor (versi gendong). nantinya untuk versi trike tinggal di tempelkan saja di roll bar.
rencana nya kalau bisa mau di buat masal saja karena sudah ada beberapa rekan yg nitip minta dibuatin juga.
Desain awal yg sudah beberapa minggu lalu di print, akhirnya di pindahkan ke atas multiplex yg selanjutnya akan di gunakan sebagai Jig nya.

dilanjutkan bikin rangka wall mount nya ...
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: DIY Paratrike/parabuggy
step berikut nya, nge-roll lingkaran cage nya.
sayang nggak sempat ter dokumentasi, ke-asyik-an nyoba alat roll baru ... hehehe.
hasil roll di sambung las supaya jadi lingkaran

nggak kerasa sudah sore, lanjut minggu depan deh ...
bisanya ngerjain cuman hari sabtu ...
sayang nggak sempat ter dokumentasi, ke-asyik-an nyoba alat roll baru ... hehehe.
hasil roll di sambung las supaya jadi lingkaran

nggak kerasa sudah sore, lanjut minggu depan deh ...
bisanya ngerjain cuman hari sabtu ...