Page 1 of 7
Si Kuning .15
Posted: 26 Apr 2012, 20:14
by unding
Lagi membersihkan ruang kerja (aeromodelling maksudnya) dapat sayap styro foam yg lagi nganggur (hasil uji coba pake hot wire)


Setelah diukur :
WS = 100 Cm
Root chord = 19 Cm
Tip chord = 16 Cm
Wing Area = 17.5 dm2
Target AUW max = 850 gram

kebetulan ada engine ASP 0.15 yg juga nganggur

Berarti sisa Fuselegnya saja yg perlu dibuat, kebetulan lagi ada tripleks 2mm sisa tempelan lemarinya menkeu, maka proyeknya bisa jalan.. dong.
Gambar diatas tripleks dan potong pakai pisau cutter

Pegal juga pergelangan tangan memotong/melubang pake cutter

Cek & Ricek sambungannya




Vertical & Horisontal stabilizer


Pasang servo Rudder & Elevator

Cek posisi sayap

Re: Si Kuning .15
Posted: 26 Apr 2012, 20:44
by Bodyguard
Mantap om unding....di tunggu kelanjutan si kuning...asyik deket nich makassar...

Re: Si Kuning .15
Posted: 26 Apr 2012, 20:55
by aritriyoga
unding wrote:Lagi membersihkan ruang kerja (aeromodelling maksudnya) dapat sayap styro foam yg lagi nganggur (hasil uji coba pake hot wire)

Setelah diukur :
WS = 100 Cm
Root chord = 19 Cm
Tip chord = 16 Cm
Wing Area = 17.5 dm2
Target AUW max = 850 gram

kebetulan ada engine ASP 0.15 yg juga nganggur

Berarti sisa Fuselegnya saja yg perlu dibuat, kebetulan lagi ada tripleks 2mm sisa tempelan lemarinya menkeu, maka proyeknya bisa jalan.. dong.
Gambar diatas tripleks dan potong pakai pisau cutter

Pegal juga pergelangan tangan memotong/melubang pake cutter

Cek & Ricek sambungannya




Vertical & Horisontal stabilizer


Pasang servo Rudder & Elevator

Cek posisi sayap

Mana lanjutannya capt.???

Re: Si Kuning .15
Posted: 26 Apr 2012, 21:04
by zaki
Re: Si Kuning .15
Posted: 26 Apr 2012, 21:07
by unding
aritriyoga wrote:Mana lanjutannya capt.???

dipending dulu sikuningnya om.. lagi pindah kelain hati, buat pesawat coro engine 46, kejar maiden hari minggu (ikut turnamen kacau balau

)
Re: Si Kuning .15
Posted: 26 Apr 2012, 21:53
by fadliray
Re: Si Kuning .15
Posted: 26 Apr 2012, 21:54
by aritriyoga
unding wrote:aritriyoga wrote:Mana lanjutannya capt.???

dipending dulu sikuningnya om.. lagi pindah kelain hati, buat pesawat coro engine 46, kejar maiden hari minggu (ikut turnamen kacau

balau :
Sy juga sebenarnya buat pilon agar bisa kejar2an, senang hati main kaya' minggu lalu..

Re: Si Kuning .15
Posted: 26 Apr 2012, 22:50
by ariebudi
unding wrote: 
kebetulan ada engine ASP 0.15 yg juga nganggur

om unding...bisa kasih review engine ini...performa dan setingnya gimana....terimakasih
Re: Si Kuning .15
Posted: 27 Apr 2012, 01:05
by sahlan
om.. bisa dijelaskan lebih rinci tentang engine ASP 0.15 mulai dari
kinerjanya
kelebihan dan kekurngnnya
dan harganya di pasaran
makasih capt... ane tunggu kelanjutannya
Re: Si Kuning .15
Posted: 27 Apr 2012, 06:37
by unding
@..om ariebudi & om sahlan
Performa ASP 0.15 cukup bagus, setara dgn OS 15 CVA sebab sdh menggunakan 2 biji ball bearing pada shaftnya, dibanding dgn OS 15 LA, Thunder Tiger dan lainnya yg menggunakan bushing (brons/tembaga) mempunyai gesekan yg lebih besar, apalagi dlm keadaan panas maka pemuaian bushing tsb lebih besar dari shaft , akibatnya shaft semakin kejepit ( gesekan bertambah besar) dan power engine cendrung turun dan malah sering mogok. Yang menggunakan ball bearing gesekannya lebih kecil, dgn volume yg sama 2.45 cc (300 - 350 watt) penyaluran power(effisiensi) tentunya lebih baik.
Kekurangan dari engine ini (umumnya small block) hanyalah pada putaran menengah (midel rpm), cenderung kurang stabil (campuran fuel dan udara tidak optimal) jadi agak sulit digunakan untuk 3D, tapi sebenarnya bisa saja disempurnakan dgn jalan memodifikasi pada bagian nidel valve (jarum spuyer diperpanjang dgn sudut tirus yg lebih lancip).
Breakin yg benar menentukan performa dan usia engine, Asp 0.15 tsb saya breakin dengan fuel non nitro (oplos). Harga bervariasi (tergantung HS) antara 500 - 600 rebu.