
DISKUSI : Dynam SBach 342 EPO PNP 1250mm (Sayonara...)
Forum rules
Mohon perhatian !!
1. Ini room untuk mendiskusikan produk2 pesawat RC , bukan promosi produk ..
2. HS ( pemilik , sales, makelar ) dilarang mempromosikan / mendiskusikan barang dagangannya di room ini .
3. Dilarang mengadakan transaksi jual beli disini
4. Admin/ Moderator berhak mengedit , menghapus postingan / thread yang dianggap tidak sesuai .
5. Member yang melanggar aturan main akan dibanned .
Peraturan akan direvisi sewaktu waktu bilamana perlu .
Mohon perhatian !!
1. Ini room untuk mendiskusikan produk2 pesawat RC , bukan promosi produk ..
2. HS ( pemilik , sales, makelar ) dilarang mempromosikan / mendiskusikan barang dagangannya di room ini .
3. Dilarang mengadakan transaksi jual beli disini
4. Admin/ Moderator berhak mengedit , menghapus postingan / thread yang dianggap tidak sesuai .
5. Member yang melanggar aturan main akan dibanned .
Peraturan akan direvisi sewaktu waktu bilamana perlu .
- topankaltim
- Senior Master Sergeant
- Posts: 672
- Joined: 20 Mar 2011, 18:47
- Location: Yogyakarta, Jakarta
Re: REVIEW Dynam SBach 342 EPO PNP 1250mm
foto yang nyangkut di rumput sebelah runway mana Om..? 

- KBSantoso
- First Lieutenant
- Posts: 1444
- Joined: 09 May 2010, 21:56
- Location: Semarang
- Contact:
Re: REVIEW Dynam SBach 342 EPO PNP 1250mm
topankaltim wrote:foto yang nyangkut di rumput sebelah runway mana Om..?
Yang itu termasuk terbang funfly om, bukan untuk review...

Ceritanya itu landing gear habis jebol dudukannya, jadi nyari aman didaratin di rumput aja, supaya bisa terbang lagi.
Penerbangan terakhir (tdk terdokumentasi) dicoba mendarat ternyata kurang kuat, jebol lagi...

- KBSantoso
- First Lieutenant
- Posts: 1444
- Joined: 09 May 2010, 21:56
- Location: Semarang
- Contact:
Re: DISKUSI : Dynam SBach 342 EPO PNP 1250mm
Akibat hard landing,...dudukan main LG Sbach jebol.....

Supaya ngga kejadian jebol lagi (udah 2 kali), dimodif sedikit dudukannya dengan menambahkan 2 potong kayu dijepit di antara celah fuselage...(dikerjakan oleh suhu Bento212)...

Sore ini mau ditest terbang dengan Lipo 4S...
Bagaimana kira-kira powernya ya....

Supaya ngga kejadian jebol lagi (udah 2 kali), dimodif sedikit dudukannya dengan menambahkan 2 potong kayu dijepit di antara celah fuselage...(dikerjakan oleh suhu Bento212)...

Sore ini mau ditest terbang dengan Lipo 4S...
Bagaimana kira-kira powernya ya....

- wasiardhi
- Captain
- Posts: 1655
- Joined: 07 Apr 2010, 11:00
- Location: Semarang
- Contact:
Re: DISKUSI : Dynam SBach 342 EPO PNP 1250mm
mnatab...!!!
monitor dari jauh dulu ya om kbs,
nanti malam saya mau lihat langsung ya..?
monitor dari jauh dulu ya om kbs,
nanti malam saya mau lihat langsung ya..?
- KBSantoso
- First Lieutenant
- Posts: 1444
- Joined: 09 May 2010, 21:56
- Location: Semarang
- Contact:
Re: DISKUSI : Dynam SBach 342 EPO PNP 1250mm
wasiardhi wrote:mnatab...!!!
monitor dari jauh dulu ya om kbs,
nanti malam saya mau lihat langsung ya..?
Oke, udah tau alamat saya? Nanti sy sms aja ya...

- KBSantoso
- First Lieutenant
- Posts: 1444
- Joined: 09 May 2010, 21:56
- Location: Semarang
- Contact:
Test Flight : Dynam SBach 342 EPO PNP 1250mm Lipo 4S
Perkenankan saya memposting hasil tes terbang tadi sore menggunakan Lipo 4S.
Ditemani oleh menkeu dan putri kecilku....
Berikut foto-fotonya
Persiapan,....kali ini menggunakan Lipo 4S Turnigy Nanotech 2200mAh 35C.

Pengecekan sekrup control rod...

Ga mau kalah sama pesawat,...si kecil minta difoto juga....

Pose dulu ah....

Karena yg fotoin menkeu, jadinya dari shelter aja....takut item...

Ini video terbangnya, maafkan gaya terbang saya yang pecicilan dan amburadul, namanya juga nubie...
Power sangat berlebih,...dicoba menanjak vertikal sangat cepat...
Kondisi angin sangat kencang, posisi windshock kira-kira 80 derajat (hampir mendatar), arah 90 derajat terhadap runway.
Namun dengan power dari batere 4S, jadi ga terasa...
Coba berbagai manuver : Knife edge, stall turn, continous roll, vertical climb, inverted sangat terasa powernya...
Setelah terbang, hasilnya....
Crash,....penyebab ga diketahui, tapi curiganya glitching,...ada videonya nanti...
Pesawat lagi nose in, bank ke kiri, setelah level, tiba-tiba bank ke kanan dan langsung menukik tanpa bisa recover...
Sebelum menghunjam tanah, sempat cut throttle...
Namun prop masih terlihat berputar ketika pesawat dievakuasi...canopi terlepas...
Langsung cabut batere yg sudah terlepas dari tempatnya.
Setelah mengamati, kerusakan cuma cowl yang pecah...
Prop agak bengkok sedikit,...dudukan sayap bergeser, tapi sayap aman (berkat lapisan stiker).
Dudukan roda yang baru cukup kuat, karena sebelum crash dicoba hard landing dan ternyata roda masih pada tempatnya...
Tapi pada saat cek servo rudder, ternyata gearnya jebol,...harus diganti.
Berikut foto setelah crash....

Ditemani oleh menkeu dan putri kecilku....
Berikut foto-fotonya
Persiapan,....kali ini menggunakan Lipo 4S Turnigy Nanotech 2200mAh 35C.

Pengecekan sekrup control rod...

Ga mau kalah sama pesawat,...si kecil minta difoto juga....

Pose dulu ah....

Karena yg fotoin menkeu, jadinya dari shelter aja....takut item...

Ini video terbangnya, maafkan gaya terbang saya yang pecicilan dan amburadul, namanya juga nubie...
Power sangat berlebih,...dicoba menanjak vertikal sangat cepat...
Kondisi angin sangat kencang, posisi windshock kira-kira 80 derajat (hampir mendatar), arah 90 derajat terhadap runway.
Namun dengan power dari batere 4S, jadi ga terasa...
Coba berbagai manuver : Knife edge, stall turn, continous roll, vertical climb, inverted sangat terasa powernya...
Setelah terbang, hasilnya....
Crash,....penyebab ga diketahui, tapi curiganya glitching,...ada videonya nanti...
Pesawat lagi nose in, bank ke kiri, setelah level, tiba-tiba bank ke kanan dan langsung menukik tanpa bisa recover...
Sebelum menghunjam tanah, sempat cut throttle...
Namun prop masih terlihat berputar ketika pesawat dievakuasi...canopi terlepas...
Langsung cabut batere yg sudah terlepas dari tempatnya.
Setelah mengamati, kerusakan cuma cowl yang pecah...
Prop agak bengkok sedikit,...dudukan sayap bergeser, tapi sayap aman (berkat lapisan stiker).
Dudukan roda yang baru cukup kuat, karena sebelum crash dicoba hard landing dan ternyata roda masih pada tempatnya...
Tapi pada saat cek servo rudder, ternyata gearnya jebol,...harus diganti.
Berikut foto setelah crash....

Last edited by KBSantoso on 12 Jul 2012, 10:02, edited 2 times in total.
- herjuno
- Technical Sergeant
- Posts: 300
- Joined: 24 Aug 2011, 09:39
- Location: depok - tembalang, semarang
Re: DISKUSI : Dynam SBach 342 EPO PNP 1250mm
aduuuuuh sayaaang bgt om...
dtunggu y om videony...
dtunggu y om videony...
- Bodyguard
- Captain
- Posts: 1736
- Joined: 29 Nov 2011, 18:39
- Location: Tabongo-Gorontalo
Re: DISKUSI : Dynam SBach 342 EPO PNP 1250mm
Waduuh...syang si mbah harus crashh om...trus gimana nasibnya skrg om KB...???
- KBSantoso
- First Lieutenant
- Posts: 1444
- Joined: 09 May 2010, 21:56
- Location: Semarang
- Contact:
Re: DISKUSI : Dynam SBach 342 EPO PNP 1250mm
Video sudah saya upload dan ditampilkan di postingan sebelumnya...
Kalau melihat pada time 4:23 saya merasa bingung, kenapa tiba-tiba pesawat bank ke kanan dan nukik tanpa ampun....menghantam tanah dengan keras...
Gerakan recover pada stick tidak bereaksi...
Sewaktu dievakuasi, motor masih berputar, padahal posisi throttle stick zero, dan servo mengerik...
Sebelumnya juga pernah terjadi pada posisi yang sama (nose in), untung masih bisa recover lagi...
Tapi yang tadi sore memang begitu cepat kejadiannya...
Setelah share dengan teman, ternyata banyak yang mengalami kejadian seperti itu, di spot yang berdekatan..
Namun ini bisa jadi pelajaran berharga untuk memperbaiki posisi Rx+satelitnya....
Jangan pernah kapok untuk terbang.....
Kalau melihat pada time 4:23 saya merasa bingung, kenapa tiba-tiba pesawat bank ke kanan dan nukik tanpa ampun....menghantam tanah dengan keras...
Gerakan recover pada stick tidak bereaksi...
Sewaktu dievakuasi, motor masih berputar, padahal posisi throttle stick zero, dan servo mengerik...
Sebelumnya juga pernah terjadi pada posisi yang sama (nose in), untung masih bisa recover lagi...
Tapi yang tadi sore memang begitu cepat kejadiannya...
Setelah share dengan teman, ternyata banyak yang mengalami kejadian seperti itu, di spot yang berdekatan..
Namun ini bisa jadi pelajaran berharga untuk memperbaiki posisi Rx+satelitnya....
Jangan pernah kapok untuk terbang.....
- KBSantoso
- First Lieutenant
- Posts: 1444
- Joined: 09 May 2010, 21:56
- Location: Semarang
- Contact:
After the Crash
herjuno wrote:aduuuuuh sayaaang bgt om...
dtunggu y om videony...
Kalo sayang, sih sayang..., tapi begitulah aero. Ngga ada yang sempurna.
Bodyguard wrote:Waduuh...syang si mbah harus crashh om...trus gimana nasibnya skrg om KB...???
Nasibnya Simbah lagi nunggu cowl baru dan servo metal gear buat rudder...