BeeDee 5 ...... Semoga bisa jadi

Electric Speed turn you on ??

Moderators: hery_s, joko

Post Reply
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

chandra wrote:Halo Pak GandrungMabur,

saya mau bertanya mengenai, pemasangan motor untuk pusher dengan posisi motor di atas CG perlu up trust +/- 3~4 drajat.
yang dimaksud dengan up trust itu masangnya gimana ? apakah posisi motor dan prop miring ke bawah ?
dan CG yang dimaksud itu garis tengah sayap ?

Terima kasih sebelumnya.

chandra.


Gambar dibawah mungkin bisa menjelaskan maksud pak G/M

Image

CG = Center of Gravity
User avatar
Snowman
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 356
Joined: 18 Jan 2007, 07:37
Location: Indramayu - Palembang

Post by Snowman »

Kalau saya tinggal di bekasi...dan ngumpul sama para senior yg kreatif ini...
pasti ketularan kreatifnya............ [-o< [-o<

boleh nggak sekali2 berkunjung pas lagi bikin pesawat,.....?
apa mesti bawa kopi juga 2 gelas.......... :bow: \:D/

Ilmu gosok mengosoknya dari mana Pak GM?
User avatar
GandrungMaBur
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 340
Joined: 14 May 2007, 07:37
Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu

Post by GandrungMaBur »

chandra wrote:Halo Pak GandrungMabur,

saya mau bertanya mengenai, pemasangan motor untuk pusher dengan posisi motor di atas CG perlu up trust +/- 3~4 drajat.
yang dimaksud dengan up trust itu masangnya gimana ? apakah posisi motor dan prop miring ke bawah ?
dan CG yang dimaksud itu garis tengah sayap ?

Terima kasih sebelumnya.

chandra.


Dear Pak Chandra,
Mohon maaf terlambat replaynya, dan sudah dengan jelas digambarkan oleh Om Iwan21(Trims Pak Iwan). Sebetulnya trik ini dari analisa beliau, waktu test sudutnya kebalikan seperti gambar penjelasan Om Iwan21, sehingga pesawat langsung menghujam ke tanah. Mongkin benar pendapat Pak Chandra, bukan diatas CG, tetapi posisi motor diatas garis pusat lift. Kira2x di posisi garis tengah cord sayap. Demikian Pak.
Salam
User avatar
GandrungMaBur
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 340
Joined: 14 May 2007, 07:37
Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu

Post by GandrungMaBur »

Snowman wrote:Kalau saya tinggal di bekasi...dan ngumpul sama para senior yg kreatif ini...
pasti ketularan kreatifnya............ [-o< [-o<

boleh nggak sekali2 berkunjung pas lagi bikin pesawat,.....?
apa mesti bawa kopi juga 2 gelas.......... :bow: \:D/

Ilmu gosok mengosoknya dari mana Pak GM?


Dear Om,
Wah sayang sekali waktu melewati Indramayu kok selalu malam hari, sehingga enggak bisa mampir.
Moga2x kita bisa dengan segera mewujudkan kunjungan ke Indramayu. Kapannya, itu perlu rembugan dengan dengan temen2x MGT2, dimana bisa punya waktu yang tepat untuk dapat pergi bersama.
Salam
User avatar
chandra
Airman
Airman
Posts: 36
Joined: 26 Jul 2007, 17:52
Location: JAWA TENGAH

Post by chandra »

Terima Kasih Pak Iwan dan Pak GM, atas penjelasan dan gambarnya .

Kemarin saya buat pesawat seperti model WD, posisi motor 3 cm diatas garis tengah cord sayap (dibelakang sayap/ pusher) dan di pasang 0 derajat.
waktu di lempar tanpa tenaga motor, glide cukup bagus. kemudian motor saya hidupkan dan dilempar
pesawat langsung nyungsep ke tanah. dan bila pesawat diletakkan ditanah cenderung belok ke kanan.

motor pake TP 2208-21, prop 7040.

kemudian saya rubah posisi motor miring ke bawah 15 derajat ( dilihat dari samping), dan miring ke kiri 2 derajat ( dilihat dari belakang pesawat), kebalikan dari pesawat Pak GM.
tetapi karena angin lagi kenceng banget , pesawat belum dicoba sampai sekarang.

setelah melihat gambar posisi motor BeeDee 5 , berarti posisi motor di pesawat saya kebalik ya ?

Salam,

chandra
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Betul pak,utk posisi motor diatas garis tengah body dan diatas CG serta dibelakang sayap,mesti dikasih up sedikit 1~2 derajat
User avatar
Snowman
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 356
Joined: 18 Jan 2007, 07:37
Location: Indramayu - Palembang

Post by Snowman »

GandrungMaBur wrote:Wah sayang sekali waktu melewati Indramayu kok selalu malam hari, sehingga enggak bisa mampir.
Moga2x kita bisa dengan segera mewujudkan kunjungan ke Indramayu. Kapannya, itu perlu rembugan dengan dengan temen2x MGT2, dimana bisa punya waktu yang tepat untuk dapat pergi bersama.
Salam


Iya... waktu itu saya bell posisi sudah sampai mana?...
kalau lewat indramayu dan bisa mampir...kan sip...

saya sdh nyiapin polifoam block, cutter,..lem,...minta dibikinin satu pesawat...
tidak lupa 2 gelas kopi pahit dan sepiring kacang selalu tersedia...............
he..he..he...he...
User avatar
chandra
Airman
Airman
Posts: 36
Joined: 26 Jul 2007, 17:52
Location: JAWA TENGAH

Post by chandra »

iwan21 wrote:Betul pak,utk posisi motor diatas garis tengah body dan diatas CG serta dibelakang sayap,mesti dikasih up sedikit 1~2 derajat


Iya Pak Iwan nanti saya rubah lagi dudukan motornya,

Terima kasih,

chandra
User avatar
GandrungMaBur
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 340
Joined: 14 May 2007, 07:37
Location: Bekasi Barat, Rawa Lumbu

Post by GandrungMaBur »

Snowman wrote:
Iya... waktu itu saya bell posisi sudah sampai mana?...
kalau lewat indramayu dan bisa mampir...kan sip...

saya sdh nyiapin polifoam block, cutter,..lem,...minta dibikinin satu pesawat...
tidak lupa 2 gelas kopi pahit dan sepiring kacang selalu tersedia...............
he..he..he...he...

Iya .....maunya sih, maklum jalannya ama belahan jiwa (bukan ame belahan hobbiest) jadi sulit untuk ijin maem pir (kenyal2x donk, sori maksudnya mampir), apalagi ngutikin polifoam bisa runyam enggak dapet izin berkunjung ke kota pelem(puan/mangga).....he....he...he
Salam
User avatar
cikarang
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 169
Joined: 17 Nov 2009, 15:03
Location: cikarang
Contact:

Re: BeeDee 5 ...... Semoga bisa jadi

Post by cikarang »

mat kenal ak pemain pemula maaf suhu roji...ak bisa gak minta add homenya... soal ak tinggal di cikarang.
Post Reply