Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Ruangan untuk photo/video udara dan FPV

Moderators: thoha, beta_james, ekozxx

Forum rules
Sehubungan dengan faktor keamanan / takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab , maka Anda semua diharapkan untuk berhati2 dalam mengupas teknik2 yang digunakan dalam subforum Aerial Photography & Video .
Forum Gaero , Admin dan moderator tidak bertanggungjawab atas efek yang ditimbulkan oleh postingan Anda .
Post Reply
User avatar
galih sundayana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 197
Joined: 10 Jul 2012, 21:08

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by galih sundayana »

liloterbang wrote:Usul untuk menggolongkan/membagi FPV dlm beberapa grade dgn persyaratan minimalnya dan batasannya masing-masing (IMHO) :

-> Long range & high altitude FPV :
-> Harus pakai OSD dgn fasilitas GPS, pantauan voltase dan arus battery ...
-> Harus pakai RTH sebagai failsafer kalo lost control signal.
-> Harus pakai long range system utk TX/RX controlnya.
-> Baling-baling ada dibelakang.

-> (strongly recommended) dipasangi flash lamp dgn power tertentu (yg bisa dihidupkan via channel remote) spt pd pesawat betulan yg memudahkan spotting posisi pesawat dilangit kalo lost video signal.

-> Disepakati berat maksimum sekian ...(misalnya jgn sampai ada FPV-an dgn pesawat RC engine 100CC terbang diatas hunian)

-> Disepakati kecepatan maksimal sekian (misalnya jgn ada yg pake jet engine dg speed tinggi).

-> Disepakati ketinggian max sekian (untuk daerah tertentu) utk menghindari masuk jalur pesawat.

-> Pada badan pesawat ditempel metal sheet (misalnya brass sheet tipis) dg luas tertentu untuk memastikan bisa terdetek radar (krn pesawat terbuat dari non-metal) pesawat sipil demi safety.


-> Short range FPV :
-> OSD dan RTH tdk wajib
-> Ketinggian max = sekian (yg lebih rendah dr long range FPV)
-> Hanya boleh terbang sebatas area lapangan aeromodelling.

-> Short range and slow FPV (paraglider platform) :
-> OSD dan RTH tdk wajib
-> Boleh terbang diluar area lapangan aeromodelling.
-> Ketinggian max = sekian (yg lebih rendah dr long range FPV)
-> Baling2 harus dikandangin.

Point2 diatas hanya pendapat saya... mungkin ada point2 yg tdk tepat atau kurang .... CMIIW

tambah :tmb :krg
User avatar
liloterbang
Airman
Airman
Posts: 41
Joined: 24 Jul 2012, 14:21

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by liloterbang »

fahmi43 wrote:
liloterbang wrote:
-> Short range FPV :
-> OSD dan RTH tdk wajib
-> Ketinggian max = sekian (yg lebih rendah dr long range FPV)
-> Hanya boleh terbang sebatas area lapangan aeromodelling.


-> Short range and slow FPV (paraglider platform) :
-> OSD dan RTH tdk wajib
-> Boleh terbang diluar area lapangan aeromodelling.
-> Ketinggian max = sekian (yg lebih rendah dr long range FPV)

-> Baling2 harus dikandangin.

Point2 diatas hanya pendapat saya... mungkin ada point2 yg tdk tepat atau kurang .... CMIIW



:snm :tmb :krg

OSD yang dilengkapi GPS dan volt meter adalah WAJIB HUKUMNYA untuk ke amanan FPV, seberapa jauh dekatnya anda terbang seberapa tingginya anda terbang, perangkat tersebut sangat di perlukan dalam FPV.

usul anda saya saya bold, dari mana anda tau apakai sudah mencapai batas ketinggian, apakah masih di dalam area jarak lapangan, kalau bukan dari OSD?

FPV tanpa OSD, sama aja naik mobil / motor ga ada spidometer nya, ga bisa liat kecepatan, ga bisa liat isi bensin, ga bisa liat jarak, aman ga tuh :nw



topik yg debatable ..

kalo sy naik mobil/motor ke depan komplek buat ke warung sy cukup cek tangki bensin pas mau pergi aja tuh ....dan nggak lihat lihat spedometer lagi selama dijalan... hehehe...

Inti dari point-point sy diatas yaitu berusaha menyeimbangkan sisi safety dan sisi akomodasi sekaligus.

Kalo mau menekankan sisi safety-nya ya monggo ... tapi harus konsisten aja .... hehehe
User avatar
reez001
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 209
Joined: 15 Feb 2011, 02:01

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by reez001 »

Safety gk Safety yaa harus Safety, jdi mkin bingung... :crg
yg sya rasakan sangat membosankan klo terbang FPV hanya d stu2 aza, (mis d range max 500 meter)

:tdr
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by BZ123456 »

Betul pak lilo, safety must be implemented all the time sehingga thread ini dibuat. Yang urun rembug di sini mempunyai concern terhadap safety, bukan hanya fun saja.
Mohon diingat bahwa keamanan di sini bukan hanya keamanan buat properti pesawat milik sendiri saja, tetapi juga menyangkut keamanan orang lain yang tidak ikut bermain fpv. Jadi kalo keamanan orang lain kita gak bisa penuhi.....mohon...sekali lagi...mohon pertimbangkan untuk tidak terbang fpv. Butuh tanggung jawab besar untuk ini (kok saya jadi merinding sendiri ha ha ha ha).
Mari kita junjung tinggi peraturan pertama aeromodelling...SAFETY FIRST
Salam
User avatar
fahmi43
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 308
Joined: 09 Apr 2012, 20:03
Location: Depok

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by fahmi43 »

liloterbang wrote:

topik yg debatable ..

kalo sy naik mobil/motor ke depan komplek buat ke warung sy cukup cek tangki bensin pas mau pergi aja tuh ....dan nggak lihat lihat spedometer lagi selama dijalan... hehehe...

Inti dari point-point sy diatas yaitu berusaha menyeimbangkan sisi safety dan sisi akomodasi sekaligus.

Kalo mau menekankan sisi safety-nya ya monggo ... tapi harus konsisten aja .... hehehe


Maaf nih, bukan bermaksud apa2, yg saya bold ini ciri2 sikap yang ga peduli sama safety, "cukup cek tangki bensin pas mau pergi aja" menggambarkan pre-flight-check asal2an, ga peduli safety diri sendiri apa lagi safety orang.

"nggak lihat lihat spedometer lagi selama dijalan" menggambarkan kalau udah terbang ya bodo amat, ga liat speed, galiat jarak, ga liat sisa batre :tdr

Dikata cuman dari komplek ke warung, naek motor ga liat speedometer, kalo ga berasa ngebut, ada anak orang asal lari ke tengah jalan, berabe toh.

"menyeimbangkan sisi safety dan sisi akomodasi sekaligus" mau safety ya harus safety, jangan setengah2. mau terbang deket kek, jauh kek, tinggi lah, rendah lah, safety itu tetap di utamakan. kalau faktor safety sudah terpenuhi, terbang dekat maupun jauh, tinggi maupun rendah, kan jadi nyaman dan aman.
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by didin »

Bagi saya RC aeromodelling adalah membahayakan, apalagi terbang FPV.
Oleh karena itu SAFETY FIRST!...NO EXCUSE! NO COMPROMISE!
FLYING SAFE OR NOT AT ALL....
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by iwan21 »

fahmi43 wrote:mau terbang deket kek, jauh kek, tinggi lah, rendah lah, safety itu tetap di utamakan. kalau faktor safety sudah terpenuhi, terbang dekat maupun jauh, tinggi maupun rendah, kan jadi nyaman dan aman.


:mtp

point2 diatas udah seharusnya jadi pegangan para aeromodeller
User avatar
liloterbang
Airman
Airman
Posts: 41
Joined: 24 Jul 2012, 14:21

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by liloterbang »

fahmi43 wrote:
liloterbang wrote:

topik yg debatable ..

kalo sy naik mobil/motor ke depan komplek buat ke warung sy cukup cek tangki bensin pas mau pergi aja tuh ....dan nggak lihat lihat spedometer lagi selama dijalan... hehehe...

Inti dari point-point sy diatas yaitu berusaha menyeimbangkan sisi safety dan sisi akomodasi sekaligus.

Kalo mau menekankan sisi safety-nya ya monggo ... tapi harus konsisten aja .... hehehe


Maaf nih, bukan bermaksud apa2, yg saya bold ini ciri2 sikap yang ga peduli sama safety, "cukup cek tangki bensin pas mau pergi aja" menggambarkan pre-flight-check asal2an, ga peduli safety diri sendiri apa lagi safety orang.

"nggak lihat lihat spedometer lagi selama dijalan" menggambarkan kalau udah terbang ya bodo amat, ga liat speed, galiat jarak, ga liat sisa batre :tdr

Dikata cuman dari komplek ke warung, naek motor ga liat speedometer, kalo ga berasa ngebut, ada anak orang asal lari ke tengah jalan, berabe toh.

"menyeimbangkan sisi safety dan sisi akomodasi sekaligus" mau safety ya harus safety, jangan setengah2. mau terbang deket kek, jauh kek, tinggi lah, rendah lah, safety itu tetap di utamakan. kalau faktor safety sudah terpenuhi, terbang dekat maupun jauh, tinggi maupun rendah, kan jadi nyaman dan aman.


Sorry nih sy kurang sependapat .... kita kan bicara soal OSD dianalogikan dgn spidometer ... bukan sikap tdk perduli, pre-check asal2an, dll...

... kalo kita naik motor/mobil dikomplek perumahan/jalan sempit, kita mengukur ngebut atau tidaknya kecepatan tidak dari melihat spidometer tapi lebih ke referensi visual disekitar kita
karena jalan2 yg sempit. Melihat speedometer berkali2 malah jd aneh dan berbahaya krn mengalihkan fokus ...bisa terlambat bereaksi kalo ada anak kecil tiba2 nyebrang jalan.
Lain halnya kalo jalan di raya/tol... spedometer jadi lebih penting..


Kembali ke soal safety, oke sepakat bahwa safety first ..

Sekarang kembali ke masalah OSD (GPS & battery monitoring) yg didebatkan, bgmn kalo divoting aja sbb :

1.> Apakah OSD monitoring battery wajib perlu utk semua grade FPV ? ya/tidak

2.> Apakah sistem monitoring battery wajib perlu utk non-FPV ? ya/tidak

3.> Apakah OSD-GPS wajib perlu untuk semua grade FPV ? ya/tidak

Silahkan pendapat forum bagaimana ?
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by BZ123456 »

No more comment...duduk manis nonton
User avatar
fahmi43
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 308
Joined: 09 Apr 2012, 20:03
Location: Depok

Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)

Post by fahmi43 »

liloterbang wrote:
Sorry nih sy kurang sependapat .... kita kan bicara soal OSD dianalogikan dgn spidometer ... bukan sikap tdk perduli, pre-check asal2an, dll...

... kalo kita naik motor/mobil dikomplek perumahan/jalan sempit, kita mengukur ngebut atau tidaknya kecepatan tidak dari melihat spidometer tapi lebih ke referensi visual disekitar kita
karena jalan2 yg sempit. Melihat speedometer berkali2 malah jd aneh dan berbahaya krn mengalihkan fokus ...bisa terlambat bereaksi kalo ada anak kecil tiba2 nyebrang jalan.
Lain halnya kalo jalan di raya/tol... spedometer jadi lebih penting..


Kembali ke soal safety, oke sepakat bahwa safety first ..

Sekarang kembali ke masalah OSD (GPS & battery monitoring) yg didebatkan, bgmn kalo divoting aja sbb :

1.> Apakah OSD monitoring battery wajib perlu utk semua grade FPV ? ya/tidak

2.> Apakah sistem monitoring battery wajib perlu utk non-FPV ? ya/tidak

3.> Apakah OSD-GPS wajib perlu untuk semua grade FPV ? ya/tidak

Silahkan pendapat forum bagaimana ?



hihihihi, iya kalo di gang ngebut dikit berasa, nah kalau di angkasa ga ada tembok di samping sebagai patokan, ngeliat ground sebagai patokan speed? ga akan bisa.

Ketawan banget deh belom pernah terbang FPV.

Dah ah, ikut dokter ben aja duduk manis sampil ngupi :gg
Post Reply