Eksperimen OS .25 dgn gasoline (merged thread Hery_S n WR )

Kepala cenat cenut , sering menghayal , melamun , berhalusinasi , kebanyakan ide ??? Daripada kesambet , lebih baik tuangkan ide Anda disini

Moderators: toto, justinus, christoffel, rachmatjeny

Post Reply
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by toto »

om suhu pa'lik budiman selanjutnya gimana terusan terhadap ramuan diatas tadi, ayo dong jangan digantung bikin penasaran saja deh ...... :whoaa

salam
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by Wind Raider »

Budiman wrote:Mohon maap...bukan maksud saya membuat Pak WR jadi tambah mumet..nanti malah gagal proyek Alfa Edisson ini... :ha3 ..

hahaha .... ndak apa apa pak ...
lebih baik mumet di darat daripada mumet diudara ...
Setelah saya renungkan sambil ngercharge lipo.... ; saya menarik kesimpulan sementara( atau malah mengulur ya ? ) buat saya sendiri .
Tapi Anda boleh mengomentarinya ... malah itu yg saya harapkan .

Ini kesimpulan saya dari diskusi part II :

Alangkah baiknya kalau mesin glow 2 tak , diberi sistem pengapian tersendiri ( terlepas dari fuel nya mau metanol atau dikonversi pakai gasoline ) .
Dengan demikian pembakaran akan lebih sempurna , transisi idle ke WOT mulus .... no dead stick ..
Yang paling baik ya mengunakan smart glow driver seperti yang dikemukakan pakdhe Toto .
Kalau pakdhe sempat mohon dijelaskan lebih mendetil lagi cara kerjanya ... :thx

Jadi setelah mengalami multiple effect ; pro n cons dari diskusi ini ; saya akan mencoba membuat sistem pengapian sederhana ...
Sementara ini lagi ngorder komponen2 yang diperlukan
Mohon petunjuk , nasehat , kritik dan petuah dari rekan2 semua ...
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by Wind Raider »

btw , saya sendiri juga penasaran akan kemanakah arah diskusi ini .
Apakah diskusi ini akan mengarah ke hal2 yang bermanfaat / applicable ??? :htg
Well , mari kita lihat sama2 nantinya ..
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by christoffel »

Wind Raider wrote:Alangkah baiknya kalau mesin glow 2 tak , diberi sistem pengapian tersendiri (terlepas dari fuel nya mau metanol atau dikonversi pakai gasoline ) .
Dengan demikian pembakaran akan lebih sempurna , transisi idle ke WOT mulus .... no dead stick ..

yes, of course om win ...
cuman pengapian=spark, berarti glow-plug nya harus diganti spark-plug. karena glow tidak untuk timing ...
desain mesin dg glow-plug memang dimaksudkan supaya simple. paling gampang, minta tolong suhu su-31 / suhu toto untuk coba di engine nya yg sudah terpasang pengapian dan busi. (yg dicoba kan bensin, belum dicoba kalau tetap pake methanol ...)

Wind Raider wrote:Yang paling baik ya mengunakan smart glow driver seperti yang dikemukakan pakdhe Toto .
Kalau pakdhe sempat mohon dijelaskan lebih mendetil lagi cara kerjanya ... :thx

cara kerjanya, unit control memberikan arus ke glow-plug apabila signal throtle dibawah nilai tertentu yg sudah di set sebelumnya. intinya adalah membuat "on" glow-plug apabila throtle nya rendah.
asumsinya karena ledakan terjadi dg interval yg jauh, bara pada kawat nikelin jadi kurang sehingga pembakaran jadi kurang sempurna.
Hemat saya, kalau engine di break-in dg benar, dan di setting dg benar juga, nggak pernah ada masalah saat idle. engine saya (umumnya OS32FX) nggak pernah tersedak saat tiba2 WOT walaupun di idle 5 menit sekalipun, padahal itu dg bbm tanpa nitro. Tapi memang kalau dibantu glow-plug "on" setelan spuyer idle bisa ditutup lagi 2 click dan mesin jadi lebih kontan ...

Wind Raider wrote:Jadi setelah mengalami multiple effect ; pro n cons dari diskusi ini ; saya akan mencoba membuat sistem pengapian sederhana ...

jadi maksudnya gimana suhu ...
pengapian yg bagaimana nich ...

nb:
CDI : Capasitive Discharge Ignation ==> menggunakan capasitor dg tegangan lebih tinggi. prinsip kejanya sama seperti setrum nyamuk electric.
Electronic Ignater : menggunakan circuit electronic sebagai pengganti platina. belum tentu CDI.
keduanya digunakan pada spark-plug, bukan untuk glow-plug, dan perlu sensor timing ...
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by Wind Raider »

christoffel wrote:
Wind Raider wrote:Jadi setelah mengalami multiple effect ; pro n cons dari diskusi ini ; saya akan mencoba membuat sistem pengapian sederhana ...

jadi maksudnya gimana suhu ...
pengapian yg bagaimana nich ...

nb:
CDI : Capasitive Discharge Ignation ==> menggunakan capasitor dg tegangan lebih tinggi. prinsip kejanya sama seperti setrum nyamuk electric.
Electronic Ignater : menggunakan circuit electronic sebagai pengganti platina. belum tentu CDI.
keduanya digunakan pada spark-plug, bukan untuk glow-plug, dan perlu sensor timing ...


hmmm ... maksud saya , waktu putaran mendekati TDC glow plug di ON kan .
Jadi saya pasang sensor ; begitu sinyal diterima , maka glow plug di ON kan
Setelah melalui titik TDC , maka glow plug di OFF kan .
Ini kira2 saja , yang pasti harus diatur timing agar tepat ...
Gimana pak , kalau begitu ??


Saya rasa kalau terlalu ribet , mahal diongkos ; alias realistis tapi tidak minimalis ; maka experimen ini menjadi tidak berguna .
Masih mending langsung beli engine gasoline ..
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by christoffel »

hmmm ... ini artinya om win mau pake timing pada glow-plug ya ...
masalahnya begini, glow plug ini kan akan membara bila diberi arus, tapi membaranya kan tidak kontan. saya nggak tau berapa detik delaynya, tapi seingat saya cukup lambat.
kalau ambil contoh rpm idle 1800 rpm saja, berarti 30 rotation per second alias 1/30 detik untuk 360 derajat.
lha kalau reaksi membaranya saja baru muncul 1 detik kemudian, bukankah sia2 kita kasih timing ?
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by christoffel »

ok, tujuan om win kan mau pake bensin, tetap pake glow seperti yg dilakukan om justinus, tapi harus ada perbaikan di sisi timing agar sudut ledakannya baik seperti punya om su-31 ...

pada dasarnya, mesin glow menggunakan prinsip self-ignating, ledakan terjadi pada tekanan tertentu ... ini sebabnya mesin glow tidak perlu timing dari luar ...

jadi bagaimana kalau dibuatkan setelan kompresi saja seperti pada engine diesel yg pake eter dulu ...
dg begini kan bisa di geser sudut ledakannya ...
kalau tidak salah menurut om justinus ledakannya terjadi terlalu dini, berarti ruang bakar perlu diperbesar ?
kalau perlu ditambahin beberapa shim pada cylinder head ?
ini sekedar ide saya saja lho ...
Last edited by christoffel on 22 Apr 2011, 00:41, edited 1 time in total.
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by Wind Raider »

christoffel wrote:hmmm ... ini artinya om win mau pake timing pada glow-plug ya ...
masalahnya begini, glow plug ini kan akan membara bila diberi arus, tapi membaranya kan tidak kontan. saya nggak tau berapa detik delaynya, tapi seingat saya cukup lambat.
kalau ambil contoh rpm idle 1800 rpm saja, berarti 30 rotation per second alias 1/30 detik untuk 360 derajat.
lha kalau reaksi membaranya saja baru muncul 1 detik kemudian, bukankah sia2 kita kasih timing ?


nah itu juga yang saya pikirkan ... :?
apakah sistem yang saya ajukan mungkin hanya berfungsi sebagai "assited " artinya cuman bantuan untuk menambah pijaran ...
artinya memastikan secara periodik bahwa pada waktu tdc , glow plug akan terbantu ...
mungkin mirip sistem pwm pada kontrol motor brushed .
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by Wind Raider »

christoffel wrote:ok, tujuan om win kan mau pake bensin, tetap pake glow seperti yg dilakukan om justinus, tapi harus ada perbaikan di sisi timing agar sudut ledakannya baik seperti punya om su-31 ...
bagaimana kalau dibuatkan setelan kompresi saja seperti pada engine diesel yg pake eter dulu ...
dg begini kan bisa di geser sudut ledakannya ...
ini sekedar ide saya saja lho ...


tujuannya agar bisa pakai fuel bensin ; juga bisa dipakai utk fuel metanol pak .
wah untuk ke diesel belum terpikirkan ..
tapi ini ide yang bagus ...
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by christoffel »

lha bukannya glow engine ini sistem kerjanya sudah separuh diesel suhu ...
Post Reply