Page 1 of 3

EDF ( rasa ) afterbunner

Posted: 13 Feb 2012, 22:43
by iwan21
Ide dari seorang rekan
" bang, Full back saya kok lemot padahal twin EDF-64, kalo saya tambah satu motor lagi bisa gak?"

ok, kalo gitu saya coba cari2 gambar si fullback dulu buat ilustrasi deh

saya ambil bagian badan ke ekor aja, karena yg akan dioprek cuma disisi itu aja

Image

lanjut besok ya, udah ngantuk hehehehee

Re: EDF ( rasa ) afterbunner

Posted: 13 Feb 2012, 22:56
by toto
wah suhu iwan21 ini seneng amat ya nyiksa pemiarsa ....... :whoaa ..... kalau gitu selamat mengantuk deh besok pagi semoga sebelum berangkat kantor sudah muncul lanjutannya di halaman ini ....... :ide



salam

Re: EDF ( rasa ) afterbunner

Posted: 13 Feb 2012, 23:10
by hidayat07
ehm.....bakal menawan neh...... :ide :ide :ide :mwr :mwr

Re: EDF ( rasa ) afterbunner

Posted: 14 Feb 2012, 08:32
by iwan21
@ Wak Toto, om Hidayat
Hahahaha..
saya hanya coba menuangkan ide teman tsb jadi tulisan aja kok,

sebenernya modifikasi ini bisa menghasilkan 2 rasa, tergantung set-up nya :
1. rasa power assist aja
2. rasa afterburner aja

sebelum mulai nulis2, saya ungkapin dulu pro dan kontar yg kebayang

Pro :
1. bisa menambah tenaga sesaat, terutama saat take off , saat maunver, high speed flyby

kontra :
1. menambah berat total , karena ketambahan motor + ESC + batere
2. nambah ruwet juga pengkabelan. instalasi motor tambahan, ruang utk batere tambahan

Re: EDF ( rasa ) afterbunner

Posted: 14 Feb 2012, 08:47
by iwan21
Ok, kita coba oret2 dulu

aslinya kayak gini :

Image

rencana modifnya jadi gini, nambah satu motor di tail cone

Image

Re: EDF ( rasa ) afterbunner

Posted: 14 Feb 2012, 09:04
by iwan21
Rangkaian asli ESC dan twin EDF :

1. ESC di paralell dg Y harness
2. BEC optional, jika ESC sudah ada BEC, BEC external tidak digunakan
3. Jika ESC sudah ada BEC, salah satu kabel merah dari salah satu ESC yg kearah Rx dikeluarkan, jadi rx cukup dapet catun dari 1 ESC aja

Image

Re: EDF ( rasa ) afterbunner

Posted: 14 Feb 2012, 09:08
by iwan21
Nah modifnya jadi begini :
ESC ketiga gak digabung sama 2 ESC lain, tapi dikonek ke ch lain yg kosong, misal ch 7
Kemlabli kayak diatas, kabel merah dari ESC ini yg kearah rx dikeluarin/gak dipake

Image

Re: EDF ( rasa ) afterbunner

Posted: 14 Feb 2012, 09:14
by iwan21
Kembali ke 2 pilihan "rasa" diatas, saya coba urai satu2

1. rasa power assist
- ch ESC ketiga ini di mixing dg ch throttle, kemudian di assign switch utk mengakitif/non aktifkan, misal swicth AUX-1 ( mana ajalah tergantung yg tersedia)

- setiap kali swicth di enable, maka motor tambahan akan mengikuti posisi throttle.


2. rasa afterburner
- ch ESC ketiga tidak perlu dimixing dg ch throttle, tapi cukup aktif non aktof dari swicth AUX nya
- setiap kalo di enable, motor tambahan akan berputar maksimal, (persis afterburner hehehehehe)
- utk amannya, end point ch ini jangan langsung 100%, tapi bisa dicoba dulu dari 50%, maksimal 80%, sambil diliat efeknya

Re: EDF ( rasa ) afterbunner

Posted: 14 Feb 2012, 14:37
by AgoesAurelz
:ha3 :ha3 :ha3 :ha3
Saya perlu ngaku ngga ya...? :lmao:

ini dia yg saya tunggu-tunggu bang... saya selalu suka rasa "Power" yg dicampur dengan rasa "Afterburner"....
Over power jelas lebih baik daripada Under power :happyd:

Freewing SU-34 Fullback saya kayaknya ngga masuk katagori rasa-rasa diatas.. ](*,) baik dari sisi "Power" maupun "Afterburnernya" ngga berasa "nendang" sama sekali...hiks... :-& malahan suatu kali saya kepengin nendang beneran pesawat ini karena 2-3 menit udah kena cut off dengan batt lipo 4s 3200mah, lantaran dari awal hingga akhir throtle hampir selalu di posisi 90% keatas... ](*,) ](*,)

Re: EDF ( rasa ) afterbunner

Posted: 14 Feb 2012, 14:46
by iwan21
:mwr