wah suhu iwan21 ini seneng amat ya nyiksa pemiarsa ....... ..... kalau gitu selamat mengantuk deh besok pagi semoga sebelum berangkat kantor sudah muncul lanjutannya di halaman ini .......
@ Wak Toto, om Hidayat Hahahaha.. saya hanya coba menuangkan ide teman tsb jadi tulisan aja kok,
sebenernya modifikasi ini bisa menghasilkan 2 rasa, tergantung set-up nya : 1. rasa power assist aja 2. rasa afterburner aja
sebelum mulai nulis2, saya ungkapin dulu pro dan kontar yg kebayang
Pro : 1. bisa menambah tenaga sesaat, terutama saat take off , saat maunver, high speed flyby
kontra : 1. menambah berat total , karena ketambahan motor + ESC + batere 2. nambah ruwet juga pengkabelan. instalasi motor tambahan, ruang utk batere tambahan
1. ESC di paralell dg Y harness 2. BEC optional, jika ESC sudah ada BEC, BEC external tidak digunakan 3. Jika ESC sudah ada BEC, salah satu kabel merah dari salah satu ESC yg kearah Rx dikeluarkan, jadi rx cukup dapet catun dari 1 ESC aja
Nah modifnya jadi begini : ESC ketiga gak digabung sama 2 ESC lain, tapi dikonek ke ch lain yg kosong, misal ch 7 Kemlabli kayak diatas, kabel merah dari ESC ini yg kearah rx dikeluarin/gak dipake
Kembali ke 2 pilihan "rasa" diatas, saya coba urai satu2
1. rasa power assist - ch ESC ketiga ini di mixing dg ch throttle, kemudian di assign switch utk mengakitif/non aktifkan, misal swicth AUX-1 ( mana ajalah tergantung yg tersedia)
- setiap kali swicth di enable, maka motor tambahan akan mengikuti posisi throttle.
2. rasa afterburner - ch ESC ketiga tidak perlu dimixing dg ch throttle, tapi cukup aktif non aktof dari swicth AUX nya - setiap kalo di enable, motor tambahan akan berputar maksimal, (persis afterburner hehehehehe) - utk amannya, end point ch ini jangan langsung 100%, tapi bisa dicoba dulu dari 50%, maksimal 80%, sambil diliat efeknya
ini dia yg saya tunggu-tunggu bang... saya selalu suka rasa "Power" yg dicampur dengan rasa "Afterburner".... Over power jelas lebih baik daripada Under power
Freewing SU-34 Fullback saya kayaknya ngga masuk katagori rasa-rasa diatas.. baik dari sisi "Power" maupun "Afterburnernya" ngga berasa "nendang" sama sekali...hiks... malahan suatu kali saya kepengin nendang beneran pesawat ini karena 2-3 menit udah kena cut off dengan batt lipo 4s 3200mah, lantaran dari awal hingga akhir throtle hampir selalu di posisi 90% keatas...