Page 8 of 9
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 07 Aug 2011, 09:42
by abiazfa69
iwan21 wrote:kalo diatas dikit gitu rasanya cukup
tadi pagi di test maiden.... hasilnya ... hidung maunya nunduk terus bisa di cover pake elevator..
tapi mesti bank ke kanan... apa mungkin karena kurang side thrust ya suhu... soal nya ini belum pake sidethrust.....
Mohon pecerahan dari suhu2 sekalian

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 07 Aug 2011, 12:02
by christoffel
mas abiazfa69 ...
dicoba aja mas, begini ...
- pesawat ditrim hingga terbang level dg separuh throtle.
- throtle di buka max, perhatikan pesawatnya, apakah naik atau menukik. kalau naik artinya kurang downthrust. kalau turun artinya kebanyakan down thrust.
untuk right thrust, nyobanya waktu take off. full throtle kemudian di-up. kalau naiknya cenderung kekiri artinya kurang right thrust. dan sebaliknya ...
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 07 Aug 2011, 12:35
by abiazfa69
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 07 Aug 2011, 12:48
by christoffel
ok. berarti terlalu banya downthrust. kalo lihat posisi motornya, lebih cenderung dibelakang dari pada diatas CG. jadi untuk ngurangin down thrust motornya malah harus radha ngangkat keatas (dilihat dari depan).
perlu diingat : downthrust dan right thrust hanya untuk mengkoreksi gangguan kestabilan yg di timbulkan oleh motor+propeller (thrust) saja. jadi pesawat sudah harus mampu terbang stabil pada saat glide tanpa motor hidup.
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 07 Aug 2011, 12:57
by abiazfa69
makasih Om Chris.. sya coba betulin dudukan motor nya

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 29 Feb 2012, 10:31
by threadsetter
salam kenal buat rekan2 dimari
sebelumnya ane juga rada heran dengan posisi motor di pes wing tiger ane..
ane coba lurusin kedudukan motornya.. tapi setelah nanya2 dan baca dimari, langsung ane kembalikan ke posisi semula
untung belum sempat terbang

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 29 Feb 2012, 12:41
by Adilgun
christoffel wrote:mas abiazfa69 ...
dicoba aja mas, begini ...
- pesawat ditrim hingga terbang level dg separuh throtle.
- throtle di buka max, perhatikan pesawatnya, apakah naik atau menukik. kalau naik artinya kurang downthrust. kalau turun artinya kebanyakan down thrust.
untuk right thrust, nyobanya waktu take off. full throtle kemudian di-up. kalau naiknya cenderung kekiri artinya kurang right thrust. dan sebaliknya ...
suhu chris, mo tanya..
pesawat saya piper j homemade....ketika takeoff melintir ke kekiri, brarti kurang right thrust ya...?
terimakasih
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 29 Feb 2012, 14:25
by christoffel
biasanya begitu om.
right thrust itu hanya untuk kompensasi momen puntir motor/engine saja.
jadi kalau motor/engine di matikan/idle, pesawat harus bisa terbang lurus.
kalau ini sudah oke, baru utak atik right thrust / down thrust ...
kalau pada posisi motor/engine mati/idle pesawat tidak bisa lurus, berarti yg salah bukan right thrust nya tapi memang pesawatnya belum oke ...
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 01 Mar 2012, 09:05
by DIMAS
Nambahin dikit om,
Mungkin ini bisa untuk pertimbangan juga, di halaman 3
viewtopic.php?f=210&t=8588&start=0Salam...
Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Posted: 02 Mar 2012, 23:48
by Adilgun
om kalo propelernya yang kontra rotating ngaruh gak ke right trust?