Ngomong2 soal brushed motor

Tentang motor brushed dan motor brushless , baterai , dll

Moderator: unding

Post Reply
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Ngomong2 soal brushed motor

Post by christoffel »

motor brush itu agar awet jangan make lebih 7_8v
emmm ... nggak juga sih ...
bor cordless saya ada yg pake batt 24V.
bor listrik saya yg 220V juga pake brush dan nggak apa2 tuh ...
prinsipnya begini om, kalau motor itu di gulung untuk 12V, ya pastinya kurang baik kalau diberi lebih dari 12V. jadi batas baik dan nggak baiknya itu tergantung spec motor itu sendiri.
yg jelas, panas yg berlebih itu nggak baik untuk magnet (jadi cepat lemah), jadi baik brush ataupun BL jangan sampai kepanasan ...

magnet yg lebih kuat akan menambah torsi motor. magnet kuat di tempelkan di luar casing motor memang bisa buat nambah medan magnet aslinya (asal nggak kebalik masang kutupnya), cuman dampaknya sangat sedikit (saya pernah experimen dg hal ini waktu dulu masih seneng main tamiya) karena casing motor sudah didesign sebagai konduktor magnet yg bagus. jauh lebih signifikan kalau magnet aslinya saja yg diganti dg yg lebih kuat.
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Ngomong2 soal brushed motor

Post by Syafik »

wah ternyata ilmu tentang brush juga banyak ya dan harus dipelajari, thanks om Christoffel atas pemcerahannya... saya ngikuti diskusinya

Update progres pswt saya dengan brushed, saya ganti propeler 9x4,7 dengan lipo 2 sel masih kurang bertenaga, kira2 yang pas propeler berapa ya... tapi kalau saya pakein lipo 3 sel cepet panas motor dan escnya, padahal escnya melebihi spek yang disarankan tapi cepet panas... apa mungkin solusinya harus lip 2 sel aja ya tapi propeler dibesarkan lagi, kira2 ukuran berapa
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Ngomong2 soal brushed motor

Post by christoffel »

teorinya:
A. esc panas ==> arus terlalu besar (terhadap kemampuan esc nya). Arus akan bertambah besar saat beban prop bertambah besar (baik pitch ataupun diameter ny). perhatikan juga bahwa dengan menambah tegangan, arus akan bertambah juga.
B. motor panas ==> daya terlalu besar (terhadap kemampuan motor nya). Daya = volt x ampere Jadi penambahan tegangan akan sangat besar pengaruhnya (fungsi kwadrat).
C. tegangan lebih tinggi = rpm lebih tinggi

untuk kasus diatas :
2 cell 9x4.7, esc + motor oke tapi power kurang
3 cell 9x4.7, esc + motor panas tapi power bagus

tentukan dulu mau pake berapa cell. pertimbangkan dg max arus esc dan tegangan batt. apakah masih dalam range yg diperbolehkan.
Baru di cari prop yg cocok ukuran berapa. kalau motor panas, berarti prop harus di kecilkan (pitch atau diameternya, coba satu2,) dan sebaliknya.

untuk kondisi 2 cell dg prop 9x4.7 kan udah nggak panas, tapi apakah sudah optimal atau belum kan kita nggak tau. jadi coba mulai dari sini.
coba besarkan prop nya, boleh pitch boleh diameternya, misalnya 10x4.7 atau 9x6. coba perhatikan juga penambahan rpm nya. kalau punya watt meter, akan lebih bagus (bisa langsung membandingkan watt nya saja). lakukan sampai didapat prop yg optimal (motor panasnya normal saja, tidak sampai over).
lalu kalau mau pake 3 cell, lakukan percobaan lagi dg prop yg lebih kecil (yg jelas lebih kecil dari 9x4.7 karena yg ini motornya panas) misalnya 8x5 atau 8x4 Ingat, dg 3 cell rpm akan jadi 150% lebih tinggi (kira2) jadi sebaiknya pitch yg dikecilin dulu ...

kira2 begitu om syafik, barangkali para suhu bisa menambahkan atau meng-koreksi lagi ...
kalau sempat, main ke tempat saya aja, kita coba sama2 ... hehehe ...
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Ngomong2 soal brushed motor

Post by Syafik »

Trims om chris... akan saya coba beberapa kemungkinan prop dan batterynya kebetulan ada stok beberapa prop buat test, kalau bawaannya sih pake prop 8x4 mungkin 8x6 (gak ada tulisan di propnya)... saya mulai coba di prop 10x4.7 untuk lipo 2sel dulu. nanti akan saya laporkan hasilnya
User avatar
MARTINBARU
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 145
Joined: 12 Sep 2009, 20:01

Re: Ngomong2 soal brushed motor

Post by MARTINBARU »

saya punya contoh buat pesawat dari styrofoam 2cm baik itu singel wing/double wing/trippel wing
memakai brush 350 gerabox prop 1180sf esc brush 25 batt.lipo 500mah 2 sel dgn berat maksimal masing2 pesawat +/- 300-400gr terbang dgn baik dan bs loop 1/2 throtell terbang slow dan difull throtel motor adem aja lama terbang 7-10 menit....malah sy juga buat dakota dgn motor ini 2 buah prop sama batt.2 sel 1000mah esc brush 30 amp dgn berat 620gr terbang 3/4 throtel dan klo 1/2 throtel pesawat cenderung nukik bumi.....dan sy rasa motor ini masih layak dipakai utk pemula karna cost mumer....
pak chris kenapa ya klo motor brush gearbox ini dilepas gearboxnya jadi lebih cepat panas padahal prop udah dikecilin dan lagi escnya 25 amp hangat dimana esc ini klo dgn motor gearbox tdk ada hangat2nya....?
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Ngomong2 soal brushed motor

Post by christoffel »

dengan dipasang gear box, rpm prop jadi turun (sesuai perbandingan gear nya) dan sebaliknya.
motor brush umumnya 3 pole kumparan dg 2 magnet, jadi powernya baru keluar di rpm tinggi (puluhan ribu rpm).
untuk memanfaatkan rpm setinggi ini, nggak mungkin pake prop biasa (prop electric punya rpm max sekitar 8000 sampai 16000 rpm, kalau lebih dari max nya bisa putus sendiri kena gaya centrifugalnya) kecuali kalau mau pake ducted fan.
dg gearbox, rpm tinggi ini di konversi jadi rpm yg lebih bisa diterima oleh prop (sekitar 8000 rpm saja). rpm diturunkan, torsi akan bertambah.

jadi misalnya gearbox 1:4
kalau mau lepas gearbox, beban prop harus bergeser ke torsi lebih rendah (kira2 25% nya) di rpm yg lebih tinggi (kira2 4x lipatnya).
intinya motor harus bisa berputar pada rpm 4x lipat lebih tinggi. kalau masih lebih rendah dari ini, artinya prop yg baru masih terlalu berat.
yg sudah dicoba dan bikin motor jadi panas, artinya prop masih terlalu berat untuk motor. (saya bisa pastikan rpm nya pasti dibawah kelipatan gearboxnya). sekedar panduan kasar, beban prop bisa di kira2 = diameter^2 x pitch

coba perhatikan prop nya 1180sf ==> sf ini artinya slow-fly, jadi memang untuk rpm rendah (itu sebabnya pake pitch besar).
saya belum pernah menemukan electric prop yg boleh lebih dari 15000 rpm.
!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
hati2, resiko ditanggung sendiri. blade prop yg putus bisa seperti pisau yg dilemparkan.
!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
User avatar
abiazfa69
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 378
Joined: 03 Jun 2009, 12:00
Location: Banyuwangi
Contact:

Re: Ngomong2 soal brushed motor

Post by abiazfa69 »

Om.. Saya ada motor brush ex WD kalo mau ganti brostel nya gimana ya cara buka nya???
mohon petunjuknya... :thx :thx
User avatar
MARTINBARU
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 145
Joined: 12 Sep 2009, 20:01

Re: Ngomong2 soal brushed motor

Post by MARTINBARU »

makasih pak christ,memang 1x kejadian sy coba prop 1047sf make motor WD(480)tanpa gearbox simotor dan prop berguncang keras lalu sy menahan coba2 dgn tangan sekuatnya malah prop terpental 1/2nya untung tdk ada korban pecahan mengenai dinding aja...
User avatar
MARTINBARU
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 145
Joined: 12 Sep 2009, 20:01

Re: Ngomong2 soal brushed motor

Post by MARTINBARU »

abiasfa69 lebih baik nggak usah dibuka,,susah banget dan akan merusak lubang asnya shg tdk stabil lagi dudukannya,,,buang2 energi mending ganti aja
User avatar
donnaa
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 62
Joined: 03 May 2011, 15:44

Re: Ngomong2 soal brushed motor

Post by donnaa »

CAKEP BANGET PESAWATNYA...
ngiler mode on...
:ngl :ngl
Post Reply