Turbo pwm esc: the truth behind
Moderator: unding
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Turbo pwm esc: the truth behind
Cak opiq ayo dimulai di sini
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Jadi kalo pesawat saya ngguling...saya bisa pastikan bukan karena prop nya. Ini pesawat sebelumnya terbang dengan baik sekali pake flight controller yang lain...begitu aku ganti flight controller dengan merk lain....motor cogging...sepertinya timing nya gak pas.....
Pertanyaan saya...apa bisa flight controller satu dengan lainnya dalam membaca dan menerjemahkan firm ware esc beda2?
Flight controller yang satunya flawless....yang satu lagi telessssss.....payah....
Tapi penjelasan sampeyan membuka ilmu baru....makasih....mesti banyak baca lagi nih
Tapi ngomong2 opo yo bisa ngeliat bentuk gelombang pake EKG? nempelin probe nya bagemane? Osciloscope di tempat eikeh kerja sudah kuno banget....buat praktek mahasiswa ngelihat apaan saya juga kurang tahu.
Pertanyaan saya...apa bisa flight controller satu dengan lainnya dalam membaca dan menerjemahkan firm ware esc beda2?
Flight controller yang satunya flawless....yang satu lagi telessssss.....payah....
Tapi penjelasan sampeyan membuka ilmu baru....makasih....mesti banyak baca lagi nih
Tapi ngomong2 opo yo bisa ngeliat bentuk gelombang pake EKG? nempelin probe nya bagemane? Osciloscope di tempat eikeh kerja sudah kuno banget....buat praktek mahasiswa ngelihat apaan saya juga kurang tahu.
- cak-opiq
- Airman First Class
- Posts: 93
- Joined: 19 Sep 2012, 22:28
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Lah dalah om... Ane msh cupu om.. 
Juga menunggu para suhu berbagi ilmu... Tapi atas dasar semangat berbagi ggp lah ane turut mulai..
"Pertanyaan saya...apa bisa flight controller satu dengan lainnya dalam membaca dan menerjemahkan firm ware esc beda2?" <= Ngak kebalik om arah sinyalnya?
Setahu saya sinyal mengalir hanya satu arah dan tidak dua arah.
Jadi Transmitter ==[bisa PPM/PCM/FAST/ACCT etc]==> Receiver ===[PWM, Pulse Width Modulation, satu aliran tiap channel]==> ESC ==[PWM tiga fase/tiga aliran] ==> Brushless Motor.
kalo "flight controller" quadcopter posisinya dimana ya om? menggantikan receiver ataukah setelah receiver? Silly question tapi serius.. maklum ngak punya om
Tetapi satu yg paling saya duga/pikirkan untuk membedakan "PESAWAT" dengan "MULTICOPTER".
- Pada pesawat masing" channel diteruskan secara independent ke tiap" servo dan juga ESC. Jadi secara elektronis tidak pernah berkumpul lagi.
- Pada quadcopter, masing" channel di masukkan ke flight controller. Flight controller akan membuat kembali PWM signal untuk ESC pertama berdasarkan perhitungan tertentu menggunakan input chanel 1, 2, 3, 4. Demikian seterusnya dilakukan untuk ESC kedua, tigas dst. Ane curiga kwalitas Mixing ini lah yg membedakan produk satu dgn yg lainnya. Algoritma maupun formula yg digunakan masing" produk mungkin berbeda.
- Jika berpikir bahwa ESC, motor & propeller yang digunakan identik & simetris semuanya. Dan "flight controller" juga mampu melakukan tugasnya dengan baik pada output signalnya. Pertanyaannya: apakah mungkin harus diperhatikan kecocokan "flight controller" terhadap ESC?
overall "Dalam hal ini "flight controller sederhana tidak pernah membaca dan menerjemahkan firmware esc"."
Jadi yang tersisa adalah:
- kemampuan flight controller mengolah input menjadi output. Hal yang terpisah dari ESC.
- Kemampuan ESC menerjemahkan aliran tunggal sebuah sinyal PWM pada inputnya menjadi tiga buah signal PWM pada output ESC menuju brushless motor. Hal yang terpisah dari flight controller alias pekerjaan ESC tidak pernah diperhatikan oleh flight controller.
Tentu lain lagi bila flight controller om dokter dilengkapi dgn sesuatu yang memanfaatkan "feebback"? misal output ESC dibaca kembali sebagai inputnya flight controller, sensor gyro etc, etc... Kejinakan ESC/motor/propeler saya kira akan membantu flight controller dlm bekerja.

Juga menunggu para suhu berbagi ilmu... Tapi atas dasar semangat berbagi ggp lah ane turut mulai..
"Pertanyaan saya...apa bisa flight controller satu dengan lainnya dalam membaca dan menerjemahkan firm ware esc beda2?" <= Ngak kebalik om arah sinyalnya?
Setahu saya sinyal mengalir hanya satu arah dan tidak dua arah.
Jadi Transmitter ==[bisa PPM/PCM/FAST/ACCT etc]==> Receiver ===[PWM, Pulse Width Modulation, satu aliran tiap channel]==> ESC ==[PWM tiga fase/tiga aliran] ==> Brushless Motor.
kalo "flight controller" quadcopter posisinya dimana ya om? menggantikan receiver ataukah setelah receiver? Silly question tapi serius.. maklum ngak punya om

Tetapi satu yg paling saya duga/pikirkan untuk membedakan "PESAWAT" dengan "MULTICOPTER".
- Pada pesawat masing" channel diteruskan secara independent ke tiap" servo dan juga ESC. Jadi secara elektronis tidak pernah berkumpul lagi.
- Pada quadcopter, masing" channel di masukkan ke flight controller. Flight controller akan membuat kembali PWM signal untuk ESC pertama berdasarkan perhitungan tertentu menggunakan input chanel 1, 2, 3, 4. Demikian seterusnya dilakukan untuk ESC kedua, tigas dst. Ane curiga kwalitas Mixing ini lah yg membedakan produk satu dgn yg lainnya. Algoritma maupun formula yg digunakan masing" produk mungkin berbeda.
- Jika berpikir bahwa ESC, motor & propeller yang digunakan identik & simetris semuanya. Dan "flight controller" juga mampu melakukan tugasnya dengan baik pada output signalnya. Pertanyaannya: apakah mungkin harus diperhatikan kecocokan "flight controller" terhadap ESC?
overall "Dalam hal ini "flight controller sederhana tidak pernah membaca dan menerjemahkan firmware esc"."
Jadi yang tersisa adalah:
- kemampuan flight controller mengolah input menjadi output. Hal yang terpisah dari ESC.
- Kemampuan ESC menerjemahkan aliran tunggal sebuah sinyal PWM pada inputnya menjadi tiga buah signal PWM pada output ESC menuju brushless motor. Hal yang terpisah dari flight controller alias pekerjaan ESC tidak pernah diperhatikan oleh flight controller.
Tentu lain lagi bila flight controller om dokter dilengkapi dgn sesuatu yang memanfaatkan "feebback"? misal output ESC dibaca kembali sebagai inputnya flight controller, sensor gyro etc, etc... Kejinakan ESC/motor/propeler saya kira akan membantu flight controller dlm bekerja.
Last edited by cak-opiq on 08 Jan 2013, 23:23, edited 1 time in total.
- cak-opiq
- Airman First Class
- Posts: 93
- Joined: 19 Sep 2012, 22:28
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Btw Om,
nanya: apakah multicopter hanya butuh kaki [ESC/Motor/Prop] yang kembar identik saja ataukah msh ditambah syarat yakni setiap kaki msh ada requirement lagi misalnya : output thrust harus linear terhadap inputnya?
nanya: apakah multicopter hanya butuh kaki [ESC/Motor/Prop] yang kembar identik saja ataukah msh ditambah syarat yakni setiap kaki msh ada requirement lagi misalnya : output thrust harus linear terhadap inputnya?
- andreas13
- Chief Master Sergeant
- Posts: 816
- Joined: 12 Oct 2010, 01:22
- Location: ((..(ungaran)..))
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
trus yang dimaksud turbo pwm dari judul diatas gimana om ?
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Mas andreas: ceritanya thread ini adalah membahas kebutuhan esc berkecepatan tinggi untuk kebutuhan tertentu. Misalnya multicopter. Thread ini sebetulnya kepanjangan dari diskusi di tempat lain saya pindahkan ke sini karena sudah out of topic dari judul thread. Sayang saya gak mempunyai kewenangan memindahkan sebagian isi thread tersebut ke sini. Saya ingin menimba ilmu masalah esc dengan kawan2 lain yang lebih tahu.
FYI: turbo pwm esc adalah high speed esc mungkin seperti high speed servo ya. Ada yang bikin sendiri (kaya saya) dan ada yang pabrikan. Ternyata dari penjelasan cak opiq, hal ini secara elektronik ada kelemahannya. Dan saya mengalaminya...
Cuma yang saya heran ada yang flight controller yang tolerable dengan esc bikinan ini dan ada yang gak. Ini yang membuat saya membuat/ memunculkan thread ini. Siapa tahu ada yang berminat share saya dengan senang hati menyimak.
FYI: turbo pwm esc adalah high speed esc mungkin seperti high speed servo ya. Ada yang bikin sendiri (kaya saya) dan ada yang pabrikan. Ternyata dari penjelasan cak opiq, hal ini secara elektronik ada kelemahannya. Dan saya mengalaminya...
Cuma yang saya heran ada yang flight controller yang tolerable dengan esc bikinan ini dan ada yang gak. Ini yang membuat saya membuat/ memunculkan thread ini. Siapa tahu ada yang berminat share saya dengan senang hati menyimak.
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Cak opiq...betul, setiap kaki idealnya identik dengan teman2nya termasuk out put. Mungkin output di sini adalah setiap esc harus terkalibrasi dengan tx sebelum mulai programing lainnya. Tapi masalah linear output mungkin tidak, karena saya biasa membuat kurva exponential untuk throtle response terhadap esc. Dan tentu saja itu berlaku kembar kepada setiap kaki.
Posisinya begini: Rx-FC-ESC-Motor
Jadi begini...balik lagi ke topiknya.....untuk membuat esc menjadi high speed tidak hanya firmware yang diubah ya? Jadi piranti di dalamnya juga harus mampu mengubah esc biasa supaya bisa menjadi esc high pwm?
Bisa dijelaskan gak gimana mekanisme firmware ini? Fake or can be true? Pikiran saya kok jadi mikir dulu kita jump clock di komputer jaman dulu....katanya bisa mempercepat kinerja komputer...tapi ya ternyata fake
Posisinya begini: Rx-FC-ESC-Motor
Jadi begini...balik lagi ke topiknya.....untuk membuat esc menjadi high speed tidak hanya firmware yang diubah ya? Jadi piranti di dalamnya juga harus mampu mengubah esc biasa supaya bisa menjadi esc high pwm?
Bisa dijelaskan gak gimana mekanisme firmware ini? Fake or can be true? Pikiran saya kok jadi mikir dulu kita jump clock di komputer jaman dulu....katanya bisa mempercepat kinerja komputer...tapi ya ternyata fake
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Ikut menyimak ah.
dulu saya pernah nongkrong di sekolahan stm, tapi diluar jendela, makanya elektronikanya gak pinter2
dulu saya pernah nongkrong di sekolahan stm, tapi diluar jendela, makanya elektronikanya gak pinter2

- ekozxx
- Senior Master Sergeant
- Posts: 634
- Joined: 10 Jul 2008, 00:04
- Location: Bekasi
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Sama, ikut menyimak juga ah..ngelmu..hehehe..
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3447
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: Turbo pwm esc: the truth behind
Apalagi saya yg dr pojokan desa cikempong .... Ijin ikut menyimak dan belajar untuk bekal mengisi waktu pada masa purna bakti ini ya om ..... Nah gini dong gaero bergeliat lagi di masalah teknikal aspek .....
Salam

Salam