Perlukah After Run??
Moderator: sudjai sarmo
- e12ry
- Airman First Class
- Posts: 70
- Joined: 06 May 2007, 20:05
- Location: -Earth-
Perlukah After Run??
para suhu.... perlu ngga sih after run.... beberapa orang bilang ngga beberapa orang bilang mesti pake.... bingung aku....
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 529
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- Mukti
- Airman
- Posts: 46
- Joined: 19 Jan 2007, 13:17
- Location: Bekasi
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 529
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Kalau mesin saya mau saya istirahatkan dalam waktu relatif lama maka akan saya tetesi dengan afterrun oil, pertama saya buka businya lalu teteskan dua atau tiga tetes kedalam ruang bakar, juga perlu saya buka tutup mesin belakang yang ada empat buah baut, setelah terbuka akan terlihat crankshaft, connecting rod dan main bearing, bagian itulah yang perlu saya tetesi dengan afterrun oil.
Perlu kita ketahui bahwa afterrun oil terbuat dari minyak bumi dan bersifat menghambat korosi selama masih ada afterrun oilnya, sedangkan castor oil terbuat dari bahan tumbuh2an yang bersifat kayak air sehingga bisa menimbulkan korosi. Bearing biasanya yang korosi adalah rumah pelurunya sedankan peluru dan bantalanya tidak kena korosi karena dilapisi oleh bahan Nikkel yang memang tidak bisa korosi. Kalau rumah peluru kena korosi lama kelamaan bisa copot kelinganya dan pelurunya bisa berhamburan dan pasti akan merusak mesin.
Perlu kita ketahui bahwa afterrun oil terbuat dari minyak bumi dan bersifat menghambat korosi selama masih ada afterrun oilnya, sedangkan castor oil terbuat dari bahan tumbuh2an yang bersifat kayak air sehingga bisa menimbulkan korosi. Bearing biasanya yang korosi adalah rumah pelurunya sedankan peluru dan bantalanya tidak kena korosi karena dilapisi oleh bahan Nikkel yang memang tidak bisa korosi. Kalau rumah peluru kena korosi lama kelamaan bisa copot kelinganya dan pelurunya bisa berhamburan dan pasti akan merusak mesin.
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 529
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
- Yudha
- Senior Master Sergeant
- Posts: 567
- Joined: 01 May 2007, 15:20
- Location: Medan
- Contact:
- e12ry
- Airman First Class
- Posts: 70
- Joined: 06 May 2007, 20:05
- Location: -Earth-
jangan di carburator.... nge rusak o ring..... buka heat sink depan.... kalo ngga mau repot buka businya aja.... tetesin secukuppnya.... trus buka tutup bawahnya yg biasa di pegang untuk mengetahui panas dingin mesin.... tetesin secukuonya.... stater beberapa kali..... selesai..... cuman kalo di taro 1 ato 2 hari ngga usah lah.....
ok..... semoga membantu....
ok..... semoga membantu....