Page 1 of 4

elektirk panas

Posted: 13 Aug 2013, 20:20
by Irwan Bossanova
tuk para suhu mohon nasehat : sy py pswt coro homemade dg AUW 870gr. pke motor turnigy D2826-6, esc turnigy 4oA, dn battry 2200mah, 25c. masalahnya:motor tsb merekom propeler 6x5 ato 7x3 tuk battry 3s. tp terbangnya lemot sekali apalg bl mlwan angin, namun sma elektronik cmn hangat aj. Klo sy ganti propeler 7x5 terbangnya kenceng tp sma elektronik panas sekali, bahkan kadang ada yg terbakar. mhn solusinya: 1. krn sy suka terbang sport jenis motor apa yg sesuai dg plane sy tp elektronik tetap aman alias tdk kepanasan. trm ksh

Re: elektirk panas

Posted: 13 Aug 2013, 20:39
by mandiridjaya
klo seperti spek yg di tuliskan jelas panas Om komponen2 nya terutama BL nya krn memang proppeler menggunakan diatas spek yg direkomendasikan secara otomatis beban motor akan bertambah karena Pitch nya dari rekomendasi 3 menjadi 5 dengan panjang prop sama2 7cm. esc pun akan menjadi panas dan sangat mungkin sekali sampai terbakar motornya...

solusinya harus diganti motornya om agar trust tetep dapet dan speed dapet pula...

logikanya klo proppeler semakin pendek pesawat semakin kenceng tetapi trust berkurang begitu sebaliknya..

mohon koreksi klo ada yg blm pas suhu...

Re: elektirk panas

Posted: 13 Aug 2013, 21:22
by christoffel
mandiridjaya wrote:logikanya klo proppeler semakin pendek pesawat semakin kenceng tetapi trust berkurang begitu sebaliknya

lebih tepatnya :
* diameter lebih dominan pengaruh nya pada coupling. efeknya terasa sebagai tarikan yg kontan atau kurang kontan.
semakin besar diameter prop, semakin besar pula bidang pijakan prop terhadap udara. kalau bidang cengkeram nya kecil, akan terasa seperti kalau pake mobil dengan ban gundul. meskipun roda bisa lansung berputar kencang, tapi kecepatan mobil nya nggak bisa langsung kencang karena ban akan selip dulu, baru perlahan lahan mobil menjadi kencang.
* pitch lebih dominan berpengaruh pada kecepatan, karena nilai pitch yg tinggi secara langsung akan menghasilkan kecepatan udara yg tinggi pula.

diameter dan pitch pada propeller secara bersama sama menentukan besarnya beban motor dalam memutar prop.
jadi kalau mau nya ngebut harus pilih pitch besar, dengan mengorbanan diameter jadi kecil. demikian juga sebaliknya.

solusi untuk om irwan, kalau tetap mau pake motor dan esc diatas, maka pesawatnya harus yg lebih ringan dan kecil.
prop 6x5 untuk ngebut, 7x3 untuk yg lebih kontan tarikan nya.

Re: elektirk panas

Posted: 13 Aug 2013, 21:38
by mandiridjaya
siiip itu maksudnya suhu cuma :cling

Re: elektirk panas

Posted: 13 Aug 2013, 21:52
by Bodyguard
Ikut nimbrung ya om...untuk motor turnigy D2826-6 kalo gak salah thrustnya hanya 750 gram...jadi wajar dia kalo terbang lemot dengan AUW 870 gram, krn sudah melewati batas kemampuan motor....sesuai penjelasan om chris, kalo misal om irwan pengen terbang dengan spek yg ada, om harus pake pesawat yg lebih kecil, maksimal dengan berat 750 gram....
CMIIW.... :gg

Re: elektirk panas

Posted: 13 Aug 2013, 21:56
by Bodyguard
mandiridjaya wrote:logikanya klo proppeler semakin pendek pesawat semakin kenceng tetapi trust berkurang begitu sebaliknya..


Hanya sekedar nambahin ya om MJ...untuk penjelasan di atas sy rasa bukan menjadi harga mati...krn buktinya sy punya motor dgn propeler 7 x 5 tpi thrustnya bisa sampe 2500 gram, berbeda jauh dengan motor yg lain menggunakan propeler 7 x5 dengan thrust hanya sekitar 900 gram... :gg

Re: elektirk panas

Posted: 13 Aug 2013, 21:59
by andreas13
mungkin terlalu berat ya om pesawat nya kebetulan teman juga pakai motor ini (2200kv) dipakai di handmade flying-wing ws +-80cm dengan prop M-airscrew 7X4 motor panas normal tapi tidak sampai terbakar itu kalau sering throtle full terus ....
berikut sedikit videonya


Re: elektirk panas

Posted: 14 Aug 2013, 00:09
by tegosuwarto
Bodyguard wrote:
mandiridjaya wrote:logikanya klo proppeler semakin pendek pesawat semakin kenceng tetapi trust berkurang begitu sebaliknya..


Hanya sekedar nambahin ya om MJ...untuk penjelasan di atas sy rasa bukan menjadi harga mati...krn buktinya sy punya motor dgn propeler 7 x 5 tpi thrustnya bisa sampe 2500 gram, berbeda jauh dengan motor yg lain menggunakan propeler 7 x5 dengan thrust hanya sekitar 900 gram... :gg


Betul Om Bodyguard ,.soalnya saya juga punya D2826/6 2200KV, saya pasang pada hand made Sukhoi SU-27 UB,nggak begitu ngebut sih AUW 825 gram agar motor tidak panas propeler 7 x 4 ujung masing2 saya potong 0,5cm,walhasil motor cuma hangat meskipun full throtle.

[/quote

Re: elektirk panas

Posted: 14 Aug 2013, 01:14
by christoffel
Bodyguard wrote:
mandiridjaya wrote:logikanya klo proppeler semakin pendek pesawat semakin kenceng tetapi trust berkurang begitu sebaliknya..


Hanya sekedar nambahin ya om MJ...untuk penjelasan di atas sy rasa bukan menjadi harga mati...krn buktinya sy punya motor dgn propeler 7 x 5 tpi thrustnya bisa sampe 2500 gram, berbeda jauh dengan motor yg lain menggunakan propeler 7 x5 dengan thrust hanya sekitar 900 gram... :gg

om BG, saya coba luruskan ya, biar nggak rancu.

prop 7x5 kalau pakai motor 100 watt memang paling cuman bisa dapat thrust 700gram
yg optimal bekerjanya pada kisaran 18000 RPM dengan motor berdaya 350watt dan akan menghasilkan thrust sekitar 1.5 kg
kalau mau dipaksa, bisa saja dapat thrust 3kg, tapi motornya harus pakai yg 1000 watt
bahkan kalau mau habis2an, bisa diberi motor 2000watt dan akan dapat thrust sampai 5kg pada 33000 rpm.
kalau di terusin lagi, prop nya nggak bakal kuat, bahkan kalau dibuat dari logam sekalipun, soalnya tip-speed nya sudah masuk kecepatan supersonic.

bisa juga pake ukuran lain (diameter dan pitch yg berbeda), tapi dapat thrust yg sama besarnya.
misalnya kalau pake prop 24x8 dengan motor 2000watt sudah bisa dapat 8.8kg thrust hanya pada 5300rpm.
jadi, yg bikin thrust besar itu bukan ukuran prop nya, tapi besar power motor nya.
prop hanya alat untuk mengkonversi energi putar dari motor menjadi daya dorong.
jadi merubah nilai prop adalah upaya untuk mencari efisiensi yg paling baik, artinya dg daya yg ada bisa dapat thrust sebesar mungkin, dengan mempertimbangkan faktor2 sekunder lainnya (ukuran pesawat, dll).

Re: elektirk panas

Posted: 14 Aug 2013, 04:57
by mandiridjaya
christoffel wrote:
Bodyguard wrote:
mandiridjaya wrote:logikanya klo proppeler semakin pendek pesawat semakin kenceng tetapi trust berkurang begitu sebaliknya..


Hanya sekedar nambahin ya om MJ...untuk penjelasan di atas sy rasa bukan menjadi harga mati...krn buktinya sy punya motor dgn propeler 7 x 5 tpi thrustnya bisa sampe 2500 gram, berbeda jauh dengan motor yg lain menggunakan propeler 7 x5 dengan thrust hanya sekitar 900 gram... :gg

om BG, saya coba luruskan ya, biar nggak rancu.

prop 7x5 kalau pakai motor 100 watt memang paling cuman bisa dapat thrust 700gram
yg optimal bekerjanya pada kisaran 18000 RPM dengan motor berdaya 350watt dan akan menghasilkan thrust sekitar 1.5 kg
kalau mau dipaksa, bisa saja dapat thrust 3kg, tapi motornya harus pakai yg 1000 watt
bahkan kalau mau habis2an, bisa diberi motor 2000watt dan akan dapat thrust sampai 5kg pada 33000 rpm.
kalau di terusin lagi, prop nya nggak bakal kuat, bahkan kalau dibuat dari logam sekalipun, soalnya tip-speed nya sudah masuk kecepatan supersonic.

bisa juga pake ukuran lain (diameter dan pitch yg berbeda), tapi dapat thrust yg sama besarnya.
misalnya kalau pake prop 24x8 dengan motor 2000watt sudah bisa dapat 8.8kg thrust hanya pada 5300rpm.
jadi, yg bikin thrust besar itu bukan ukuran prop nya, tapi besar power motor nya.
prop hanya alat untuk mengkonversi energi putar dari motor menjadi daya dorong.
jadi merubah nilai prop adalah upaya untuk mencari efisiensi yg paling baik, artinya dg daya yg ada bisa dapat thrust sebesar mungkin, dengan mempertimbangkan faktor2 sekunder lainnya (ukuran pesawat, dll).



nah itu maksudnya heee :gg