Page 1 of 2
Cessna Melintir Kanan
Posted: 03 Oct 2012, 17:21
by JEFFRY
Sore om dan suhu grage semua...
ijin buka thread baru om...
sebelumnya kepada om admin kalo slah kamar tolong pindahin ya..
kalo dah pernah dibahas kasih link nya.. tq
masalahnya gini om..
cessna saya selalu melintir ke kanan. dan belum pernah terbang dengan baik.
selalu mencium bumi pertiwi...
mohon petunjuk dari suhu semua, apa yang harus di set lagi...
ini photo pesawatnya om..






terimakasih.
Re: Cessna Melintir Kanan
Posted: 03 Oct 2012, 18:25
by Ravenchan
coba di check kembali right thrust dan down thrustnya kembali. Sudut kemiringan motor jika dilihat dari depan maka motor harus tunduk ke bawah sedikit sekitar 3 derajat. Right thrust pesawat dilihat dari ekor ke depan motor harus agak ke kanan 3 derajat. Dari foto keliatannya right thrustnya belum ada.
salam
Ravenchan
Re: Cessna Melintir Kanan
Posted: 03 Oct 2012, 18:29
by agus17
kasusnya sama om dengan pesawat cessna saya setahun yg lalu, coba cek kelurusan motor jika dilihat dari atas, coba kelurusannya jadi 0 saja. Pesawat ini cenderung tail heavy jadi sebaiknya berikan sedikit down thrust
Re: Cessna Melintir Kanan
Posted: 03 Oct 2012, 18:51
by BZ123456
Koreksi pak Agus17, kalo tail heavy tidak dikoreksi dengan down thrust, tetapi mngatur CG sehingga tepat di tempatnya.
Thrust line menurut mata saya yang silinder berat ini sepertinya sudah ke kanan tuh.....tetapi justru fin yang bengkok ke kanan. Mohon di cek ulang
Re: Cessna Melintir Kanan
Posted: 03 Oct 2012, 19:09
by fly123
sepertinya stabliser belakang miring yang sebelah kanan agak turun,maaf kalau salah.cmiw.
Re: Cessna Melintir Kanan
Posted: 03 Oct 2012, 21:27
by ariebudi
BZ123456 wrote:Koreksi pak Agus17, kalo tail heavy tidak dikoreksi dengan down thrust, tetapi mngatur CG sehingga tepat di tempatnya.
Thrust line menurut mata saya yang silinder berat ini sepertinya sudah ke kanan tuh.....tetapi justru fin yang bengkok ke kanan. Mohon di cek ulang
sedikit sharing pengalaman jg om ben...untuk pesawat dgn kondisi tail heavy dan udah ngga bisa lagi diset cg nya...krn kendala teknis spt komponen yang sidah fix tempatnya...salah satu trik adalah dengan menambah down thrust...ini lebih baik daripada menambah balast didepan...
om jeffry...coba dicek lagi kondisi sayapnya...sekilas terlihat 'twist'...kemungkinan ini yang menyebabkan pesawat melintir kekanan....
JEFFRY wrote:
Re: Cessna Melintir Kanan
Posted: 03 Oct 2012, 21:35
by yoyonh
Yang saya tahu sih om.
Pesawat akan cenderung belok kanan jika
1. Right thrust kebanyakan (lebih dari 3 derajat)
2. Ruder sudah belok ke kanan.
3. Fin miring kekanan (tapi mungkin effectnya gak terlalu besar, yang penting rudernya tetap lurus).
3. Sirip aileron sayap kanan lebih tinggi ketimbang sirip sayap kiri atau malah sirip kirinya sudah turun.
4. Sayap kiri dan kanan sudah tidak rata, angin yang menabrak dari depan lebih banyak nabrak bagian atas sayap kanan atau lebih banyak menabrak bagian bawah sayap kiri.
5.. Stab/elevator sebagaimana kita lihat untuk Cessna sisi kiri dan kanan tidak solid dan rawan patah di tengah, kalau kemiringannya tidak sama juga bisa mengakibatkan pesawat melintir.
5. Proppeler berputar searah jarum jam kalau dilihat dari depan pesawat (ini paling fatal kalau sudah di beri right thrust).
Itu saja yang saya tahu, dan kelihatannya sayap kiri dan kanan memang sudah tidak sama om.
Kemudian kalau gampang stall itu memang karakter Cessna om, dengan sayap yang rata (dehidral hampir nol), tidak bisa slow banget, dia harus punya speed yang cukup dibanding dengan berat pesawat.
Maaf kalau kepanjangan, cuman share pengalaman pribadi yang cessnanya sudah tanpa bentuk tapi masih bisa terbang

Re: Cessna Melintir Kanan
Posted: 03 Oct 2012, 21:38
by yoyonh
ariebudi wrote:BZ123456 wrote:Koreksi pak Agus17, kalo tail heavy tidak dikoreksi dengan down thrust, tetapi mngatur CG sehingga tepat di tempatnya.
Thrust line menurut mata saya yang silinder berat ini sepertinya sudah ke kanan tuh.....tetapi justru fin yang bengkok ke kanan. Mohon di cek ulang
sedikit sharing pengalaman jg om ben...untuk pesawat dgn kondisi tail heavy dan udah ngga bisa lagi diset cg nya...krn kendala teknis spt komponen yang sidah fix tempatnya...salah satu trik adalah dengan menambah down thrust...ini lebih baik daripada menambah balast didepan...
om jeffry...coba dicek lagi kondisi sayapnya...sekilas terlihat 'twist'...kemungkinan ini yang menyebabkan pesawat melintir kekanan....
JEFFRY wrote:
Setuju dengan om Budi, Saya lihat leading edge sayap kiri paling ujung sudah naik, ini yang menurut saya yang menyebabkan sayap kiri ke angkat dan pesawat melintir ke kanan.
Re: Cessna Melintir Kanan
Posted: 03 Oct 2012, 22:01
by agus17
Oh iya baru ingat, pesawat saya yg sejenis, coba deh fin nya di diperkuat dengan batang carbon atau bambu biar lebih kaku, karena fin bawaan dari pabrik kurang kaku sehingga gampang berubah posisi, dengan cara ini pesawat cessna saya yg dulu sdh tidak melintir lagi, kl melihat dari fotonya dari depan, fin nya sdh tidak tegak lurus lagi
Re: Cessna Melintir Kanan
Posted: 04 Oct 2012, 03:37
by toto
apakah sudah di coba pada saat takeoff elevator jangan di up terlalu dini ... biar kan dapat air speed pasti akan airborne ... yg udah2 salah satu kemungkina terjadi mlintir ke kanan seperti terjadi pada umumnya pada piper j3 karena belum dapat lift yg cukup elevator sudah di up terlalu banyak buntut ya malah membuat pesawat spin ke kanan ....
salam