Page 1 of 3
BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 14 Apr 2012, 08:24
by wibawana
Klo untuk dapet CG yang bener di pesawat tipe cessna electrik terbuat dari gabus gimana ya? yang presisi.. batery,RX sama motor terpasang kemudian di gantung di bagian tengah sayap agak maju dikit.... di gantungan udah seimbang... pas terbang kok terbangnnya ngaco ya???? pas nabrak angin di depan pesawat malah tengadah,, gak nyaman dimainnkan. ..atau jempol saya yang ketabrak angin ya he he

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 14 Apr 2012, 10:31
by iwan21
CG Cessna antara 25 - 30 % dari lebar sayap
kok digantung?, ngetesnya ya pake jari diletakin dibawah kiri kanan sayap pas diantara 25-30% itu
kalo ekor turun, batere geser kedepan, kalo ekor naik, mundurin batere
Kalo terbang madep angin ya pasti cenderung up, tapi ada kemungkinan juga :
1. masih tail heavy
2. wing incidence kegedean/ posisi pasang sayap depannya ketinggian
3. down thrust kurang
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 14 Apr 2012, 11:14
by dadhipta
Sekedar sharing Om, kalo saya biasanya cek CG dg menerbangkan pesawat level full throttle. Saat throttle dilepas (mati) biasanya perlu waktu sekitar 2 detik melayang level baru pesawat mulai turun. Saat terbang inverted pun hanya sedikit sekali nambah down elevator, sengaja kalo pas inverted harus dikompensasi supaya level utk membedakan posisi pesawat jika terbangnya cukup jauh, jadi tahu inverted atau upright. Sebenarnya bisa sih dibikin inverted tanpa kompensasi dg mengubah incident sayap atau horizontal stabilizer, tapi bagi saya sering hilang orientasi alias gak tahu terbangnya upright atau inverted. Maklum mata sdh sering ngaco ...
Tapi saya yakin kawan2 akan banyak yg berkomentar, CG akan cenderung tail-heavy. Saya kira memang ini harus preferensi pribadi saja, agak tail-heavy jadi kurang stabil, tapi enak dibolak-balik. CG bisa dimajukan sedikit per 5mm sampai ditemukan titik nyaman bagi pilotnya. Yg jelas gejala spt yg disebut Om Iwan21 sudah spot-on dan kalo boleh nambahi sedikit dari di atas, tanda down thrust sudah pas itu nampak jika tidak ada perubahan saat throttle penuh atau pas dimatikan (selama beberapa saat melayang level sebelum mulai turun itu tadi).
Moga2 benar ilmu saya kali ini, maklum masih banyak belajarnya juga ...

Mohon dikoreksi dan ditambahi jika banyak kurangnya ...

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 10 May 2012, 09:53
by ridarkad
..atau jempol saya yang ketabrak angin ya he he

[/quote]
bisa Jadi Om...faktor grogi.....

Sebab pengalamanku pertama terbang begitu Om....

Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 10 May 2012, 10:11
by toto
sekedar berbagi ............... untuk juga menjadikan perhatian walaupun CG dan lain2nya sudah pas, khusus nya pesawat kecil untuk menjadi bahan pertimbangan juga kecepatan angin yang terjadi saat itu, jadi enggak angin sembarang angin mampu di tabrak oleh si pesawat, tapi bukan berarti pesawat yg ukuran dan tenaga nya besar jadi bisa menerobos angin loh ..............

............. sekedar patokan ini kalau saya menerbangkan pesawat kategori kecil, sepanjang wind shock melambai maksimum 45 derajad tapi juga sudah sambil menyediakan lem araldith/epoxy/CA gituh loh ............
salam
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 10 May 2012, 12:45
by jong66
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 10 May 2012, 13:05
by christoffel
sekedar meluruskan, biar nggak bikin bingung yg lain ...
dadhipta wrote:Sebenarnya bisa sih dibikin inverted tanpa kompensasi dg mengubah incident sayap atau horizontal stabilizer
Memang bener bisa ya mas ? gimana caranya ?????
dengan sayap normal dan tanpa bantuan electronik, nggak ada pesawat yg bisa invert tanpa merubah elevator.
merubah sudut stab sama artinya dengan merubah sudut serang sayap. hasilnya adalah merubah AoA.
supaya bisa terbang, sayap harus menghasilkan gaya angkat (Lift), yg didapat dari AoA melalui CL.
kalau AoA di setel sedemikian supaya saat invert bisa terbang datar tanpa elevator down, maka saat terbang normal (nggak invert) akan perlu elevator up, karena CL nya pasti minus.
dadhipta wrote:agak tail-heavy jadi kurang stabil, tapi enak dibolak-balik
di bolak-balik ini maksudnya bukan invert lho ...
pesawat tail-heavy akan jadi lebih liar, invert atau tidak. Yg jelas lebih stabil pada saat hover.
dadhipta wrote:tanda down thrust sudah pas itu nampak jika tidak ada perubahan saat throttle penuh atau pas dimatikan (selama beberapa saat melayang level sebelum mulai turun itu tadi).
yg di dalam kurung itu nggak perlu dan nggak ada hubungan nya dg down thrust.
perlu di ingat, tidak ada
perubahan pitch, tapi akan ada
gangguan pitching (mengangguk) sesaat. Karena perubahan pada thrust (throtle) tidak langsung pada saat yg sama di ikuti dg perubahan airspeed, ada jeda sejenak untuk accelerasi atau deccelerasi.
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 07 Jul 2012, 04:07
by wibawana
iwan21 wrote:CG Cessna antara 25 - 30 % dari lebar sayap
kok digantung?, ngetesnya ya pake jari diletakin dibawah kiri kanan sayap pas diantara 25-30% itu
kalo ekor turun, batere geser kedepan, kalo ekor naik, mundurin batere
Kalo terbang madep angin ya pasti cenderung up, tapi ada kemungkinan juga :
1. masih tail heavy
2. wing incidence kegedean/ posisi pasang sayap depannya ketinggian
3. down thrust kurang
klo dicari ketinggian sayap itu beda berapa cm om? antara sayap depan dan elevator?
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 07 Jul 2012, 09:26
by iwan21
wibawana wrote:klo dicari ketinggian sayap itu beda berapa cm om? antara sayap depan dan elevator?
1 sampe 2 derajat udah cukup, gak perlu bnyak2 sampe 3 derajat
bahkan ada beberapa temen2 yg bikin nol derajat aja wing incidencenya
Re: BINGUNG CG YANG BENAR..
Posted: 07 Jul 2012, 10:20
by christoffel
beda ketinggian sayap dari horisontal stab itu nggak ada pengaruh nya terhadap lift (yg ada sedikit pengaruh adalah efisiensi stab, karena terkena wake dari sayap. T-tail lebih efektif karena posisi nya yg di atas sayap sehingga minim terkena pengaruh wake sayap). yg benar adalah seperti jawaban suhu iwan21, yaitu sudut antara sayap terhadap horisontal stab (ini yg namanya AoA atau sudut serang). posisi stab nya boleh saja di atas (T-tail) atau sama ataupun di bawah sayap.