hahaha ... om didin bisa aja. kalau terbang hari minggu, memang banyak helpernya, soalnya semua ingin ikut terlibat. ini istimewa nya di indonesia kan ... saya kalau terbang paratrike pada hari kerja, cuman sendirian, nggak ada helper sama sekali.
sebenarnya kalau pake trike itu lebih mudah daripada yg cuman di gendong om. - tidak ada beban berat di punggung (karena sudah posisi duduk wuenak), jadi bisa lebih konsentrasi pada proses launch nya. - tidak perlu tenaga untuk tarik canopy supaya ngembang, cukup tekan gas poll dan biarkan engine yg kerja... ada angin ataupun tidak. kalau yg versi gendong, ini stage yg paling menguras tenaga, bahkan kalau nggak ada angin, banyak rekan pilot memilih nggak mau terbang (mending nunggu ada angin sedikit) karena susah sekali ngembangin payung nya (harus lari cukup kencang dg beban engine di punggung). - ada A-Assist system yg secara otomatis menarik riser A saat payung belum di atas kepala (ini mengurangi AoA, supaya payung mudah naik), jadi tangan tetap bebas untuk koreksi pake brake. kalau pada versi gendong, narik riser A ini harus dilakukan manual pake tangan, masalah nya saat kita lari maju (atau mundur kalau reverse launch) konsentrasi kan terpecah ke lari nya, tangan yg narik riser A sering tidak sama, jadi payung nya mudah miring. trus sementara megang-in riser A, jadi nggak bisa koreksi brake nya kalau miring.
ini sebabnya untuk saya yg malas mengeluarkan tenaga, lebih suka pake paratrike saja ... kalau mengutip kalimat nya pak Anwar (senior paramotor Indonesia) : "untuk kita yg sudah tua begini, lebih enak terbang pake trike saja. versi gendong itu biar buat yg masih muda saja ...". hahaha ... saya jadi merasa sudah tua nih ...
kekurangan paratrike : - AUW jadi lebih berat, ujung2 nya butuh thrust lebih besar. - perlu lahan cukup mulus supaya roda nya bisa berputar lancar. - merubah arah trike tidak bisa mendadak, jadi kalau tiba2 ke banting angin samping, besar kemungkinan akan terguling. (kalau kaki orang, bisa melangkah ke samping atau langsung menghadap ke samping) - kalau belum terbiasa, tarikan payung saat mulai mengembang sering kali membuat trike nya mundur ke belakang dan ini membuat panik (biasanya masalah kemudi yg karena mundur jadi agak bingung dan akhirnya trike jadi berbelok lalu terguling).
akhirnya selesai juga. ini sedang finishing ... sabtu kemarin nggak sempat di lanjut, baru bisa hari ini. sekarang tinggal dipasangin engine dan controller .... rencana mau pake servo saja untuk throtle nya, jadi bisa di kasih tombol cruising hold ...
christoffel wrote:akhirnya selesai juga. ini sedang finishing ... sabtu kemarin nggak sempat di lanjut, baru bisa hari ini. sekarang tinggal dipasangin engine dan controller .... rencana mau pake servo saja untuk throtle nya, jadi bisa di kasih tombol cruising hold ...
christoffel wrote:akhirnya selesai juga. ini sedang finishing ... sabtu kemarin nggak sempat di lanjut, baru bisa hari ini. sekarang tinggal dipasangin engine dan controller .... rencana mau pake servo saja untuk throtle nya, jadi bisa di kasih tombol cruising hold ...
Eh, Broer Chris, ini frame nya untuk electric paramotor nya ? jadinya pakai propeller ukuran berapa ? terimakasih.
@om didin, om justinus,broer james, om ferio, om stefendy : thankyou berat support nya ... kerjaan lagi banyak, jadi progress agak lambat ... prioritas cari duit di dahulukan supaya support dana untuk proyek ini ikut lancar ... hehehe ...