Throttle dan Pitch curve

Khusus untuk membahas dasar2 heli rc

Moderators: Budiman, e12ry, Yudha

Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Post Reply
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1793
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: Throttle dan Pitch curve

Post by didin »

:tlt
Last edited by didin on 27 Jul 2011, 10:33, edited 1 time in total.
User avatar
ayokbcp
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 65
Joined: 09 May 2010, 22:07
Location: Surabaya
Contact:

Re: Throttle dan Pitch curve

Post by ayokbcp »

didin wrote:
didin wrote:Saya pakai BCP V1...Telebee Gyro...yg lain std...termasuk TX-RX.....setting pitch -2 di 0, +4 di 50% dan +9 di 100%.

Buat hover....uenak tenan....

Image

Saran untuk :newb: : kalau pakai TX std sebaiknya switch Idle up di non-aktifkan saja guna menghindari penggunaan yg tidak disengaja.


mantap om :ok :plk
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Throttle dan Pitch curve

Post by Budiman »

ayokbcp wrote:@om budiman: ternyata pitch nggak harus 10,11 ataupun 12....pakai 9 juga udh bisa flip asalkan throttle setting pas
gak nge-bogging lagi

Ya, bisa saja menggunakan range -9 deg s/d +9 deg...beban mekanis sebesar ini memang memperingan Throttle..tapi musti hati2 juga..karena range pitch yg demikian dikhawatirkan akan memperlambat kecepatan heli utk flip...

salam,
budiman
User avatar
ayokbcp
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 65
Joined: 09 May 2010, 22:07
Location: Surabaya
Contact:

Re: Throttle dan Pitch curve

Post by ayokbcp »

Budiman wrote:
ayokbcp wrote:@om budiman: ternyata pitch nggak harus 10,11 ataupun 12....pakai 9 juga udh bisa flip asalkan throttle setting pas
gak nge-bogging lagi

Ya, bisa saja menggunakan range -9 deg s/d +9 deg...beban mekanis sebesar ini memang memperingan Throttle..tapi musti hati2 juga..karena range pitch yg demikian dikhawatirkan akan memperlambat kecepatan heli utk flip...

salam,
budiman


sip om.... :ok
User avatar
ayokbcp
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 65
Joined: 09 May 2010, 22:07
Location: Surabaya
Contact:

Re: Throttle dan Pitch curve

Post by ayokbcp »

video upcomming om....pake kds...dan 3200kv motor
User avatar
bayupbm
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 140
Joined: 19 Oct 2010, 11:06
Location: solo - klaten - jepara

ask

Post by bayupbm »

kira2 bisa ngga untuk menentukan titik klimax dari komponen2(low end type) yg udah ada, misal heli 450, esc TWpro 40amp, CF blade, dengan cara di coba flat pitch 0deg, trus trotle di naikan hingga esc panas +-70degC, kmudian titik trotle tersbut di pakai sebgai titik max di trotle curve ->misal ketemu di 85% trotl..,
baru kmudian di coba dengan linier pitch 0% = -2 deg dan 100% = +10 DEG(heli kerasa ngambang) di coba patroli dan high speed forward flight, dengan beberapa kali menyentuh titik max trotl, kmudian cek temperature esc, motor dan batre, klo terlalu overheat max pitch turunin di +9deg..
setelah ketemu max pitch dan max trotl, kmudian baru di tentukan pont pitch & trotl curv sesuai dengan karakter terbang masing2...
1. apakah cara sy tersbut salah, atau ada cara yg lebih efektif... :thx :thx
2. untuk panas esc, berapa nilai panasnya hingga bisa di katakan setting udah pas.. :thx :thx

mohon pencerahan senior.... :thx
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Throttle dan Pitch curve

Post by Budiman »

Waduh..udah lama saya ga ber-main2 dengan heli 450 neh... :pis ...
sepanjang yang saya tau, setiap ESC ada thermal sensor untuk cut-off... :tlt ...
cut-off di temperature berapanya ini yang saya ga tahu pasti... :pis ...
Mungkin ada yang perna mengukur ??? :tlt
User avatar
bayupbm
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 140
Joined: 19 Oct 2010, 11:06
Location: solo - klaten - jepara

Re: Throttle dan Pitch curve

Post by bayupbm »

sejauh ini sih blom dengan cara sy tersebut esc ga pnah cut, karna mungkin max trotnya cuma di 85% - 90%.. durasi terbang dpt 4-5 mnit, cm sy nyari2 metode pasti buat setting yg effisien jg blom nemu pak.. :thx
pling jg cm coba2, klo ekor glier2 trotle curv tambain dikit smpe ekor terasa solid.. klo esc terlalu panas.. pitch turunin dikit smpe ga terlalu panas..
klo udah enak(ga terlalu panas dan ekor solid).. kok malah durasi jadi 3mnit ga lbih... :pyg :pyg
apa hrus pake produk taiwan.... :tlt makasih pak... :thx :thx
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Throttle dan Pitch curve

Post by Budiman »

bayupbm wrote:sejauh ini sih blom dengan cara sy tersebut esc ga pnah cut, karna mungkin max trotnya cuma di 85% - 90%.. durasi terbang dpt 4-5 mnit, cm sy nyari2 metode pasti buat setting yg effisien jg blom nemu pak.. :thx
pling jg cm coba2, klo ekor glier2 trotle curv tambain dikit smpe ekor terasa solid.. klo esc terlalu panas.. pitch turunin dikit smpe ga terlalu panas..
klo udah enak(ga terlalu panas dan ekor solid).. kok malah durasi jadi 3mnit ga lbih... :pyg :pyg
apa hrus pake produk taiwan.... :tlt makasih pak... :thx :thx


kalo ekor glier2..udah dicoba dengan nambah gain gyronya,Mas?... :tlt ..
User avatar
johansipp
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 22 Dec 2010, 12:12

Re: Throttle dan Pitch curve

Post by johansipp »

Pake batt berapa C dan mAh, oom???
Post Reply