Turbo pwm esc: the truth behind

Tentang motor brushed dan motor brushless , baterai , dll

Moderator: unding

User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Turbo pwm esc: the truth behind

Post by BZ123456 »

Cak opiq ayo dimulai di sini
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: Turbo pwm esc: the truth behind

Post by BZ123456 »

Jadi kalo pesawat saya ngguling...saya bisa pastikan bukan karena prop nya. Ini pesawat sebelumnya terbang dengan baik sekali pake flight controller yang lain...begitu aku ganti flight controller dengan merk lain....motor cogging...sepertinya timing nya gak pas.....
Pertanyaan saya...apa bisa flight controller satu dengan lainnya dalam membaca dan menerjemahkan firm ware esc beda2?
Flight controller yang satunya flawless....yang satu lagi telessssss.....payah....
Tapi penjelasan sampeyan membuka ilmu baru....makasih....mesti banyak baca lagi nih

Tapi ngomong2 opo yo bisa ngeliat bentuk gelombang pake EKG? nempelin probe nya bagemane? Osciloscope di tempat eikeh kerja sudah kuno banget....buat praktek mahasiswa ngelihat apaan saya juga kurang tahu.
User avatar
cak-opiq
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 93
Joined: 19 Sep 2012, 22:28

Re: Turbo pwm esc: the truth behind

Post by cak-opiq »

Lah dalah om... Ane msh cupu om.. :D
Juga menunggu para suhu berbagi ilmu... Tapi atas dasar semangat berbagi ggp lah ane turut mulai..

"Pertanyaan saya...apa bisa flight controller satu dengan lainnya dalam membaca dan menerjemahkan firm ware esc beda2?" <= Ngak kebalik om arah sinyalnya?
Setahu saya sinyal mengalir hanya satu arah dan tidak dua arah.
Jadi Transmitter ==[bisa PPM/PCM/FAST/ACCT etc]==> Receiver ===[PWM, Pulse Width Modulation, satu aliran tiap channel]==> ESC ==[PWM tiga fase/tiga aliran] ==> Brushless Motor.

kalo "flight controller" quadcopter posisinya dimana ya om? menggantikan receiver ataukah setelah receiver? Silly question tapi serius.. maklum ngak punya om :cling

Tetapi satu yg paling saya duga/pikirkan untuk membedakan "PESAWAT" dengan "MULTICOPTER".
- Pada pesawat masing" channel diteruskan secara independent ke tiap" servo dan juga ESC. Jadi secara elektronis tidak pernah berkumpul lagi.
- Pada quadcopter, masing" channel di masukkan ke flight controller. Flight controller akan membuat kembali PWM signal untuk ESC pertama berdasarkan perhitungan tertentu menggunakan input chanel 1, 2, 3, 4. Demikian seterusnya dilakukan untuk ESC kedua, tigas dst. Ane curiga kwalitas Mixing ini lah yg membedakan produk satu dgn yg lainnya. Algoritma maupun formula yg digunakan masing" produk mungkin berbeda.
- Jika berpikir bahwa ESC, motor & propeller yang digunakan identik & simetris semuanya. Dan "flight controller" juga mampu melakukan tugasnya dengan baik pada output signalnya. Pertanyaannya: apakah mungkin harus diperhatikan kecocokan "flight controller" terhadap ESC?

overall "Dalam hal ini "flight controller sederhana tidak pernah membaca dan menerjemahkan firmware esc"."
Jadi yang tersisa adalah:
- kemampuan flight controller mengolah input menjadi output. Hal yang terpisah dari ESC.
- Kemampuan ESC menerjemahkan aliran tunggal sebuah sinyal PWM pada inputnya menjadi tiga buah signal PWM pada output ESC menuju brushless motor. Hal yang terpisah dari flight controller alias pekerjaan ESC tidak pernah diperhatikan oleh flight controller.

Tentu lain lagi bila flight controller om dokter dilengkapi dgn sesuatu yang memanfaatkan "feebback"? misal output ESC dibaca kembali sebagai inputnya flight controller, sensor gyro etc, etc... Kejinakan ESC/motor/propeler saya kira akan membantu flight controller dlm bekerja.
Last edited by cak-opiq on 08 Jan 2013, 23:23, edited 1 time in total.
User avatar
cak-opiq
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 93
Joined: 19 Sep 2012, 22:28

Re: Turbo pwm esc: the truth behind

Post by cak-opiq »

Btw Om,
nanya: apakah multicopter hanya butuh kaki [ESC/Motor/Prop] yang kembar identik saja ataukah msh ditambah syarat yakni setiap kaki msh ada requirement lagi misalnya : output thrust harus linear terhadap inputnya?
User avatar
andreas13
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 816
Joined: 12 Oct 2010, 01:22
Location: ((..(ungaran)..))

Re: Turbo pwm esc: the truth behind

Post by andreas13 »

trus yang dimaksud turbo pwm dari judul diatas gimana om ?
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: Turbo pwm esc: the truth behind

Post by BZ123456 »

Mas andreas: ceritanya thread ini adalah membahas kebutuhan esc berkecepatan tinggi untuk kebutuhan tertentu. Misalnya multicopter. Thread ini sebetulnya kepanjangan dari diskusi di tempat lain saya pindahkan ke sini karena sudah out of topic dari judul thread. Sayang saya gak mempunyai kewenangan memindahkan sebagian isi thread tersebut ke sini. Saya ingin menimba ilmu masalah esc dengan kawan2 lain yang lebih tahu.
FYI: turbo pwm esc adalah high speed esc mungkin seperti high speed servo ya. Ada yang bikin sendiri (kaya saya) dan ada yang pabrikan. Ternyata dari penjelasan cak opiq, hal ini secara elektronik ada kelemahannya. Dan saya mengalaminya...
Cuma yang saya heran ada yang flight controller yang tolerable dengan esc bikinan ini dan ada yang gak. Ini yang membuat saya membuat/ memunculkan thread ini. Siapa tahu ada yang berminat share saya dengan senang hati menyimak.
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: Turbo pwm esc: the truth behind

Post by BZ123456 »

Cak opiq...betul, setiap kaki idealnya identik dengan teman2nya termasuk out put. Mungkin output di sini adalah setiap esc harus terkalibrasi dengan tx sebelum mulai programing lainnya. Tapi masalah linear output mungkin tidak, karena saya biasa membuat kurva exponential untuk throtle response terhadap esc. Dan tentu saja itu berlaku kembar kepada setiap kaki.

Posisinya begini: Rx-FC-ESC-Motor

Jadi begini...balik lagi ke topiknya.....untuk membuat esc menjadi high speed tidak hanya firmware yang diubah ya? Jadi piranti di dalamnya juga harus mampu mengubah esc biasa supaya bisa menjadi esc high pwm?
Bisa dijelaskan gak gimana mekanisme firmware ini? Fake or can be true? Pikiran saya kok jadi mikir dulu kita jump clock di komputer jaman dulu....katanya bisa mempercepat kinerja komputer...tapi ya ternyata fake
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Turbo pwm esc: the truth behind

Post by iwan21 »

Ikut menyimak ah.
dulu saya pernah nongkrong di sekolahan stm, tapi diluar jendela, makanya elektronikanya gak pinter2 :gg
User avatar
ekozxx
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 634
Joined: 10 Jul 2008, 00:04
Location: Bekasi

Re: Turbo pwm esc: the truth behind

Post by ekozxx »

Sama, ikut menyimak juga ah..ngelmu..hehehe..
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Turbo pwm esc: the truth behind

Post by toto »

Apalagi saya yg dr pojokan desa cikempong .... Ijin ikut menyimak dan belajar untuk bekal mengisi waktu pada masa purna bakti ini ya om ..... Nah gini dong gaero bergeliat lagi di masalah teknikal aspek ..... :mtp




Salam
Post Reply