Perlukah After Run??

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
e12ry
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 70
Joined: 06 May 2007, 20:05
Location: -Earth-

Perlukah After Run??

Post by e12ry »

para suhu.... perlu ngga sih after run.... beberapa orang bilang ngga beberapa orang bilang mesti pake.... bingung aku....
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 529
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

After run oil ibarat pisau bermata dua, disatu sisi memang kita perlukan untuk melindungi mesin yang akan disimpan dalam waktu lama tetapi disisi lain juga sangat merugikan kalau pada saat memberi afterrun kena O Ring yang terbuat dari karet yang tidak tahan afterrun.
User avatar
e12ry
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 70
Joined: 06 May 2007, 20:05
Location: -Earth-

Post by e12ry »

jadi kesimpulannya gimana om?? bingung nih....
User avatar
Mukti
Airman
Airman
Posts: 46
Joined: 19 Jan 2007, 13:17
Location: Bekasi

Post by Mukti »

e12ry wrote:jadi kesimpulannya gimana om?? bingung nih....
Perlu pak, terutama kalau kita pake fuel dengan castor blend. Kalau saya pasti saya kasih, karena kalau gak pake after run yang kena duluan bearing, padahal ganti bearing susah dan harganya juga lumayan....
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 529
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Kalau mesin saya mau saya istirahatkan dalam waktu relatif lama maka akan saya tetesi dengan afterrun oil, pertama saya buka businya lalu teteskan dua atau tiga tetes kedalam ruang bakar, juga perlu saya buka tutup mesin belakang yang ada empat buah baut, setelah terbuka akan terlihat crankshaft, connecting rod dan main bearing, bagian itulah yang perlu saya tetesi dengan afterrun oil.
Perlu kita ketahui bahwa afterrun oil terbuat dari minyak bumi dan bersifat menghambat korosi selama masih ada afterrun oilnya, sedangkan castor oil terbuat dari bahan tumbuh2an yang bersifat kayak air sehingga bisa menimbulkan korosi. Bearing biasanya yang korosi adalah rumah pelurunya sedankan peluru dan bantalanya tidak kena korosi karena dilapisi oleh bahan Nikkel yang memang tidak bisa korosi. Kalau rumah peluru kena korosi lama kelamaan bisa copot kelinganya dan pelurunya bisa berhamburan dan pasti akan merusak mesin.
User avatar
e12ry
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 70
Joined: 06 May 2007, 20:05
Location: -Earth-

Post by e12ry »

pak... lamanya berapa lama ya pak..... kalo 2 minggu ?
saya pake cool power 30% menurut morganfuel.com dia udah built in after run what do u guys think....
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 529
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Post by sudjai sarmo »

Kalau anda sudah pakai Cool Power ya nggak diperlukan afterrun lagi. Kalau saya pakai Byron yang perlu Afterrun kalau mau off lebih sebulan.
User avatar
e12ry
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 70
Joined: 06 May 2007, 20:05
Location: -Earth-

Post by e12ry »

makasih ya pak.... hehehehe....
User avatar
Yudha
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 567
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Post by Yudha »

Mohon pencerahannya, afterrun oil ini di teteskan di carburator atau di ruang bakar ya :-k
User avatar
e12ry
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 70
Joined: 06 May 2007, 20:05
Location: -Earth-

Post by e12ry »

jangan di carburator.... nge rusak o ring..... buka heat sink depan.... kalo ngga mau repot buka businya aja.... tetesin secukuppnya.... trus buka tutup bawahnya yg biasa di pegang untuk mengetahui panas dingin mesin.... tetesin secukuonya.... stater beberapa kali..... selesai..... cuman kalo di taro 1 ato 2 hari ngga usah lah.....
ok..... semoga membantu....
Post Reply