Page 1 of 2

semoga tak terulang

Posted: 05 Oct 2012, 03:16
by ernest
lagi serius nyeting rudder untuk main besok. . .ampe jam 12 malam. . .kena marah istri plus di kunciin kamar. . .tanda2 keracunan makin parah. . . :hi3 :hi3

akibat teledor plus ngk dengar saran istri. . .TX futaba 8J + RX di nyalakan. . .dan setting di meja putar. . .rudder dah ngelock dengan bermodalkan FLYMENTOR DAN GY240 COPTERX udah semangat sekali untuk main besok. . tapi ada keanehan pitch curva terbalik posisi apa bila thortel di naikan posisi curva blade bukan + melankan -. . .dan mencoba setting TX kembali. . .mungkin karna tidak punya pengetahuan yang mempuni ch 3 di rubah ke normal :hmm . . .sehingga rpm langsung full dan berhubung posisi saya terlalu dekat dengan heli ini lah yang terjadi :hi3

Image

Image

Image
main gear langsung rontok dan gear loss sehinggan blade berhenti berputar walaupun motor terus berputar. . .bersukur sekali apa bila main gear ngk rontok mungkin bisa lebih parah lagi. . .

mudahan ini musibah terahir dalam dunia aero. . . :doa

Re: semoga tak terulang

Posted: 05 Oct 2012, 04:37
by andreas13
wah om..hati hati dngan yg sudah trjadi ,alangkah baiknya saat seting heli kabel mtor ke esc dicabut minimal 2 kabel dr ke 3 kbel tersebut... Ikut prihatin om n lekas sembuh lukanya..

harusnya yang dirubah nilai dari SWASH-MIX om ... di nilai pitch... misal awalnya kebalik di +60 dirubah ke -60 .....

semoga tidak terulang lagi ya om .....

dan tetap SAFETY FIRST :doa

Re: semoga tak terulang

Posted: 05 Oct 2012, 05:15
by umar rai
TURUT BERSEDIH PAK ERNEST, :kgt


:doa SAFETY FIRST adalah modal utama kita dalam menyalurkan hobby kita ini.

Saat akan setting ESC, usahakan lepas main gear, pasti aman banget, dan usahakan nemani istri dulu, takut kalo istri marah, nanti ada effect ke pikiran kita saat setting Heli, yang men drive kita terburu-buru om :nja .

Semoga cepat sembuh dan semoga tak terulang kembali.


WARM REGARDS,
UMAR
GAC

Re: semoga tak terulang

Posted: 05 Oct 2012, 06:04
by ahmadbenny
andreas13 wrote:wah om..hati hati dngan yg sudah trjadi ,alangkah baiknya saat seting heli kabel mtor ke esc dicabut minimal 2 kabel dr ke 3 kbel tersebut... Ikut prihatin om n lekas sembuh lukanya..

harusnya yang dirubah nilai dari SWASH-MIX om ... di nilai pitch... misal awalnya kebalik di +60 dirubah ke -60 .....

semoga tidak terulang lagi ya om .....

dan tetap SAFETY FIRST :doa


Sangat setuju dengan saran suhu andreas13,sangat di anjurkan pada saat seting heli 2 kabel dari esc harus di lepas dulu,demi keamanan........ :mtp

Re: semoga tak terulang

Posted: 05 Oct 2012, 06:13
by simanjuntak
Duh hati2 Pak, kalau perlu main bladenya dicopot dan benar kalau perlu kabel motornya dicopot juga. Dan kalau perlu remotenya aktifkan sw throttle cut, jd setting2 tx aman.

Re: semoga tak terulang

Posted: 05 Oct 2012, 06:49
by fly123
safety first harus di utamakan.
pelajaran berharga buat saya,selama ini saya saat mau terbang kadang lupa cek kondisi pesawat.

Re: semoga tak terulang

Posted: 05 Oct 2012, 07:05
by Abdinik
kejadian yang sama persis dengan pengalaman saya, merubah posisi ch3/throtle menjadi normal...
Alhamdulillah saya dulu tidak separah om ernest,hanya pada yang sedikit tergores.
cabut kabel dari ESC yang ke motor om untuk seting2, pasti aman banget
suatu pelajaran buat kita semua, pada saat melakukan seting Heli/pesawat
lebih baik kabel dari ESC ke motor di lepas
"safety First"


salam

Re: semoga tak terulang

Posted: 05 Oct 2012, 07:58
by Maria Nindhya
:doa semoga cepat sembuh..

Re: semoga tak terulang

Posted: 05 Oct 2012, 08:26
by zaki
:kgt semoga cepet sembuh om :doa

Re: semoga tak terulang

Posted: 05 Oct 2012, 08:43
by ombhie
sebelumnya saya turut prihatin ya om ernest... :flu

tp yg namanya pengalaman adalah guru terbaik bagi kita semua... :ide

cuma pengalaman itu bermacam macam variasinya... :htg

semoga tak terulang lagi buat anda n aero modeler lainnya... :pis

wasalam...