Page 8 of 12
Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Posted: 20 Oct 2010, 01:30
by Budiman
Berdasarkan video di atas, ada beberapa hal yang perlu dicermati,yaitu :
1.Tingkat kekencangan belt tidak disebutkan harus bagaimana, karena jika asal main tarik tail boom,memang belt akan menjadi tight, tapi jika terlalu tight, ini akan memberikan beban juga bagi motor.
2.Ber-kali2 disebutkan bahwa tail blade membentuk pitch 0 deg pada saat horn servo rudder membentuk sudut 90 deg.Saya kurang sependapat dg hal ini. Logikanya,ini berkaitan dg penentuan neutral point pd rudder control, dg tail rotor membentuk sudut 0 deg, dan pada saat yg bersamaan main blade mulai berputar dan menghasilkan torque yg berlawanan arah,maka tidak akan ada hembusan angin yg dihasilkan oleh tail rotor dg pitch 0 deg, yg mana justru hembusan tersebut digunakan utk mempertahankan tail heli utk tidak terbanting.Dengan kata lain, pada saat penentuan neutral point, rotor blade seharusnya justru membentuk sudut sekian derajat, bukannya 0 deg.
3.Tidak ada demo pembuktian dr tutorial yg dibawakan..
salam,
Budiman
Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Posted: 18 Jan 2011, 19:29
by andreansyah

memang pa budiman paling good lah selalu berbagi pengalaman sangat bearti buat pemula semua termasuk sy ini ditunggu pengalaman lainnya pa

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Posted: 19 Jan 2011, 08:17
by rickyaditya
Budiman wrote:2.Ber-kali2 disebutkan bahwa tail blade membentuk pitch 0 deg pada saat horn servo rudder membentuk sudut 90 deg.Saya kurang sependapat dg hal ini. Logikanya,ini berkaitan dg penentuan neutral point pd rudder control, dg tail rotor membentuk sudut 0 deg, dan pada saat yg bersamaan main blade mulai berputar dan menghasilkan torque yg berlawanan arah,maka tidak akan ada hembusan angin yg dihasilkan oleh tail rotor dg pitch 0 deg, yg mana justru hembusan tersebut digunakan utk mempertahankan tail heli utk tidak terbanting.Dengan kata lain, pada saat penentuan neutral point, rotor blade seharusnya justru membentuk sudut sekian derajat, bukannya 0 deg.
Sbenernya saya sependapat dgn mas bud.
Tapi setelah saya tinjau lebih lanjut. bukannya nanti waktu blade mulai berputar, dan menghasilkan torsi, gyro yg akan menghandle (melawan torsi tsb) dgn menggerakkan servo rudder?
Soalnya netral point rudder saya di 0 deg tail pitch om. Dan memang waktu hover sudah tidak ada gejala drift.
tambahan
cara saya mencari netral point rudder. (mas bud tolong koreksi jika cara saya salah)
servo rudder colok ke rx lgs, setelah tau netralnya, saya pasang horn dgn ball link membentuk 90deg (kurang lebihnya)
servo colok ke gyro. Gyro dipasang pada mode normal (non HH). Nyalakan rx.
tail blade saya lipat sehingga kedua ujungnya pada 1 arah. Nah disini klo kedua bilah t. blade belum sejajar saya mainkan linkage atau memaju - mundurkan servo mount. sampe sejajar tail bladenya.
Klo sudah tes terbang, tidak lupa mengaktifkan HH gyro (sense > 50%)
Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Posted: 19 Jan 2011, 09:58
by Budiman
Mas rickyaditya,
Dengan cara yang Anda pergunakan..saat main blade mulai berputar, bagaimana kondisi helikopter?...tail tetap diam ato sebaliknya?..ini sebelum helikopter bener2 take-off ya..
Setiap produk heli memiliki penentuan neutral point yg berbeda antara satu dengan yg lain, memang saya akui ,pada helicopter 450 EP tidak perna disebutkan dengan jelas bagaimana menentukan neutral point utk rudder's control ini...namun pada beberapa produk heli Engine, seperti Hirobo Sceadu Evolution 50, ternyata memiliki perbedaan dengan produk ALIGN, yg sama kelas yaitu T-Rex 600 Nitro series...
Ini sekedar informasi buat Anda...agar Anda juga waspada terhadap hal ini...

Bisa jadi trik , yg disebutkan dlm video tersebut merupakan short cut dari prosedur penentuan nuetral point untuk helikopter secara umum..karena saya selama ini tidak perna menerapkan trik tersebut...
Tapi daripada menjadi perdebatan yg tidak berujung...

..maaf...

...jika trik ini mampu untuk mengatasi masalah Anda..ya silahkan untuk diterapkan ...toh yang penting masalah teratasi..bener gak,Mas?...

...
Jadi saya tidak bisa mengkoreksi prosedur yang Anda jalankan tsb...yang penting happy,Mas..hehehehehhe
salam,
budiman
Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Posted: 19 Jan 2011, 11:26
by sahid
Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Posted: 19 Jan 2011, 11:57
by rickyaditya
Budiman wrote:Mas rickyaditya,
Dengan cara yang Anda pergunakan..saat main blade mulai berputar, bagaimana kondisi helikopter?...tail tetap diam ato sebaliknya?..ini sebelum helikopter bener2 take-off ya..
....
salam,
budiman
Kalo pake gyro seadanya, dan landing skid tanpa rubber nut, take off di lantai buntutnya pasti gerak, orientasi tail in, bisa jadi side in. Kita harus counter

Kalo pake 450pro super combo dan juga landing skid tanpa rubber nut ekornya tetep diam
siap
Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Posted: 19 Jan 2011, 12:04
by Budiman
Mas rickyaditya,
Sudah perna coba dengan GY 401 dan 9254?...

...
salam,
budiman
Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Posted: 19 Jan 2011, 12:38
by sahid
rickyaditya wrote:Kalo pake gyro seadanya, dan landing skid tanpa
rubber nut, take off di lantai buntutnya pasti gerak, orientasi tail in, bisa jadi side in. Kita harus counter

Kalo pake 450pro super combo dan juga landing skid
tanpa rubber nut ekornya tetep diam
siap
ketahuan khan kalo rubber g' sama dg gyro wk...wk....

Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Posted: 19 Jan 2011, 17:29
by rickyaditya
Budiman wrote:Mas rickyaditya,
Sudah perna coba dengan GY 401 dan 9254?...

...
salam,
budiman
Blm, pingin nyoba jg sebenrnya.
Soalnya di forum luar perdebatan pasangan ini dgn pasangan align seru banget.
Secara hrg hampir sama.
Menurut mas bud sama om sahid gimana?
Klo ak jujur lebih seneng Futaba karena kemudahan settingnya dibanding GP
Re: Gyro dan setting tail (ulasan secara umum,non teknikal)
Posted: 19 Jan 2011, 17:57
by Budiman
rickyaditya wrote:Budiman wrote:Mas rickyaditya,
Sudah perna coba dengan GY 401 dan 9254?...

...
salam,
budiman
Blm, pingin nyoba jg sebenrnya.
Soalnya di forum luar perdebatan pasangan ini dgn pasangan align seru banget.
Secara hrg hampir sama.
Menurut mas bud sama om sahid gimana?
Klo ak jujur lebih seneng Futaba karena kemudahan settingnya dibanding GP
Kalo soal urusan rudder..saya pribadi lebih percaya kepada FUTABA...

..
memang terbukti lebih reliable buat saya...performancenya pun tidak perna mengecewakan...
salam,
budiman