Page 1 of 3
MAO TANYA TENTANG ESC DAN MOTOR......
Posted: 04 Feb 2013, 19:39
by ahmadbenny
Mohon pencerahan dari para suhu di gaero,...

saya punya masalah dengan ESC dan MOTOR,..Bixxler glider saya menggunakan motor heli tarot 450 dengan KV 3800,menggunakan ESC hobbywing skywalker 40A,propeler 6x4,dan batrey 3S 2200mah,..

permasalahnya adalah...setiap terbang di atas 6 menit ESC dan MOTOR panas sekali,kalau terus saya terbangkan tenaga seperti drop,walaupun trotel di tambah sampai mentok sekalipun,di cek voltase batrey masih sktr 11,7v,tapi klo di diamkan sebentar dia normal kembali...mohon kira'y suhu2 di gaero bisa membantu,ap yang mesti saya lakukan.....terima kasih....

Re: MAO TANYA TENTANG ESC DAN MOTOR......
Posted: 04 Feb 2013, 19:40
by dulbehek
klo panas yah over curent om.
untuk ga meleduk
Re: MAO TANYA TENTANG ESC DAN MOTOR......
Posted: 04 Feb 2013, 19:44
by ahmadbenny
dulbehek wrote::gg
klo panas yah over curent om.
untuk ga meleduk
Untung sih gak sampe mleduk om,tapi jangan ampe dah,.....

Re: MAO TANYA TENTANG ESC DAN MOTOR......
Posted: 04 Feb 2013, 20:05
by todiahmad
Sptnya keberatan om, prop bisa dikecilin? mis 5x3 dulu? atau 6x3?
Re: MAO TANYA TENTANG ESC DAN MOTOR......
Posted: 04 Feb 2013, 20:17
by soloflight
ahmadbenny wrote:Mohon pencerahan dari para suhu di gaero,...

saya punya masalah dengan ESC dan MOTOR,..Bixxler glider saya menggunakan motor heli tarot 450 dengan KV 3800,menggunakan ESC hobbywing skywalker 40A,propeler 6x4,dan batrey 3S 2200mah,..

permasalahnya adalah...setiap terbang di atas 6 menit ESC dan MOTOR panas sekali,kalau terus saya terbangkan tenaga seperti drop,walaupun trotel di tambah sampai mentok sekalipun,di cek voltase batrey masih sktr 11,7v,tapi klo di diamkan sebentar dia normal kembali...mohon kira'y suhu2 di gaero bisa membantu,ap yang mesti saya lakukan.....terima kasih....

saya coba jawab, mudah-mudahan bisa membantu...
ada beberapa penyebab esc dan motor menjadi panas.
1. penggunaan motor yang besar tapi tidak di ikuti dengan esc yang memadai, misal nya motor dengan watt yang besar tapi menggunakan esc yang kecil. dalam kasus seperti ini biasa nya hanya esc yang menjadi panas.
2. penggunaan propeler yang tidak tepat, maka akan menyebabkan over curent ( arus berlebih ). pada kasus seperti ini biasa nya esc dan motor akan menjadi panas
3. motor yang kumparan nya sudah mulai agak soak, apabila terjadi seperti ini maka motor akan terjadi arus beban yang sangat tinggi pada motor dan akibat nya akan membuat esc juga bekerja sangat berat. Yang akan terjadi biasa nya esc akan menjadi panas dan motor juga akan menjadi panas.
4. Penguat Mosfet pada esc sudah setengah rusak. ESC menggunakan transistor sejenis mosfet sebagai final penguat nya, apabila transistor ini sudah setengah rusak biasa nya akan berkurang daya kerja nya pada saat sudah panas, beda kalau mosfet nya udah benar2 rusak maka esc akan sama sekali tidak akan bekerja secara normal.
masih banyak lagi tentunya yang dapat menyebabkan motor dan esc panas secara berlebihan
dalam kasus seperti mas ahmadbenny ini motor dan esc akan menjadi panas sekali kalau terbang diatas 6 menit dan kalo didinginkan ( dibiarkan sebentar ) maka akan normal kembali, maka bisa jadi motor yang mas pakai mungkin kumparan nya sudah setengah rusak ( nilai tahanan nya sudah kecil sekali/ tidak normal ). saran saya mas coba kalo punya motor yang lain yang kira2 sama kapasitas nya seperti motor yang digunakan sekarang coba pakai motor yang lain dulu. atau bisa juga dengan yang termudah dahulu dengan mengecilkan propeler nya. pakai 6x3
di coba aja mas, semoga sedikit bisa membantu sambil menunggu saran dari suhu2 yang lebih senior. mohon maaf kalau kurang lengkap penjelasan nya.
CMIIW
Re: MAO TANYA TENTANG ESC DAN MOTOR......
Posted: 04 Feb 2013, 20:47
by Bodyguard
Terjawab sudah....

Re: MAO TANYA TENTANG ESC DAN MOTOR......
Posted: 04 Feb 2013, 21:00
by wijayanto
prop pake yang 5x5 aja om, ada nih yg ngga kepake, ambil aja ke rumah

Re: MAO TANYA TENTANG ESC DAN MOTOR......
Posted: 04 Feb 2013, 21:04
by andreas13
wah ... om itu namanya penyiksaan om

hehehehehehe saya pakai turnigy thypon 2215 3600kv pakai 5x5 cukup banget tenaganya.... tapi emang apa glider pakai motor kv tinggi ya....???

Re: MAO TANYA TENTANG ESC DAN MOTOR......
Posted: 04 Feb 2013, 21:39
by suhaimihk
andreas13 wrote:wah ... om itu namanya penyiksaan om

hehehehehehe saya pakai turnigy thypon 2215 3600kv pakai 5x5 cukup banget tenaganya.... tapi emang apa glider pakai motor kv tinggi ya....???

agan kita yg satu ini, GLIDER nya di siksa, di cekik,
di seblak biar larinya kaya F-22 Raptor EDF 70mm coy

Re: MAO TANYA TENTANG ESC DAN MOTOR......
Posted: 04 Feb 2013, 22:54
by toto
coba belajar ikutan analisis ah tapi mohon maaf ya kalau enggak bener apalagi kalau salah :
1. ESC kayanya memadai tapi sudah sampai dilimitnya saja, kalau ESC nya kekecilan kemungkinan yang ada ESC nya akan cut off di tandai dengan motor putaran nya mrebet dan berakhir dengan kaput;
2. pasangan motor dan ESC udah cocok cuman dibebani melebihi dari daya putar yang bisa dihasilkan oleh kedua sejoli tersebut, karena dibebani terus menerus maka sistem pendinginannya sudah tidak mampu lagi melepas panas alias jenuh maka akibatnya ya begitu lah pada panas enggak jadi terlepas tapi tetap melekat dan kalau diterusin ya harap maklum saja deh;
3. jadi kemungkinan yg paling mendekati dari kisah drama kedua sejoli tersebut adanya ketidak cocokan dengan beban yang harus di tanggung nya yang dalam hal ini adalah sang propoller.
jadi pelajaran yang saya dapatkan adalah :
1. apabila tetap ingin mempertahankan sang ESC dan BL maka harus di carikan propeller yang ukurannya lebih kecil dan untuk ini kayanya yang dikecilkan adalah diameternya sedangkang pitch sama mengingat KV BL nya yg cukup tinggi;
sebagai konsekuensi kalau tetep mau pesawatnya ngacir maka coba kurangi AUW nya kalau enggak ya terbang santai sajalah enggak usah keburu buru;
atau
2. kalau tetap mau mempertahankan propeller nya pertama gantilah sang ESC tapi mengingat sang BL juga panas tidak ada pilihan lain sang BL juga harus diganti dengan kemampuan yg lebih besar
nah untuk memperingan dalam melakukan eksperimen alangkah lebih optimalnya apabila dilengkapi dengan WATT METER jadi disini kita tidak melakukan tebak terka lagi atau rajin2 menelusuri spesikasi motor dan semoga di dalam spesifikasinya dicantumkan juga rekomendasi propeller yg dapat di gunakan dan daya yang dihasilkan nya sehingga bisa dipakai untuk ancer2 berapa AUW pesawat yg bisa di dorong atau ditarik tanpa menimbulkan panas yg berlebihan baik pada BL maupun ESC nya yang nantinya akan berbuntut membuat panas dompet ......
salam