Step by step modif CDR motor

Membahas brushless motor bikinan sendiri , rewinding motor BL , dll

Moderators: unding, coyo

Post Reply
User avatar
tedyBAT
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 439
Joined: 16 Oct 2007, 09:05
Location: Banjarmasin
Contact:

Re: Step by step modif CDR motor

Post by tedyBAT »

iwan21 wrote:Merubah komposisi magnet dari 12 jadi 6, maka kecepatan akan meningkat lipat 2 tanpe merubah gulungan..
Kalao cuman merubah gulungan, belum tentu langsung lipat 2 rpmnya

Betul Omm
tergantung teknik gulungan nya baik diameter, panjang kawat, banyak lilitan jenis kawat, cara melilitnya terminasi dan lain lain....kalo dijenis brusshed tergantung kerapatan lilitan, biasanya daya magnetnya jadi berkurang kalo kena gaya sentrifugal..
User avatar
joun
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2027
Joined: 12 Apr 2007, 15:46
Location: jember

Re: Step by step modif CDR motor

Post by joun »

Step magnet ... dulu ...
baru aku modif coilnya ... siap...siap,...siiipp
User avatar
abiazfa69
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 379
Joined: 03 Jun 2009, 12:00
Location: Banyuwangi
Contact:

Re: Step by step modif CDR motor

Post by abiazfa69 »

joun wrote:Step magnet ... dulu ...
baru aku modif coilnya ... siap...siap,...siiipp

Om Joun gimana hasil modif motor nya....?mungkin ada review...
saya sudah coba modif magnet 2409 dirubah menjadi 12magnet 6poles dengan coil menggunakan
kawat 0.4mm 18T delta esc 25A rencana prop 6x5....
kira-kira menurut penerawangan para suhu dan sesepuh gaero bagaimanakah hasil motor ini nantinya????
akankah motor ex heli(align/scorpion) bisa disalip kiri????
User avatar
tedyBAT
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 439
Joined: 16 Oct 2007, 09:05
Location: Banjarmasin
Contact:

Re: Step by step modif CDR motor

Post by tedyBAT »

abiazfa69 wrote:
joun wrote:Step magnet ... dulu ...
baru aku modif coilnya ... siap...siap,...siiipp

Om Joun gimana hasil modif motor nya....?mungkin ada review...
saya sudah coba modif magnet 2409 dirubah menjadi 12magnet 6poles dengan coil menggunakan
kawat 0.4mm 18T delta esc 25A rencana prop 6x5....
kira-kira menurut penerawangan para suhu dan sesepuh gaero bagaimanakah hasil motor ini nantinya????
akankah motor ex heli(align/scorpion) bisa disalip kiri????


Saran ..kalo mo kejar kv kurangin jumlah lilitannya mas..
Last edited by tedyBAT on 22 Mar 2010, 20:50, edited 1 time in total.
User avatar
abiazfa69
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 379
Joined: 03 Jun 2009, 12:00
Location: Banyuwangi
Contact:

Re: Step by step modif CDR motor

Post by abiazfa69 »

ok om akan aku coba kurangin...
klo 0,4 2strand 12T gimana om? ataukah cukup dengan 1strand aja 10T??
atau bagai mana komposisi yg paling pas utk kejar KV dan motor ga terlalu berat muter prop 6x5
klo perlu nanti prop jadi 5x5 aja...
User avatar
tedyBAT
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 439
Joined: 16 Oct 2007, 09:05
Location: Banjarmasin
Contact:

Re: Step by step modif CDR motor

Post by tedyBAT »

abiazfa69 wrote:ok om akan aku coba kurangin...
klo 0,4 2strand 12T gimana om? ataukah cukup dengan 1strand aja 10T??
atau bagai mana komposisi yg paling pas utk kejar KV dan motor ga terlalu berat muter prop 6x5
klo perlu nanti prop jadi 5x5 aja...

2 strand maksudnya 2 kwt ya...blum coba, logikanya klo 0,4 bisa masuk 18 L berarti berarti kalo 2 strand max bisa masuk 9 L
mestinya kv tinggi tapi khawatir overheat motornya, klo memaksa dan overheat, rubah teminasi jadi star....
selamat berekperimen...
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Step by step modif CDR motor

Post by iwan21 »

tedyBAT wrote:
abiazfa69 wrote:
joun wrote:Step magnet ... dulu ...
baru aku modif coilnya ... siap...siap,...siiipp

Om Joun gimana hasil modif motor nya....?mungkin ada review...
saya sudah coba modif magnet 2409 dirubah menjadi 12magnet 6poles dengan coil menggunakan
kawat 0.4mm 18T delta esc 25A rencana prop 6x5....
kira-kira menurut penerawangan para suhu dan sesepuh gaero bagaimanakah hasil motor ini nantinya????
akankah motor ex heli(align/scorpion) bisa disalip kiri????


Saran ..kalo mo kejar kv kurangin jumlah lilitannya mas..


Jangan lupa diameter kawatnya juga digedein/jumlah strand nya ditambah, kalo aslinya 4 mungkin bisa dijadiin 6.
Penting juga utk diinget, kita bukan cuman perlu kv tinggi utk ngebut, tapi juga power besar supaya si propeler muter pada rpm topnya
User avatar
joun
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2027
Joined: 12 Apr 2007, 15:46
Location: jember

Re: Step by step modif CDR motor

Post by joun »

Buueetttuuuulll Bang...

basic:
1. klo jumlah lilitan (coil) makin anyak maka gaya gerak listrik (GGL) yang dihasilkan makin besar
2. dia email makin gede perpotongan medan magnet makin yang dihasilan makin gede pula ....
TAPI PERLU JUGA JADI PERTIMBANGAN TENTANG BATERAI YGKITA MILIKI (internal capacity) dan Energy savenya (mAh)

WARNING...
1. bila bat kita misal 2200mAh dg 20C, maka
2. dia email jangan gede-gede cukup 0,25 saja (gulung sampai 8T) dengan gulungan bareng 8n(Resistant Internalnya nggak terlalu kecil, penyebat baterai hamil.... n jumlah gulungan jadi 16n... agar GGL yang di convert jadi medan magnet (MM) makin besar
dan mengurangi loosing Energy Baterai yang dirubah jadi panasnya motor

tentunya untukaplikas di plane perlu banget menentukan prop yg mo ditancapin... getho...kalee
dengan mengamati power analiser..

nulis parameter pake apa yaa...???
NGAPUNTEN SUHU... MURID RADA-RADA SOK TEU.. :oops: :oops: ](*,) ](*,)
User avatar
abiazfa69
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 379
Joined: 03 Jun 2009, 12:00
Location: Banyuwangi
Contact:

Re: Step by step modif CDR motor

Post by abiazfa69 »

tedyBAT wrote:
abiazfa69 wrote:ok om akan aku coba kurangin...
klo 0,4 2strand 12T gimana om? ataukah cukup dengan 1strand aja 10T??
atau bagai mana komposisi yg paling pas utk kejar KV dan motor ga terlalu berat muter prop 6x5
klo perlu nanti prop jadi 5x5 aja...

2 strand maksudnya 2 kwt ya...blum coba, logikanya klo 0,4 bisa masuk 18 L berarti berarti kalo 2 strand max bisa masuk 9 L
mestinya kv tinggi tapi khawatir overheat motornya, klo memaksa dan overheat, rubah teminasi jadi star....
selamat berekperimen...

ok2...mungkin saya tetep pake 0,4 aja cuma jumlah turn yg di rubah....
sementara di coba yg 18t..
trims info nya om tedy
User avatar
joun
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2027
Joined: 12 Apr 2007, 15:46
Location: jember

Re: Step by step modif CDR motor

Post by joun »

Bang ... aku coba terapin ...
dengan 3 perbandingan...
1. Magnet 12 bh dg coil ori (2408 standart)
2. Magnet 12 bh dg coil ori (2408 standart) prop 4,5x4,5
3. Magnet 6 bh dg coil ori (2408 standart) prop 4,5x4,5

Bat pertama dg ACCU kering 13,8V 7200mAh
dan kedua dg LIpo 11,1V 2145mAh 25C (4sell)

Image

ESC Align 35A w governor

Image
Post Reply