Page 7 of 23

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 22 Dec 2009, 13:32
by DIMAS
kula wrote:Tapi daku ingin minta pendapat dari para tetua n suhu n rekan2 disini yg mungkin pernah mengalami hal yg sama, mana yg lebih baik, menambah pemberat di ekor ataukah merubah wing incident.


Kalo bisa jangan nambah berat, lebih berat depan ga apa.
Utk inverted koreksi itu biasa, umumnya waktu inverted nambah stick down.

Tapi kalo mau coba setting incident.....coba aja diganjel di dudukan wing bagian belakang (di areal wing bolt) dan harus dicoba terbang lagi.....tambahan yg extrem aja supaya kerasa bedanya.

Utk intermediate lebih sedikit dan sederhana dibanding P09 (sekarang udah P11 = utk manuver th 2010 s/d 2011).

Salam...

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 22 Dec 2009, 14:28
by kula
sblm mencoba perubahan wing incident....
kira2 ada gambaran gak apa yg akan daku hadapi ?..

hehehe.. soalnya msh takut bgt nich, kan sayang kalo pswt impian masuk kantong kresek hanya krn coba coba trial n error...hehehe...

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 22 Dec 2009, 17:10
by DIMAS
kula wrote:sblm mencoba perubahan wing incident....
kira2 ada gambaran gak apa yg akan daku hadapi ?..

hehehe.. soalnya msh takut bgt nich, kan sayang kalo pswt impian masuk kantong kresek hanya krn coba coba trial n error...hehehe...


Terbang ga beda jauh, sama seperti semula, terasa waktu bikin maneuver2.
Misal :
inverted ----> naik atau turun.
climb up ----> kekiri, kekanan, ke arah canopy atau sebaliknya.

Memang pesawat patern biasanya ada setelan incident (di wing atau di elev) yg utk seting supaya pesawat cocok dengan Pilotnya.

salam...

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 22 Dec 2009, 20:53
by kula
Kalo gak salah di indo utk kelas intermediate ada pembatasan kapasitas engine ya ? Maksimal 90 2c atau 120 4c... Bener gak om dimas ?

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 23 Dec 2009, 10:00
by DIMAS
Klas intermediate biasanya di lombai'in oleh klub dan sekarang jarang/ga pernah utk lingkup nasional, jadi tergantung si penyelenggara.

Sedangkan utk heli intermediate aja boleh pake klas 0.90..... gimana tuh.....
Juga ada pesawat yg pake elektrik, sementara aturan ga disebut.....
Kita lagi mau coba usul utk penyempurnaan ke situ, karena sekarang di intermadiate udah boleh pake ukuran pesawat 2x2, tapi mesin masih dibatasin utk lingkup kejurnas.

salam...

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 23 Dec 2009, 10:59
by kula
mantappp... semoga usulan rekan2 pattern pilot didengarkan oleh FASI
tp kyknya kalo yg usul Om DImas pasti akan sangat didengarkan oleh FASI kok...

pertanyaan berikutnya : kalo mau di conversi ke elektrik, perlu motor dgn kekuatan brp watt & batere lipo brp cell & ESC minimal brp Amp ?

kalo kelas intermediate dah gak ada lagi, utk pemula spt daku gak ada kelas nya dong...hik...hik...jadi sunday flyer lagi aaakhhhh.....with pattern style tapinya...hehehe...

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 27 Dec 2009, 15:04
by DIMAS
Kebutulan di bengkel ada pasien yg mau pake tenaga Motor + batere.
Pesawat : Inspire, kalau pake engie yaitu klas .110cuin.

Akhirnya diputuskan pake spek ini :
Penggerak : Hyperion 4025
ESC : Hobbywing 80 Amp.
prop : E 18x10
Batere : 6 sel, 5000 mAh.

Image
Motor terpasang di firewall yg ringan tapi cukup kuat....

Image
ESC di simpen dibawah deck, tapi harus ada aliran udara supaya dingin ....

Image
Tempat batere disiapin supaya batere bisa digeser2 utk setting CG...

Image
Kalo udah ditutup cowl, ga ada bolongan2 karena mesin nonggol, rapih pih...

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 27 Dec 2009, 15:20
by DIMAS
Pesawat patern Inspire ini, utk elevator biasanya dipasang mati atau tidak bisa dilepas.
Konstruksi ini pasti bikin sulit waktu mau dibawa-bawa utk bertanding, apalagi kalau pake tranportasi udara.

Supaya ringkes, dimodif ala 2x2, elevator sistem copotable (bisa dicopot), jadi box body bisa kecil.

Image
elevator tampak dari bawah, supaya rapih kita pake servo ukuran mini, tapi torsi harus cukup.

Image
Tubing penyambung pake tubing carbon bekas tail tubing support.

Image
Supaya rapih, konstruksi dibikin seperti gambar, elevator agak masuk ke body.

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 27 Dec 2009, 15:29
by DIMAS
Dan kalau udah terpasang jadi seperti ini .....

Image
Elevator terpasang, tampak dari bawah.

Image
Elevator terpasang tampak dari atas.

Selamat memodif pesawat patern, supaya ringkes....
Salam...

Re: (Q) review Pesawat F3A

Posted: 27 Dec 2009, 17:34
by dino
=P~ =P~ =P~