@ Om Toto: Walah....mau ajarin apa Om. Ajarin jurus supaya dapat hibah? Boleh.
@ Om Dino: Om Thomas Om. http://gaero.org/forum/viewtopic.php?f=102&t=5818&start=70 Orang paling rajin ngigatkan kita-kita soal safety.., soal cara terbang.. soal pengalaman,.. banyak lah pokoknya. Jadi enak bisa belajar standart prosedur berolahraga aeromodeling dengan benar. Bukan di Gedangan Om, Gedangan sudah jadi kenangan, tapi Di lapangan tembak marinir Karang Pilang. Do'ain ya Om semoga tidak di gusur lagi.
@ Om Kula: Spot on 50 Om. Tapi engine di pasang ASP70. Kalau terbangnya sendiri gimana Om. Untuk throw aileron dan elevator apa perlu setting khusus. (D/r)Exp_nya. Maaf ni OOT Mumpung ada yang pengalaman.
whaduhhh.. kalo ttg tips n trick nya seting pswt Pattern mendingan kita tanya pakarnya aja deh, spt Suhu Dimas & Suhu Oky dll... daku cuma pernah ikut menerbangkan pswt ex Suhu Oky yg katanya dirakit n diseting Suhu Dimas & Bapak nya ( Pak Satrio).. hehehe
kalo tentang terbangnya, jelas nurut banget, semuanya tergantung seting D/R & expo nya. mau di seting smooth bisa, mau seting galak & lincah juga bisa banget..
sbg contoh saja, travel aileron di venus menurut manual disarankan 12mm.. daku sempat gak yakin n bertanya berkali kali ke Om Oky..apa bener pswt sebesar ini cukup dgn travel 12mm ?
dijawab Om Oky..cukup kok, malah expo nya di kurangi 30% (futaba)..
awalnya gak percaya, tp saat cobain sendiri ternyata bener bgt, dgn travel aileron 12mm tanpa expo, pswt lincah buangeeettzzzz...bang kiri bang kanan terasa langsung, direct, gak pake ragu2..
stlh expo dibikin jadi +30% (spektrum) lsg pswt jd kaleeeemm buanget,... bikin roll bisa pelaaaaannn banget...tp pasti...
kalo gak salah Om Oky malah bikin 3 flight condition, 1 utk slow roll, 1 utk normal & 1 utk snap roll.. jd kebayang kan bhw pswt ini bisa muter pelaaaannn buanget, tapi bisa juga di snap roll...
suprayitno wrote:@ Om Kula: Spot on 50 Om. Tapi engine di pasang ASP70. Kalau terbangnya sendiri gimana Om. Untuk throw aileron dan elevator apa perlu setting khusus. (D/r)Exp_nya. Maaf ni OOT Mumpung ada yang pengalaman.
Nambahin dikit ya Om Kula.... Utk patern yg dinilai yaitu gerakan yg indah, jadi throw ga perlu besar. Kalau throw surface control besar maka pesawat jadi sensintive akibatnya gerakan ga halus/indah.
Ini ada sedikit info/bocoran utk penilaian pesawat pattern, porsi dari penilaian udah ditetapin, jadi ga asal nilai. Dan akibatnya pilot+pesawat patern harus mendekati ke arah penilaian itu kalau mau dinailai baik. Salam...
suprayitno wrote:@ Om Kula: Spot on 50 Om. Tapi engine di pasang ASP70. Kalau terbangnya sendiri gimana Om. Untuk throw aileron dan elevator apa perlu setting khusus. (D/r)Exp_nya. Maaf ni OOT Mumpung ada yang pengalaman.
Nambahin dikit ya Om Kula.... Utk patern yg dinilai yaitu gerakan yg indah, jadi throw ga perlu besar. Kalau throw surface control besar maka pesawat jadi sensintive akibatnya gerakan ga halus/indah.
Ini ada sedikit info/bocoran utk penilaian pesawat pattern, porsi dari penilaian udah ditetapin, jadi ga asal nilai. Dan akibatnya pilot+pesawat patern harus mendekati ke arah penilaian itu kalau mau dinailai baik. Salam...
maap oot.... mo nanya suhu dimas k.... ttng size.... penilaiannya smakin kecil pswtnya nilainya mkn besar ato sebaliknya ...... demikian..... maap sbelumnya .....sy ucpkan trmaksh...
Kalau yg dimaksud Size di gambar atas bukan ukuran pesawat, tapi ukuran yg proposional maneuver yg dilakukan oleh pesawat, misal membuat gerakan lope yg terlalu kecil atau besar.
Kalau utk ukuran pesawat tidak mempengaruhi nilai selama pesawat itu bisa melakukan gerakan yg diwajibkan dengan baik dan koreksi akibat angin dan sebgainya tidak terlihat.
Tapi pesawat kecil akan tdk terlihat apabila terbang pada jarak terbang pesawat patern yg ideal dan benar.
DIMAS wrote:Kalau yg dimaksud Size di gambar atas bukan ukuran pesawat, tapi ukuran yg proposional maneuver yg dilakukan oleh pesawat, misal membuat gerakan lope yg terlalu kecil atau besar.
Kalau utk ukuran pesawat tidak mempengaruhi nilai selama pesawat itu bisa melakukan gerakan yg diwajibkan dengan baik dan koreksi akibat angin dan sebgainya tidak terlihat.
Tapi pesawat kecil akan tdk terlihat apabila terbang pada jarak terbang pesawat patern yg ideal dan benar.
Slam...
jd kesimpulannya ....size pswt..... tdk mempengaruhi penilaian..... trus kelebihan dan kekurangan pswt size kecil dan besar (pd klas yg sama)....terletak dmn ya om dimas maap ott nya nambah...nanya2 mulu..... mohon pencerahan.....
dino wrote:jd kesimpulannya ....size pswt..... tdk mempengaruhi penilaian..... trus kelebihan dan kekurangan pswt size kecil dan besar (pd klas yg sama)....terletak dmn ya om dimas maap ott nya nambah...nanya2 mulu..... mohon pencerahan.....
Pesawat kecil tidak bisa melakukan maneuver seindah pesawat patern 2x2.... Salam...