Page 1 of 1

Perawat Engine dg kuras BBM

Posted: 16 Sep 2013, 19:51
by Irwan Bossanova
Maaf para master, jd malu banyak ty soalnya mmg mash awam di engine. Kata para suhu klo mesin mau awet usahakan setiap pswt nginap dlm kondisi tangki kosong bbm nya! Pertanyaannya:

1). Yg dmksud tangki dikuras itu apa sekdar dkuras di tangki ato sampai kuras karburatornya. klo smp kuras karbu gmn caranya.

2). engine sy rcgf 15cc dg muffler menghdap kebawah klo lg air bone gas buangan termasuk olie mengotori fuselage dn wing shg ng enak dipandang. sy cb utk sambung tp blom dpt material yg pas shg sering lepas sambungannya. Mhn pencerahan dari para master disambung pke bahan apa, dg dilas ato tidak? ada sebagian muffler yg diarahkan keatas apa untung ruginya bagi keawetan mesin. makasih sebelumnya.

Re: Perawat Engine dg kuras BBM

Posted: 17 Sep 2013, 00:53
by toto
Coba menjawab nih sambil sama2 belajar Ya om :

1. Kuras bbm yg dimaksud disini kalau saya setelah fuel disedot secukupnya kemudian engine dihidupkan biarkan sampai mati sendiri karena tentunya kehabisan pasokan fuel, dgn melakukan proses ini diharapkan tidak ada fuel tersisa didalam karburator dengan harapan tidak membuat membran lengket dan/atau kemampetan di jalur fuel di dalam carbu akibat adanya sisa fuel khususnya dalam hal ini akibat olie

2. Kalau cipratan dari muffler masih berwarna abu2 tua dari pengalaman saya sih karena engine belum selesai masa break'in nya, indikasi selesai proses break'in kalau di engine yg saya gunakan kalau ada cipratanyapun berwarna abu2 sangat muda dan membersihkannya cukup dengan dilap saja pakai kain perca atau tissue ... Terus muffler ya umumnya menghadap kebawah kalau di keatas pun kan cipratannya tetep bikin fuselage malah canopy akan kena juga dan lebih repot bersihkannya kalau kena plastik canopy ... Bisa jadi juga cipratannya banyak dari muffler karena setting carburator masih terlalu kaya asupan bbm nya


Kira2 gitu deh pengalaman yang dapatkan tapimkalau tidak pas apalagi tidak benar mohon maaf ya maklum masih belajar



Salam

Re: Perawat Engine dg kuras BBM

Posted: 17 Sep 2013, 07:18
by Irwan Bossanova
makasih om toto n salam kenal. klo blh tahu om domisili dmn siapa tahu bs saling komunikasi.

Re: Perawat Engine dg kuras BBM

Posted: 17 Sep 2013, 10:11
by flylow
2) nyambung oom toto, kalo udah lebih dari 2 tangki masih item aja ada 2 kemungkinan. campuran oli kebanyakan atau bukaan needle kegedean alias setting enginenya masih terlalu "rich".
Coba buka busi penampakannya seperti apa, hitam basah?

terus campuran olinya, oli apa? perbandingan berapa?

Re: Perawat Engine dg kuras BBM

Posted: 17 Sep 2013, 13:07
by toto
Irwan Bossanova wrote:makasih om toto n salam kenal. klo blh tahu om domisili dmn siapa tahu bs saling komunikasi.



Halo om Irwan .... Saya tinggal di desa Cikaret, Cibinong, Kabupaten Bogor ....


flylow wrote:2) nyambung oom toto, kalo udah lebih dari 2 tangki masih item aja ada 2 kemungkinan. campuran oli kebanyakan atau bukaan needle kegedean alias setting enginenya masih terlalu "rich".
Coba buka busi penampakannya seperti apa, hitam basah?

terus campuran olinya, oli apa? perbandingan berapa?



Nah ini ada tambahan info yg maknyus dari suhu flylow untuk dapat dilakukan sebelum utak atik yg lain





Salam

Re: Perawat Engine dg kuras BBM

Posted: 17 Sep 2013, 15:52
by flylow
ini resep oplosan gasolin saya
oli merk shell + pertamax

untuk breaking in/ inreyen merk DLE, DLA, DM, RCGF dsb dsb:
120cc oli + 4 liter pertamax, gunakan 2-4 liter habis itu ganti dengan oplosan yg normal

untuk breaking in/ inreyen merk DA, OS, MOKI atau MINTOR
133cc oli + 4 liter pertamax, gunakan 4-8 liter habis itu ganti dengan oplosan yg normal

oplosan normal setelah breaking in:
95-100cc oli + 4 liter pertamax

kenapa oli shell? karena oli ini synthetic dan di tiap toko pasti ada, kalo yamaha sama pertamina rada susah nyarinya.
campuran oli synthetic dibutuhkan lebih sedikit dari oli natural

saya pernah menggunakan 1:50 alias 80cc + pertamax 4 liter, jalan masih normal, busi kering nggak panas
cuma dengan 1:50 ini rada kurang pede makanya dibiasakan dengan 1:40 - 1:42 busi masih ada basah2nya dikit

kalo oli natural (rasanya belon pernah nemu lagi di pasaran) gunakan 120cc per 4 liter pertamax

oplosan ini sudah dipake selain sama saya juga temen2 SRAC yg suka nebeng bensin
engine saya ada di thread lain, merupakan engine gasolin ke 14 saya, 2 dihibahkan ke org lain tapi semuanya masih normal gak ada keluhan apa2

kemudian kenapa engine OS dll breaking in lebih lama periodenya
karena boleh dirasakan, kompresinya lebih mampat, terus ukuran piston ke silindernya bener2 rapet banget
pas baru susah banget, terasa seret sekali pas diengkol.
untuk engine DLE dkk dari baru sama habis break in seretnya cuma segitu aja gak terasa perubahannya

Re: Perawat Engine dg kuras BBM

Posted: 17 Sep 2013, 17:06
by topankaltim
Permisi Om semua...

salam kenal..ikut menyimak ilmunya ya...sapa tau saya bisa ikut ketularan ilmunya...
:cta

salam

Re: Perawat Engine dg kuras BBM

Posted: 20 Sep 2013, 20:29
by farhanalfarisi
toto wrote:Coba menjawab nih sambil sama2 belajar Ya om :

1. Kuras bbm yg dimaksud disini kalau saya setelah fuel disedot secukupnya kemudian engine dihidupkan biarkan sampai mati sendiri karena tentunya kehabisan pasokan fuel, dgn melakukan proses ini diharapkan tidak ada fuel tersisa didalam karburator dengan harapan tidak membuat membran lengket dan/atau kemampetan di jalur fuel di dalam carbu akibat adanya sisa fuel khususnya dalam hal ini akibat olie

2. Kalau cipratan dari muffler masih berwarna abu2 tua dari pengalaman saya sih karena engine belum selesai masa break'in nya, indikasi selesai proses break'in kalau di engine yg saya gunakan kalau ada cipratanyapun berwarna abu2 sangat muda dan membersihkannya cukup dengan dilap saja pakai kain perca atau tissue ... Terus muffler ya umumnya menghadap kebawah kalau di keatas pun kan cipratannya tetep bikin fuselage malah canopy akan kena juga dan lebih repot bersihkannya kalau kena plastik canopy ... Bisa jadi juga cipratannya banyak dari muffler karena setting carburator masih terlalu kaya asupan bbm nya


Kira2 gitu deh pengalaman yang dapatkan tapimkalau tidak pas apalagi tidak benar mohon maaf ya maklum masih belajar



Salam


Wah maaf ikut nimbrung,terimakasih banyak ilmunya eyang toto , maaf om yang mpunya thread ikut nimbrung :gg

flylow wrote:ini resep oplosan gasolin saya
oli merk shell + pertamax

untuk breaking in/ inreyen merk DLE, DLA, DM, RCGF dsb dsb:
120cc oli + 4 liter pertamax, gunakan 2-4 liter habis itu ganti dengan oplosan yg normal

untuk breaking in/ inreyen merk DA, OS, MOKI atau MINTOR
133cc oli + 4 liter pertamax, gunakan 4-8 liter habis itu ganti dengan oplosan yg normal

oplosan normal setelah breaking in:
95-100cc oli + 4 liter pertamax

kenapa oli shell? karena oli ini synthetic dan di tiap toko pasti ada, kalo yamaha sama pertamina rada susah nyarinya.
campuran oli synthetic dibutuhkan lebih sedikit dari oli natural

saya pernah menggunakan 1:50 alias 80cc + pertamax 4 liter, jalan masih normal, busi kering nggak panas
cuma dengan 1:50 ini rada kurang pede makanya dibiasakan dengan 1:40 - 1:42 busi masih ada basah2nya dikit

kalo oli natural (rasanya belon pernah nemu lagi di pasaran) gunakan 120cc per 4 liter pertamax

oplosan ini sudah dipake selain sama saya juga temen2 SRAC yg suka nebeng bensin
engine saya ada di thread lain, merupakan engine gasolin ke 14 saya, 2 dihibahkan ke org lain tapi semuanya masih normal gak ada keluhan apa2

kemudian kenapa engine OS dll breaking in lebih lama periodenya
karena boleh dirasakan, kompresinya lebih mampat, terus ukuran piston ke silindernya bener2 rapet banget
pas baru susah banget, terasa seret sekali pas diengkol.
untuk engine DLE dkk dari baru sama habis break in seretnya cuma segitu aja gak terasa perubahannya


Nah ini dia "Resep" yang sya cari2 . Terimakasih banyak om , izin menyimak :kabur