Page 7 of 10

Posted: 07 Jan 2008, 14:04
by AgoesAurelz
Abi Ghiffa wrote:Wah Nambah lagi modifikator di kampung saya :D asik,..gak merasa sendiri lagi,..

Kapan-kapan mau adu WD sama Om Agus,..Ach....


Siap Graak Komendan! :)
Lapangan AURI Rembiga selalu siap menyambut seniornya "pulang kampung"...

Posted: 07 Jan 2008, 14:07
by iwan21
Augustinus Aurelius wrote:

1.) Tadi om Iwan bilang prop 5X5 bisa buat motor 5400kv..
Jadi seandainya prop 5x5 tsb dipasang di WD apa yg akan terjadi? Apakah WD tetap bisa lari kaya copet atau malah letoi terbangnya?

2.) Seandainya tetap pakai Mamba 5400kv dgn prop aslinya, tapi throttle hanya main di range 50% - 60% saja, apakah tetap bisa mengakibatkan motor/esc/batt rusak?

3.) Apakah propeller perlu dibalance juga? kayaknya kok rada-rada tracking sedikit... kalo diteruskan terbang dgn prop tracking apa yg terjadi?

Oya Kondisi WD saat ini udah saya perkuat siku-sikunya termasuk juga di bagian sayap... Prop dan tuas motor udah sy lem pake epoxy... kayaknya kondisi saat ini siap buat Stunt Mode... \:D/

Nb: Kecuali suhu nyaranin utuk tidak meneruskan "project gila" ini dgn alasan safety (motor,esc,batt meledux,dll) maka saya akan nurut dan bongkar ulang... (hiks hikss.. padahal aku cukup susah ngerjainnya..) #-o
Tapi tidak apa-apa, bagi saya ini adalah proses belajar, maka saya harus mendengarkan dan mengikuti saran-saran para senior supaya kerusakan dan bahaya bisa di hindari :)
Saya tunggu masukannya... :)


1. Malah loyo, karena prop kecil enggak cukup menghasilkan thrust utk WD yg drag nya gede, kecuali launch nya pake acara kayak lempar lembing mungkin bisa (mungkin sebab belom pernah ada yg coba he he hehe).

2. Bisa aja mainin throttle dikasih setengah kebawah aja, tapi siapa yg bisa jamin jempolnya enggak pengen coba2 full throtle saat adrenalin mengalir merasakan sensasi WD bisa ngebut ???, hayo....(apalagi itu ada pernyataan , "WD nya udah siap buat stunt mode...." he he he he...)

3. Utk rpm tinggi, sangat diperlukan prop yg balance, jangan sampe kejadian yg dialamin temen2 di MGT-2 terulang, motor inrunner 4200 kv dg prop 4x2,5 yg belum dibalance dipake ngebut, akibatnya sangat fatal yaitu shaft motor putus tus tus kayak digunting...hiksss..

Posted: 07 Jan 2008, 14:17
by iwan21
mestinya 2 hari dari sekarang udah ada flaig repotnya nih.. he he he he....

Posted: 07 Jan 2008, 14:18
by AgoesAurelz
Thanks Om Iwan... kalo dilihat dari foto itu kira-kira prop yg warna orange itu ukuran berapa om?
Tadi saya coba di lantai, daya dorongnya kurang/lebih sama dgn pake motor standard dgn prop aslinya..
kira-kira waktu terbang apakah max speed juga bakalan sama dgn memakai motor standard+prop aslinya pak? atau berangsur-angsur lebih cepat larinya...?

Posted: 07 Jan 2008, 14:29
by iwan21
speed ditentukan dua faktor yg berkaitan om :
1. ukuran pitch propeller
2. rpm propeler
makin besar picth dan rpm, maka diharapkan makin kenceng terbangya...kalo prop yg oranye saya enggak tau ukuran berapa pitchnya/susah ngukurnya .

tapi jangan lupa juga faktor karakter pesawat menentukan, sekenceng2nya WD ya segitu2 aja karena itu tadi , dragnya gede sebab karakternya kan slow flyer/traineer (sekenceng2nya copet lari, tetep masih lebih kenceng lari yg ngejar2.apalagi kalo yg ngejar naik motor harley hi hi hi hi hi...)

nah sekarang tinggal test aja langsung dilapangan, kalo di naikin throttle terasa dorongan anginnya dan motor anget2 aja, langsung aja lempar om..jangan ragu2 lagi he he he he he..

Posted: 07 Jan 2008, 15:22
by AgoesAurelz
Oke Om Iwan, Thanks buat masukannya.... memang ngga akan tau kalo belum dicoba...
Tadi iseng-iseng saya pakein 3cell li-po 2200... wah serasa pake turbo..hehehe, walaupun kecil propnya, terpaan anginnya kerasa sekali..
Tapi motornya langsung panas walaupun ngga ada semenit digeber...
Besok pagi kalo cuaca oke saya akan coba deh... dgn 2 li-po saya rasa lebih safe..

Oya Om.... apa kelebihan/kekurangan propeller yg ujungnya papas/rata dibanding dgn propeller yg lancip ujungnya?
(lihat pada foto WD saya: prop orange dgn prop asli WD)

Posted: 07 Jan 2008, 16:40
by iwan21
Augustinus Aurelius wrote:Tapi motornya langsung panas walaupun ngga ada semenit digeber...
Besok pagi kalo cuaca oke saya akan coba deh... dgn 2 li-po saya rasa lebih safe..

Oya Om.... apa kelebihan/kekurangan propeller yg ujungnya papas/rata dibanding dgn propeller yg lancip ujungnya?
(lihat pada foto WD saya: prop orange dgn prop asli WD)


He he he...emang tidak disarankan test statik lama2 om, cukup asal motor muter aja testnya, beda kalo udah terbang dimana seluruh pesawat bergerak maju maka beban dipropeller akan turun tidak sebesar saat statik.

Utk kelebihan / kekurangan prop ujung rata dan lancip, wah ini udah teoretikal sekali dan saya enggak nguasai sampe sini, tapi secara umum katanya ini berkaitan dg efisiensi prop, berhubungan dg rpm, distribusi lift dan drag, angle of attack.. dll yg bikin puyeng kalo dibaca teorinya he he hehe

Posted: 07 Jan 2008, 17:00
by tedyBAT
biar gak puyeng test aja besokk (hayoooo udah gak sabar nihh)

jangan banyak baca teory soalnya teory gravitasi itu ada setelah apple jatuh duluan bukan bikin teory trus jatuhin apple = terbangin dulu kalo jatuh dicari teory sama solusinya...heheheheh :twisted: :evil: :rant: :rules: :smt023 :antismile:

hahahahha .......(menghasut mode on)

Posted: 07 Jan 2008, 17:11
by Ratno
iwan21

Utk kelebihan / kekurangan prop ujung rata dan lancip, wah ini udah teoretikal sekali dan saya enggak nguasai sampe sini, tapi secara umum katanya ini berkaitan dg efisiensi prop, berhubungan dg rpm, distribusi lift dan drag, angle of attack.. dll yg bikin puyeng kalo dibaca teorinya he he hehe

waduhhhh...... pak suhu jangan sampe PUYENG donk.....

Posted: 07 Jan 2008, 18:40
by AgoesAurelz
Kalo saya lihat di blade heli hampir semua tidak ada yg selancip ujung propeller fixedwing... (maaf ini hanya sekedar komparasi saja)
Apa mungkin ujung propeller yg papas/rata akan lebih besar daya dorongnya ya? Apakah ada pesawat yg pake propeller dgn ujung papas?