T-REX .... CRASH Program
Moderators: Budiman, irsansaputra
- TrexZation
- trainee
- Posts: 17
- Joined: 13 Mar 2007, 14:09
- Location: Surabaya
- irsansaputra
- Airman
- Posts: 43
- Joined: 13 Feb 2007, 18:19
- Location: Jakarta
TrexZation wrote:Trex sy tiba2 mati di udara???Meluncur kebawah dan kena salah 1 servo nya(giginya rusak). Kira2 apa penyebabnya?
Halo Om Harry, salam kenal. Boleh tau spesifikasi yang digunakan al:
1. Motor?
2. ESC?
3. Pinion?
4. Blade?
5. Maximum Pitch?
Barangkali saya bisa bantu sedikit memecahkan masalah anda Om

- ferry
- Senior Master Sergeant
- Posts: 527
- Joined: 18 Jan 2007, 08:49
- Location: Surabaya
- Contact:
kresna wrote:Om Ferry, saya juga kadang2 mengalami hal tsb .... kalo pake 4 cell, yg direkomendasikan berapa mah-nya dan berapa C-nya? kemudian apakah ESC dan Motor nya harus diganti juga?
Batre bisa pake dgn capasitas 1700mAh/13C 4 cell, ESC gak perlu diganti krn masih mampu menghandle tegangan s/d 16.8 volt.....cuma utk sy ada sedikit modifikasi di BEC internal ESC sy pake EXT BEC, motor cukup pake 2800KV dgn 11T pinion.....dijamin ESC/batre adem dan gak pernah cut off lagi.....btw kalo masalah om Harry mungkin ada ketidak serempakan cell waktu discharge/terbang shg ESC mendeteksi voltage drop batre....krn setau sy tiap kali terbang durasinya cukup lama
- irsansaputra
- Airman
- Posts: 43
- Joined: 13 Feb 2007, 18:19
- Location: Jakarta
ferry wrote:Batre bisa pake dgn capasitas 1700mAh/13C 4 cell, ESC gak perlu diganti krn masih mampu menghandle tegangan s/d 16.8 volt.....cuma utk sy ada sedikit modifikasi di BEC internal ESC sy pake EXT BEC, motor cukup pake 2800KV dgn 11T pinion.....
Betul mantap itu Om. Sedikit tambahan jika rekan2 ingin mencoba 4 cell harap menggunakan motor yang 2500Kv atau 2800Kv saja. Jika menggunakan 3200Kv dan diatasnya maka akan over head speed. Masalahnya cari pinion yang lebih kecil dari 11T sulit. Namun tak kalah sulitnya mencari motor Trex lama yang 2500Kv atau 2800Kv. Cari pinion susah namun cari motor lama pun susah, gimana dunk hi..hi..hi..
- Ary
- Master Sergeant
- Posts: 499
- Joined: 16 Feb 2007, 21:10
- Location: Bali
ferry wrote:kresna wrote:Om Ferry, saya juga kadang2 mengalami hal tsb .... kalo pake 4 cell, yg direkomendasikan berapa mah-nya dan berapa C-nya? kemudian apakah ESC dan Motor nya harus diganti juga?
Batre bisa pake dgn capasitas 1700mAh/13C 4 cell, ESC gak perlu diganti krn masih mampu menghandle tegangan s/d 16.8 volt.....cuma utk sy ada sedikit modifikasi di BEC internal ESC sy pake EXT BEC, motor cukup pake 2800KV dgn 11T pinion.....dijamin ESC/batre adem dan gak pernah cut off lagi.....btw kalo masalah om Harry mungkin ada ketidak serempakan cell waktu discharge/terbang shg ESC mendeteksi voltage drop batre....krn setau sy tiap kali terbang durasinya cukup lama
Berat batt 4 cell 1700 tsb brp ya pak? full throtlenya jd brp amp ?
- ferry
- Senior Master Sergeant
- Posts: 527
- Joined: 18 Jan 2007, 08:49
- Location: Surabaya
- Contact:
- TrexZation
- trainee
- Posts: 17
- Joined: 13 Mar 2007, 14:09
- Location: Surabaya
Pak Irsan, Motor Align 3550kv, Pinion 11T, ESC Align 35, Blade Align yg putih.
Pak Ary, ESC sy 35 loh masa dah gak kuat? padahal Amp sy cuman 9A half throttle en 17A full.
Pak Ferry, sepertinya problem yg sy alami seperti yg anda sampaikan deh! Batt discharge gak sama!!!
Setelah sy ganti servo nya, kemaren sudah sy terbangkan lg dan ternyata gak ada masalah tuh???Dgn batt yg sama lagi! wah sy juga heran jadinya???
Tapi memang itu batt klo di balance dah gak sama volt nya. Wah batt beli bulan dec 06 loh masih baru koq sudah loyo???
Pak Ary, ESC sy 35 loh masa dah gak kuat? padahal Amp sy cuman 9A half throttle en 17A full.
Pak Ferry, sepertinya problem yg sy alami seperti yg anda sampaikan deh! Batt discharge gak sama!!!
Setelah sy ganti servo nya, kemaren sudah sy terbangkan lg dan ternyata gak ada masalah tuh???Dgn batt yg sama lagi! wah sy juga heran jadinya???
Tapi memang itu batt klo di balance dah gak sama volt nya. Wah batt beli bulan dec 06 loh masih baru koq sudah loyo???
- irsansaputra
- Airman
- Posts: 43
- Joined: 13 Feb 2007, 18:19
- Location: Jakarta
TrexZation wrote:Pak Irsan, Motor Align 3550kv, Pinion 11T, ESC Align 35, Blade Align yg putih.
Tapi memang itu batt klo di balance dah gak sama volt nya. Wah batt beli bulan dec 06 loh masih baru koq sudah loyo???
Iya, spec nya nggak masalah tuh. Begini om Harry, maen electric butuh maintain Baterenya juga. Saran saya kalo menggunakan batere jangan sampe tuh heli sampe agak lemes. Cukup om Harry terbangkan 8 menit maksimum deh. Sebab kalo diterbangkan cukup lama maka Lipo akan terkuras banget, korelasinya adalah temperatur lipo jadi panas, kemudian karena panas jadi Life time berkurang dengan cepat. Saya selama ini terbang cuma 6 menit, sejauh ini Lipo saya baik2 aja. Ada juga bila Lipo udah cukup lemah pada saat Anda berikan throttle bisa cut off motor diudara. Hal ini karena ESC mendeteksi Voltage Rendah dari Lipo, maka langkah untuk pengamanan agar lipo tdk over discharge adalah melakukan cut off. Sayang nya Heli kita kan lagi terbang, jadi bisa gubrak, jadi serba salah.
Jadi kalo bisa hindarkan over Discharge akibat flight time yang kelamaan (bukannya akibat over Current).
Moga2 sedikit pengalaman saya berharga
Salam..
- ferry
- Senior Master Sergeant
- Posts: 527
- Joined: 18 Jan 2007, 08:49
- Location: Surabaya
- Contact:
Sedikit itung2an perbandingan 3 cell dgn 4 cell
Was
Mtr Align : 3200KV
Pinion : 13T
Battery : 1900mAh/13C 3 cell(Align)
rpm yg dihasilkan :
= 3200kv* 11.1v/(150/13)
= 3078.4
Hasil : Battery relatif panas/ESC relatif panas/aman cut off
Was (after changing mtr)
Mtr Align : 2800KV
Pinion : 15T
Battery : 1900mAh/13C 3 cell(Align)
rpm yg dihasilkan :
= 2800kv* 11.1v/(150/15)
= 3108
Hasil : Battery relatif panas/ESC panas/sering cut off
Now
Mtr Align : 2800KV
Pinion : 11T
Battery : 1700mAh/13C 4 cell
rpm yg dihasilkan :
= 2800kv* 14.8v/(150/11)
= 3038.9
Hasil : Battery lebih dingin/ESC anget/bebas cut off/power ok/mtr agak panas
Was
Mtr Align : 3200KV
Pinion : 13T
Battery : 1900mAh/13C 3 cell(Align)
rpm yg dihasilkan :
= 3200kv* 11.1v/(150/13)
= 3078.4
Hasil : Battery relatif panas/ESC relatif panas/aman cut off
Was (after changing mtr)
Mtr Align : 2800KV
Pinion : 15T
Battery : 1900mAh/13C 3 cell(Align)
rpm yg dihasilkan :
= 2800kv* 11.1v/(150/15)
= 3108
Hasil : Battery relatif panas/ESC panas/sering cut off
Now
Mtr Align : 2800KV
Pinion : 11T
Battery : 1700mAh/13C 4 cell
rpm yg dihasilkan :
= 2800kv* 14.8v/(150/11)
= 3038.9
Hasil : Battery lebih dingin/ESC anget/bebas cut off/power ok/mtr agak panas