Memang benar kata pak ferry, sy suka terbang lama......kira2 8-10 menit dgn batt 2200.Dan biasa nya(yg lalu2) biarpun sy terbang lama batt klo di charge MAX masuk gak lebih dari 1500Amp (malahan sering cuman 1100 an loh). Tp yg bikin sy bingung adalah pada saat jatuh hari itu barusan terbang kurang dari 1 menit!
Dan yg jelas itu merek batt gak boleh dibeli lagi deh laen kali!!! percuman stickernya aja yg gede "C" nya tapi beban baru 17A full throttle aja dah kewalahan!!!
TrexZation wrote:OK memang benar batt nya problem,salah satu cell nya dah mulai mau tewas!
Pak ferry, dgn 4 cell, motor 3550kv pinion pake 11T kepanasan gak yah? Klo dikasih yg 13T apa gak tambah liar itu Trex nya?
Not allowed 4 cell with mtr more than 2800kv 11T pinion....it may produce crazy speed lets us count rpm for ur configuration : 14.8*3550/(150:11)=3851.9......better u don't do that!...it may burn ur ESC more than fried chicken....and the battery may damaged.....he..he!
OM fery gimana seting TREX supaya evisien di batery alias bisa dipake terbang gak cepet abis liponya dan ESC serta motor tetep adem,gak terlalu over panasnya
Iya om andre kalo itu yg dimaksud effisien menghilangkan panas di ESC dan motor dan bisa terbang agak lama....coba saja hitung rpm spt rumusan diatas dan dapatkan hasilnya kisaran 2500rpm kombinasikan penggantian KV motor atau pinion motor.......dgn hitungan rpm segitu akan mengorbankan sisi power yg didapat.....selamat mencoba.....
sptnya battery menjadi hal yg critical saya pake 2 merk battery ....yg satu 22C satunya 25c. yg 22c cpt bgt buntingnya padahal saya flight time selalu disiplin antara 5 s/d 8 minutes waktu baru battery saya break every 2 minutes battery yg satunya saya perlakukan sama sampai sekarang baik2 aja.......
nah satu lg yg 22C kalau malam saya charge full pas paginya saya mau terbang saya check ternyata kemampuannya sdh berkurang <saya lihat diindikator balancingnya berkurang dr lampu hijau ke orange> tp yg 25C gak begitu....any comments dr pr suhu?
yang 22c itu battery standard pak kebetulan wkt beli paket V2 sdh tmsk.....yg 25c itu flight power..., o ya sama saya mau tanya kalau crash yg namanya spindle mesti diganti gak sih krn sdh 3x jth pas dicek spindle just fine aj
Pak Sony, yang salah bukan battere tsb. Keduanya saya udah pernah coba (memang FP 25C lebih baik) dan sejauh ini oke aja, namun saya sendiri sekarang menggunakan 450SE V2. Yang saya lihat motor V2 adalah 3700Kv, sehingga memang spec tsb memerlukan Lipo yang lebih powerfull. Sehingga apabila Anda gunakan si Align 22C tentu aja lebih cepat bermasalah. Lain pada SE V1 yang motor masih 3550Kv masih lebih bersahabat dengan Lipo.
Saran saya untuk meringankan beban Lipo coba motor anda gunakan pinion yang lebih kecil sebagai misal 11T saja. Pasti nggak terlalu memberi beban pada Lipo. Saya aja pake V2 dengan Lipo FP 25C cuma sanggup 6 menit (full Throttle), itupun Lipo udah hangat banget dan cek tegangan cuma tinggal 10 Volt kisarannya, sehingga saya hanya mematok 5 menit demi keamanan Lipo.
Untuk Cek Spindle jangan dipatok berdasar jumlah crash pak Sony, tapi tiap crash langsung periksa. Ada cara mudah tanpa membongkar, cukup lepaskan Main Blade dari Holdernya, lalu gunakan kunci hex untuk memutar baut Hex pada Spindle (hanya putar, tidak usah dilepas). Jika Spindle bengkok maka kedua Blade Holder jika diperhatikan dengan mata akan bergerak berayun naik turun. Tapi kalo diputar bautnya dan Holder diam saja berarti Spindle oke.