liloterbang wrote:Usul untuk menggolongkan/membagi FPV dlm beberapa grade dgn persyaratan minimalnya dan batasannya masing-masing (IMHO) :
-> Long range & high altitude FPV :
-> Harus pakai OSD dgn fasilitas GPS, pantauan voltase dan arus battery ...
-> Harus pakai RTH sebagai failsafer kalo lost control signal.
-> Harus pakai long range system utk TX/RX controlnya.
-> Baling-baling ada dibelakang.
-> (strongly recommended) dipasangi flash lamp dgn power tertentu (yg bisa dihidupkan via channel remote) spt pd pesawat betulan yg memudahkan spotting posisi pesawat dilangit kalo lost video signal.
-> Disepakati berat maksimum sekian ...(misalnya jgn sampai ada FPV-an dgn pesawat RC engine 100CC terbang diatas hunian)
-> Disepakati kecepatan maksimal sekian (misalnya jgn ada yg pake jet engine dg speed tinggi).
-> Disepakati ketinggian max sekian (untuk daerah tertentu) utk menghindari masuk jalur pesawat.
-> Pada badan pesawat ditempel metal sheet (misalnya brass sheet tipis) dg luas tertentu untuk memastikan bisa terdetek radar (krn pesawat terbuat dari non-metal) pesawat sipil demi safety.
-> Short range FPV :
-> OSD dan RTH tdk wajib
-> Ketinggian max = sekian (yg lebih rendah dr long range FPV)
-> Hanya boleh terbang sebatas area lapangan aeromodelling.
-> Short range and slow FPV (paraglider platform) :
-> OSD dan RTH tdk wajib
-> Boleh terbang diluar area lapangan aeromodelling.
-> Ketinggian max = sekian (yg lebih rendah dr long range FPV)
-> Baling2 harus dikandangin.
Point2 diatas hanya pendapat saya... mungkin ada point2 yg tdk tepat atau kurang .... CMIIW
tambah

