selain dari quotenya oom iwan21;
kalau sudah nyaman tanpa flap sebaiknya jgn digunakan flaperon, masalahnya ketika flap turun biasanya walaupun secara visual rata tapi secara aerodynamic gak rata/belum tentu rata.
akhirnya saat flap diturunkan nanti pesawat cenderung roll ke kiri atau roll ke kanan.
nyari setting yg benernya agak ribet karena harus dicoba.
saran kalau mau dicoba terbangin tinggi2 dulu, kemudian turunin speed, trus turunkan flap. ketika kendali aileron rata dilihat apakah pesawat cenderung roll kiri atau kanan?
kemudian naikin lagi flapnya terus landing.
trim lagi dibawah, kalo teralu kekanan, subtrim aileron kanan diturunin atau yg kiri dinaikin, coba lagi dst dst sampe ketemu.
kebanyakan di TX inflight trim untuk flapperon gak ada jadi harus trim dibawah
saya ngalamin lihat temen2 yg pake fungsi ini, gak pernah ada yg sekali jadi bener langsung lurus,
yg ada kehilangan pesawat karena pas flap turun langsung ngeroll, gugup kemudian cium tanah
jadi balik lagi ke kalimat saya paling atas, apa memang harus bener2 menggunakan flapperon?
kalo gak perlu, nggak usah aja, sayang pesawatnya.
saya ada beberapa pesawat yg memang ada flapnya, tapi sejauh ini karena landasan cukup panjang gak pernah harus menggunakan flap.