Page 1 of 3

"""MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Posted: 11 Jul 2012, 04:51
by agusfirmansyah
......Saya ada ide :ide bagian part Rc Helikopter yg terbuat dari metal contohnya seperti 1.Main Rotor, 2 Main shaft, 3 flybar rod, di HARDEN , karena (pengalaman saya di bengkel bubut).bahan metal yg telah di HARDEN akan menjadi lebih kuat, sebabnya setiap RC Heli crash, yg sering mengalami kerusakan ( bengkok ) yah ke tiga part tersebut. jadi bisa lebih mengurangi uang jajan Part............
itu masukan dari saya kalau tidak salah...........
MOHON pencerahannya dan pertimbangannya........

+++salam+++

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Posted: 11 Jul 2012, 06:40
by abdulRbabo
Ijin nambahkan Kalau untuk material yang diharden itu akan menjadi kuat dan kita juga harus mengingat kalau material yang diharden selain lebih kuat dia akan menjadi getas, nah saya belum pernah main/punya heli tapi setau saya material yang diharden susah diaplikasikan ke alat yang mempunyai tegangan puntir yang tinggi. Mungkin kalau dari segi kekuatan ok, Tapi kalau getas akan mudah patah, ini lebih berbahaya. Dan mungkin saja si pembuat barang ini telah mengkaji beberapa sample material yang digunakan untuk heli. Yang penting Safety first
:pis

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Posted: 11 Jul 2012, 06:52
by mandiridjaya
di Harden itu maksudnya digimanain OM? maaf baru denger sih bisa kasih sedikit gambaran atau syukur2 tekniknya. trims :thx

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Posted: 11 Jul 2012, 06:57
by botakkeramat
caranya gimana om ??
ikut nyimak :mwr

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Posted: 11 Jul 2012, 07:05
by agusfirmansyah
abdulRbabo wrote:Ijin nambahkan Kalau untuk material yang diharden itu akan menjadi kuat dan kita juga harus mengingat kalau material yang diharden selain lebih kuat dia akan menjadi getas, nah saya belum pernah main/punya heli tapi setau saya material yang diharden susah diaplikasikan ke alat yang mempunyai tegangan puntir yang tinggi. Mungkin kalau dari segi kekuatan ok, Tapi kalau getas akan mudah patah, ini lebih berbahaya. Dan mungkin saja si pembuat barang ini telah mengkaji beberapa sample material yang digunakan untuk heli. Yang penting Safety first
:pis

..thank's atas masukannya, akan tetapi ada satu artikel yg pernah saya baca
http://etd.eprints.ums.ac.id/10096/1/D200050106.pdf menjelaskan kalau sistem flame hardening bisa membuat bahan logam menjadi kuat, tahan ke aus an, dan tetap alot/ ulet ( tidak getas )....mohon pencerahannya????

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Posted: 11 Jul 2012, 07:47
by zaki
kalo menurut saya :thx

PABRIKAN udah nentuin mana PART yg di bikin SOFT-MEDIUM atau HARD begitu pun part yg di tumpanginnya (tempat menempel part tsb)
karna jika part yg harusnya SOFT/MEDIUM di bikin HARD ..bisa2 saat Crash .. bisa ANCUR semua body/yg menempel pd part HARD tsb


jika NORMAL mungkin yg rusak hanya part yg berbenturan langsung tsb


kalo main shaft/feathering shaft di bikin lebih hard .. bisa2 bearing dan frame bubar semua krna terdorong besi tsb ..klo ga begitu keraskan... frame dan bearing bisa menahan dan shaft lah yg bengkok


balik lagi pilih2 PART apa yg MAHAL :htg mending shaft bengkok.?... apa frame patah ? :thx


itu pendapat saya loh om .... :pis

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Posted: 11 Jul 2012, 07:51
by ombhie
jawaban yg sangat tepat om zaki.... :tlt ............................................... :mtp :mtp :mtp

salam... :thx

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Posted: 11 Jul 2012, 07:55
by Bakhtiar
abdulRbabo wrote:Ijin nambahkan Kalau untuk material yang diharden itu akan menjadi kuat dan kita juga harus mengingat kalau material yang diharden selain lebih kuat dia akan menjadi getas, nah saya belum pernah main/punya heli tapi setau saya material yang diharden susah diaplikasikan ke alat yang mempunyai tegangan puntir yang tinggi. Mungkin kalau dari segi kekuatan ok, Tapi kalau getas akan mudah patah, ini lebih berbahaya. Dan mungkin saja si pembuat barang ini telah mengkaji beberapa sample material yang digunakan untuk heli. Yang penting Safety first
:pis


saya juga sependapat om,,jika logam di heat treatment seperti harden benda cenderung lebih keras dan kuat,karena strukturnya berubah,,,,namun kekurangannya benda menjadi lebih getas dan rentan terhadap benturan yang keras secara tiba2.. :pis :pis

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Posted: 11 Jul 2012, 08:05
by abdulRbabo
:pis[/quote]
..thank's atas masukannya, akan tetapi ada satu artikel yg pernah saya baca
http://etd.eprints.ums.ac.id/10096/1/D200050106.pdf menjelaskan kalau sistem flame hardening bisa membuat bahan logam menjadi kuat, tahan ke aus an, dan tetap alot/ ulet ( tidak getas )....mohon pencerahannya????[/quote]

Kalau bahasan link diatas membahas tentang flame hardening hampir sama dengan surface hardening, yaitu pengerasan yang dilakukan bagian luarnya saja tanpa merubah struktur dari inti. Sekarang pertanyaannya apakah kita mengetahui struktur logam yang akan di hardening?, berapa besar material yang akan dihardening?, karena kalau barangnya kecil maka panas yang disalurkan ke material bisa mencapai inti matrial, tapi sebenarnya sih bisa aja kita melakukan hardening sendiri kalau kita mengabaikan faktor-faktor yang diatas.
Mungkin hanya itu yang dapat saya ketahui,
Mungkin para suhu metalurgi berikan pencerahan :thx

Re: """MAIN ROTOR YG TAHAN BENGKOK"""

Posted: 11 Jul 2012, 08:12
by AgoesAurelz
Prinsipnya: Setiap terjadi benturan struktur bagian yang paling lemah akan terkena akibatnya...

Saya rasa bila 1.Main Rotor, 2 Main shaft, 3 flybar rod, di HARDEN maka bagian lain seperti frame/housing dll (yg cenderung lebih lemah) akan kena getahnya... ingat setiap kali ada benturan maka akan terjadi suatu gaya/tenaga yg akan diteruskan ke setap bagian/struktur yg ada...

Pertanyaan: Mengapa justru bagian 1,2,3 itu di buat "tidak terlalu kuat"...??
Jawabannya: supaya hanya bagian itu saja yg "dikorbankan" tanpa merusak lebih lanjut bagian yg lainnya... \:D/