Page 1 of 1

DiLema memilih Engine

Posted: 17 Dec 2012, 14:19
by Arya m 1991
Image

Image

Berhubung cukup puas di tes dengan electrik, trus pingin main smallblock,,
Pilihan:
OS 10 LA
OS 15 LA harga bikin dompet sekarat :whoaa LHS 800rb lebih... pake OS CV komo dei yg ada merengek-rengek ke Ortu :ha3
ASP 15 kaya'y cukup dg keuangan, cuma pernah liat post aga sulit di setting...
Thunder tiger GP 10 (surabaya hobby) harga mungkin cukup di kantong tp mahalan ini dari ASP15, sepertinya harga di bawah OS dikit mungkin perkiraan kualitas ga jauh beda

Spek dengan elektrik:
Motor Tower Pro black 2408 21, Esc 30 A prop apc 8x4 (maksakeun, 2 kali putaran landing motor panas), 3s 1500ma
WSpan : 100cm WChord : 22cm
Fuse : 70cm
AUW versi electrik : -/+ 900gr :kgt kasihan tuh motor 2408 d paksa narik 900gr (maklum cuma ada ini), mana take off kena stall lg mungkin punya sentuhan ajaib jd ga nyungsep :ha3 ...
kalo udh terbang lurus throt 50%-70% cukup enak n Slow

sebelumnya punya Engine AP 15, krn salah break-in jd rada ngaco, panas dikit / throt d mainin langsung ko'it.. di colek-colek ky loss kompresi, minimal oli 20% krn kurang teliti sy make 16% (5:1), udh gitu krn break-in d area perumahan takut berisik jd sy main idle aja, tp ga terlalu pelan,, setelah liat forum engine ABC harus high speed break-innya,, mudah2'an dg engine baru dapet pelajaran dari engine lama

Re: DiLema memilih Engine

Posted: 17 Dec 2012, 15:07
by Arya m 1991
Hobby tapi nekat,, wxwxwxwxwx

Re: DiLema memilih Engine

Posted: 17 Dec 2012, 16:02
by wijayanto
smallblock yg ini ok juga om :mtp
Image

Uploaded with ImageShack.us

Re: DiLema memilih Engine

Posted: 17 Dec 2012, 17:06
by Arya m 1991
wijayanto wrote:smallblock yg ini ok juga om :mtp
Image

Uploaded with ImageShack.us


Yaa sy udh punya ini om, malah udh sempet di tempel di pesawatnya.. Cuma kendala salah break-in jd rusak, kn ada tuh ceritanya d atas.. Nyala sih bisa cuma ga kuat panas, segitu tanpa nitro
Itu dari HK bkn??
Kalo sy dari HK...
Padahal lucu ini model enginenya, asep d buang ke bawah, mirip engine OS VF / DF

Re: DiLema memilih Engine

Posted: 17 Dec 2012, 21:19
by magicholic
lha kalo pesawat ukuran segitu, mending pake elektrik aja bro. ganti motor yg lebih kuat.
plug n play lebih gampang. nggak seribet pake engine

Re: DiLema memilih Engine

Posted: 17 Dec 2012, 21:50
by Arya m 1991
magicholic wrote:lha kalo pesawat ukuran segitu, mending pake elektrik aja bro. ganti motor yg lebih kuat.
plug n play lebih gampang. nggak seribet pake engine


bosen ahh :ha3 lg pingin yg refuel, start, terbang lagi lagi dan lagi ngueng2 dan berasap :cling
kalo Lipo sy perlu brp pcs yaa... punya 1 aja kembung,, waktu maiden juga minjem battnya :hi3
yaa memang kadang engine ribet, tp sy lbh suka ngutak ngatik biar pinter :ha3

Re: DiLema memilih Engine

Posted: 18 Dec 2012, 12:45
by opikandy
Saya juga pake engine ini
Saya breakin pakai prop 8x4 nitro pabrikan 5%
sekarang saya pake prop 7x4
Pke 8x4 jg ok
Coba di set main nedle dgn sempurna
Busi apa sudah pake os No.6 atau A3
Engine sdh brakein, ketik dipake trus mati, analisa sementara karena overheat om, sudah dicoba belum dengan mengecilkan dimensi propeler?
Kalau menurut saya ap hornet .15 mudah unt di set dan bandel

Salam

Re: DiLema memilih Engine

Posted: 18 Dec 2012, 16:17
by Arya m 1991
opikandy wrote:Saya juga pake engine ini
Saya breakin pakai prop 8x4 nitro pabrikan 5%
sekarang saya pake prop 7x4
Pke 8x4 jg ok
Coba di set main nedle dgn sempurna
Busi apa sudah pake os No.6 atau A3
Engine sdh brakein, ketik dipake trus mati, analisa sementara karena overheat om, sudah dicoba belum dengan mengecilkan dimensi propeler?
Kalau menurut saya ap hornet .15 mudah unt di set dan bandel

Salam


Saya pake fuel oplos 4:1, krn di manual recomend Castor 20%... busi pernah pake A3 trus pernah liat post kalo pake fuel oplos lbh cocok OS 8, jadi bingung
Break-in iya pake APC 8x4, trus coba pake 7x6 soal'a ga punya 7x4... Kalo engine lg dingin kompresi padet, waktu nyalain setelan high speed 2.5 - 3 putaran, cuma kalo lg nyala tiba2 mati trus colek-colek lg ko ky loss kompresi...
Yaa nanti sih mau di coba lagi, semoga aja msh layak pakai, High speed segitu mmg terasa panas sekai enginenya... Kalo blh tau yg om opikandy setingannya gmn??

Re: DiLema memilih Engine

Posted: 18 Dec 2012, 17:04
by jong66
Kalo sy lebih recommend ASP .21 om, hrg ekonomis cm 500rb-an, settingannya jg relatif gampang, apalg powernya jg OK bgt..

Re: DiLema memilih Engine

Posted: 18 Dec 2012, 17:57
by Arya m 1991
jong66 wrote:Kalo sy lebih recommend ASP .21 om, hrg ekonomis cm 500rb-an, settingannya jg relatif gampang, apalg powernya jg OK bgt..


Terlalu kebut ahh ngga tega, sy punya ASP21 di pake ke pesawat yg lebih besar, memang seting mudah harga murah power OK banget sy pernah hitung dg rumus ASP21 max thrust 1.8kg trainer 25 mngkin msh sanggup,
bisa nose heavy nanti kalo pake .21 (233gr),...
sy kn lbih suka slow slow'an tp ga ky WD Hehehehe...