waduh menarik nih soal per engselesan control surface, prinsip mekanikalnya sih menurut saya sama saja tetapi terkait dengan beban atau moment puntir yg harus dikeluarkan oleh servo untuk dapat menggerakan sang control surface yang akhirnya juga akan mempengaruhi kehalusan gerakannya menurut saya jadi beda deh kayanya ............... jadi saya menunggu saja deh para suhu mechanical engineering ................
btw pakde suhu toto...mohon info dimana bisa dapet monokote atw merk lain yang motif auri nya indonesia ato pakde suhu toto punya ide / usulan untuk baju nya ov 10. makasih.....
waduh pa'lik suhu Ratno ini kok sing mbatoen2 kemawon ya, cari monokote yang sudah bermotif kagak ada tuh kalau adapun enggak tahu dimana carinya, saya berusaha nyari untuk repair PC-6 saya kemarin sempet sayapnya nyenggol, karena enggak nemu terus apalagi kalau enggak akal2an ya saya cari warna dasar yg mirip2 sama terus motif nya di patch kerjaan lukis melukis jadi deh kalau dipandang dari jarak paling deket 3 langkah masih keliatan seperti aslinya, kalau dilihat lebih dekat lagi baru keliatan kalau si motif hasil rekayasa genetik yang dikepalai oleh kepala lab nya eyang E7J a.k.a su-31 alias pak wisnu ..................
inggih p'DE suhu toto....menawi mboten wonten ngih mboten menopo.... ngih sakwontene kemawon.....alias seadanya......
btw kulo bade nerusaken ceritanipun progres.
persiapan perkabelan setelah selesai penyolderan conector yang akan dipake. dan telah berada di tempatnya masing2 di lengkapi dengan nama-nama biar tidak repot nantinya.
setelah beberapa hari progres terhambat kegiatan yang memang harus diutamakan.... kemarin di sempetin untuk melanjutkan........ pemasangan servo untuk steering
servo untuk menggerakan flap..
untuk mengurangi berat ,maka untuk servo ruder dipilih micro servo 2 buah dipasangkan di vertikal stabilizer kanan - kiri.
dan di timbang ..... wah hasilnya....sudah di atas 3200 gram......weih...apalagi yang harus dikurangi.....