Page 9 of 10
Re: Eksperimen Akhir 2010 - Trainer Eng 46
Posted: 24 Jan 2011, 09:14
by justinus
didin wrote:Saya coba tongkrongin engine...

didin wrote:
Coba bandingin engine awal dengan engine yang akhirnya digunakan.

Re: Eksperimen Akhir 2010 - Trainer Eng 46
Posted: 24 Jan 2011, 09:48
by didin
justinus wrote:didin wrote:Saya coba tongkrongin engine...

didin wrote:
Coba bandingin engine awal dengan engine yang akhirnya digunakan.

salut sama Pak De Jus....teliti benar....
Diawal saya tongkrongin ASP52....karena susah benar nyettingnya, akhir diputuskan pasang OS55AX.....
Oh ya Pak De...sesuai petunjuk Pak De...farewall bagian dalam dipasang kayu segitiga dan di lem dgn epoxy,
trus fuselage juga dipaku ke firewallnya dgn paku tripleks..
Rasanya sudah kuatlah menahan tenaga OS55......ma kasih banyak Pak De

Re: Eksperimen Akhir 2010 - Low Wing Trainer Eng 55
Posted: 24 Jan 2011, 10:28
by didin
Model low wing ini relatif mudah membuatnya, karena design nya juga sangat sederhana.
Ini plan untuk wing..

Re: Eksperimen Akhir 2010 - Low Wing Trainer Eng 55
Posted: 24 Jan 2011, 10:55
by sahid
udah ikut ngamini...test terbangnya...dan sdh mabur..siiplah pasukan panam.....setahun pembuatan dan terbangnya...sampai lupa helinya...awas berkarat

Re: Eksperimen Akhir 2010 - Low Wing Trainer Eng 55
Posted: 24 Jan 2011, 11:36
by didin
Re: Eksperimen Akhir 2010 - Low Wing Trainer Eng 55
Posted: 24 Jan 2011, 18:30
by wasiardhi
Re: Eksperimen Akhir 2010 - Low Wing Trainer Eng 55
Posted: 24 Jan 2011, 21:18
by didin
Re: Eksperimen Akhir 2010 - Trainer Eng 46
Posted: 25 Jan 2011, 09:48
by wasiardhi
sedikit lagi pertanyaan,
apakah gr/sq.dm = gr/dm2 ....? [maklum ilmu ukur saya tidak lulus]
maaf nich mr.didin melanggar aturan sendiri..!!!
saya tidak boleh pakai WL 40 gr/dm2, tapi mr.didin pakai WL 56 gr/sq.dm...
didin wrote:Wau....Wing Loading 40 gr/dm2 ..???

Saya pakai patokan ini:
mikro flyer............5 s/d 10 gr/dm2
glider.................10 s/d 15 gr/dm2
Slow flyer...........15 s/d 25 gr/dm2
sport.................25 s/d 30 gr/dm2
Re: Eksperimen Akhir 2010 - Low Wing Trainer Eng 55
Posted: 25 Jan 2011, 10:31
by iwan21
gr/sq dm = gr/dm2 heheheheheeheee
selama main elektrik ya jangan sampe lewat angka 40, kalo udah main engine, apalagi engine kelas .55 ya boleh2 aja diatas 50..

Patokan cube loading yg dipake pak Didin :
(wing cube loading : dividing the weight by the wing area raised to the 1.5 power, terjemahan indonesianya gimana ya?)
Wing Cubic Loading
Sail and Park Flyer: 4 to 7
Sport and Trainer: 7 to 9
Pylon and Scale: up to 13
Electric Ducted Fan: up to 25
dapetnya darisini :
http://adamone.rchomepage.com/design.htm#calculate
Re: Eksperimen Akhir 2010 - Low Wing Trainer Eng 55
Posted: 25 Jan 2011, 15:14
by wasiardhi