
Throttle dan Pitch curve
Moderators: Budiman, e12ry, Yudha
Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
- didin
- Major
- Posts: 1793
- Joined: 27 Aug 2008, 11:01
- Location: Pekanbaru
- ayokbcp
- Airman First Class
- Posts: 65
- Joined: 09 May 2010, 22:07
- Location: Surabaya
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
didin wrote:didin wrote:Saya pakai BCP V1...Telebee Gyro...yg lain std...termasuk TX-RX.....setting pitch -2 di 0, +4 di 50% dan +9 di 100%.
Buat hover....uenak tenan....
Saran untuk: kalau pakai TX std sebaiknya switch Idle up di non-aktifkan saja guna menghindari penggunaan yg tidak disengaja.
mantap om


- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
ayokbcp wrote:@om budiman: ternyata pitch nggak harus 10,11 ataupun 12....pakai 9 juga udh bisa flip asalkan throttle setting pas
gak nge-bogging lagi
Ya, bisa saja menggunakan range -9 deg s/d +9 deg...beban mekanis sebesar ini memang memperingan Throttle..tapi musti hati2 juga..karena range pitch yg demikian dikhawatirkan akan memperlambat kecepatan heli utk flip...
salam,
budiman
- ayokbcp
- Airman First Class
- Posts: 65
- Joined: 09 May 2010, 22:07
- Location: Surabaya
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
Budiman wrote:ayokbcp wrote:@om budiman: ternyata pitch nggak harus 10,11 ataupun 12....pakai 9 juga udh bisa flip asalkan throttle setting pas
gak nge-bogging lagi
Ya, bisa saja menggunakan range -9 deg s/d +9 deg...beban mekanis sebesar ini memang memperingan Throttle..tapi musti hati2 juga..karena range pitch yg demikian dikhawatirkan akan memperlambat kecepatan heli utk flip...
salam,
budiman
sip om....

- ayokbcp
- Airman First Class
- Posts: 65
- Joined: 09 May 2010, 22:07
- Location: Surabaya
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
video upcomming om....pake kds...dan 3200kv motor
- bayupbm
- Senior Airman
- Posts: 140
- Joined: 19 Oct 2010, 11:06
- Location: solo - klaten - jepara
ask
kira2 bisa ngga untuk menentukan titik klimax dari komponen2(low end type) yg udah ada, misal heli 450, esc TWpro 40amp, CF blade, dengan cara di coba flat pitch 0deg, trus trotle di naikan hingga esc panas +-70degC, kmudian titik trotle tersbut di pakai sebgai titik max di trotle curve ->misal ketemu di 85% trotl..,
baru kmudian di coba dengan linier pitch 0% = -2 deg dan 100% = +10 DEG(heli kerasa ngambang) di coba patroli dan high speed forward flight, dengan beberapa kali menyentuh titik max trotl, kmudian cek temperature esc, motor dan batre, klo terlalu overheat max pitch turunin di +9deg..
setelah ketemu max pitch dan max trotl, kmudian baru di tentukan pont pitch & trotl curv sesuai dengan karakter terbang masing2...
1. apakah cara sy tersbut salah, atau ada cara yg lebih efektif...
2. untuk panas esc, berapa nilai panasnya hingga bisa di katakan setting udah pas..
mohon pencerahan senior....
baru kmudian di coba dengan linier pitch 0% = -2 deg dan 100% = +10 DEG(heli kerasa ngambang) di coba patroli dan high speed forward flight, dengan beberapa kali menyentuh titik max trotl, kmudian cek temperature esc, motor dan batre, klo terlalu overheat max pitch turunin di +9deg..
setelah ketemu max pitch dan max trotl, kmudian baru di tentukan pont pitch & trotl curv sesuai dengan karakter terbang masing2...
1. apakah cara sy tersbut salah, atau ada cara yg lebih efektif...


2. untuk panas esc, berapa nilai panasnya hingga bisa di katakan setting udah pas..


mohon pencerahan senior....

- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
Waduh..udah lama saya ga ber-main2 dengan heli 450 neh...
...
sepanjang yang saya tau, setiap ESC ada thermal sensor untuk cut-off...
...
cut-off di temperature berapanya ini yang saya ga tahu pasti...
...
Mungkin ada yang perna mengukur ???

sepanjang yang saya tau, setiap ESC ada thermal sensor untuk cut-off...

cut-off di temperature berapanya ini yang saya ga tahu pasti...

Mungkin ada yang perna mengukur ???

- bayupbm
- Senior Airman
- Posts: 140
- Joined: 19 Oct 2010, 11:06
- Location: solo - klaten - jepara
Re: Throttle dan Pitch curve
sejauh ini sih blom dengan cara sy tersebut esc ga pnah cut, karna mungkin max trotnya cuma di 85% - 90%.. durasi terbang dpt 4-5 mnit, cm sy nyari2 metode pasti buat setting yg effisien jg blom nemu pak..
pling jg cm coba2, klo ekor glier2 trotle curv tambain dikit smpe ekor terasa solid.. klo esc terlalu panas.. pitch turunin dikit smpe ga terlalu panas..
klo udah enak(ga terlalu panas dan ekor solid).. kok malah durasi jadi 3mnit ga lbih...
apa hrus pake produk taiwan....
makasih pak...


pling jg cm coba2, klo ekor glier2 trotle curv tambain dikit smpe ekor terasa solid.. klo esc terlalu panas.. pitch turunin dikit smpe ga terlalu panas..
klo udah enak(ga terlalu panas dan ekor solid).. kok malah durasi jadi 3mnit ga lbih...


apa hrus pake produk taiwan....



- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
bayupbm wrote:sejauh ini sih blom dengan cara sy tersebut esc ga pnah cut, karna mungkin max trotnya cuma di 85% - 90%.. durasi terbang dpt 4-5 mnit, cm sy nyari2 metode pasti buat setting yg effisien jg blom nemu pak..![]()
pling jg cm coba2, klo ekor glier2 trotle curv tambain dikit smpe ekor terasa solid.. klo esc terlalu panas.. pitch turunin dikit smpe ga terlalu panas..
klo udah enak(ga terlalu panas dan ekor solid).. kok malah durasi jadi 3mnit ga lbih...![]()
![]()
apa hrus pake produk taiwan....makasih pak...
![]()
kalo ekor glier2..udah dicoba dengan nambah gain gyronya,Mas?...

- johansipp
- Staff Sergeant
- Posts: 265
- Joined: 22 Dec 2010, 12:12
Re: Throttle dan Pitch curve
Pake batt berapa C dan mAh, oom???