Page 1 of 3
Dimana nilai aeromodelling dari Drone/Quadcopter/UAV dll?
Posted: 13 Oct 2015, 09:54
by richard
Saya kesulitan untuk memahaminya.
Berikut kutipan dari web FASI Aeromodelling mengenai definisi aeromodelling:
"Aeromodelling adalah kegiatan olahraga dirgantara yang terkait dengan perencanaan, perancangan, pembuatan, dan penerbangan pesawat model. Sedangkan pesawat model adalah pesawat udara tak berawak dengan batasan-batasan tertentu yang meliputi batasan ukuran pesawat, batasan mesin dan batasan bentuk. Pesawat tak berawak untuk untuk keperluan pengintaian atau untuk misi ke luar angkasa oleh misalnya oleh militer atau badan luar angkasa, akan disebut sebagai Pesawat tak Berawak atau UAV, Unmanned Air Vehicle dan tidak termasuk pada kategori aeromodelling."
Merujuk definisi FASI Aeromodelling diatas, seharusnya menjadi salah satu cabang dari FASI, bukan?
Ingin dengar pendapat kawan-kawan yang main Drone/Quadcopter/UAV dll, pengurus FASI, penggemar aeromodelling dan olahraga dirgantara lain.
Kalau sudah pernah dibahas, mohon saya diberi link diskusi serupa.
Terima kasih
Richard
Re: Dimana nilai aeromodelling dari Drone/Quadcopter/UAV dll
Posted: 13 Oct 2015, 11:06
by quadfather
Permisi suhu-suhu semua
Kalau menurut pemahaman saya, coba paragraf ini saya split jadi 3 kalimat.
1. Aeromodelling adalah kegiatan olahraga dirgantara yang terkait dengan perencanaan, perancangan, pembuatan, dan penerbangan pesawat model.
2. Sedangkan pesawat model adalah pesawat udara tak berawak dengan batasan-batasan tertentu yang meliputi batasan ukuran pesawat, batasan mesin dan batasan bentuk.
3. Pesawat tak berawak untuk untuk keperluan pengintaian atau untuk misi ke luar angkasa oleh misalnya oleh militer atau badan luar angkasa, akan disebut sebagai Pesawat tak Berawak atau UAV, Unmanned Air Vehicle dan tidak termasuk pada kategori aeromodelling.
Dari komponen tiap kalimatnya, pemahaman saya kurang lebih begini :
1. Inti dari kegiatan aeromodelling berkaitan dengan pesawat model
2. Batasan pesawat model
3. Pesawat model untuk pengintaian, eksplorasi luar angkasa & militer tidak termasuk Aeromodelling
Jadi menurut pemahaman saya, intinya semua pesawat nirawak masuk aeromodelling kecuali untuk keperluan khusus seperti pengintaian, eksplorasi luar angkasa, militer, dan semacamnya yang tidak ada unsur olahraga.
Dan pendapat saya, kategorisasi ini sebaiknya diperjelas, mana yang masih masuk aeromodelling & tidak. Misal multirotor mode acro & autolevel masih masuk aeromodeling karena membutuhkan ketangkasan pilot dan ada unsur sport, contoh olahraga yang bisa diakomodasi FASI berupa quad race. Sedangkan multirotor mode GPS guided / autopilot tidak masuk aeromodelling.
Demikian juga untuk fixedwing / pesawat, penggunaan flight controller sebatas gyro stabilizer, autolevel, masih termasuk aeromodelling. Sementara bila armada GPS guided, waypoint autopilot, auto RTH, dan semacamnya tidak masuk aeromodelling.
Re: Dimana nilai aeromodelling dari Drone/Quadcopter/UAV dll
Posted: 13 Oct 2015, 23:06
by eja
kalau menurut saya ya jelas, kalau fungsinya "untuk keperluan pengintaian atau untuk misi ke luar angkasa oleh misalnya oleh militer atau badan luar angkasa" yang ini sudah jelas lah, bukan mainan lagi. kalau masih bukan untuk keperluan militer ya anggap saja aeromodelling.
Re: Dimana nilai aeromodelling dari Drone/Quadcopter/UAV dll
Posted: 14 Oct 2015, 22:03
by julescrafter
kalimat yang saya anggap kunci itu di sini
"Aeromodelling adalah kegiatan olahraga dirgantara yang terkait dengan perencanaan, perancangan, pembuatan, dan penerbangan pesawat model"
aero - modelling : desain, bikin, terbang
Kalo multicopter lebih banyak : beli, modif, terbang. Ngga ada "modelling" nya. Walau ada juga yang desain sendiri frame dllnya tapi lebih banyak tinggal pakai.
Re: Dimana nilai aeromodelling dari Drone/Quadcopter/UAV dll
Posted: 15 Oct 2015, 10:48
by richard
quadfather wrote:Misal multirotor mode acro & autolevel masih masuk aeromodeling karena membutuhkan ketangkasan pilot dan ada unsur sport, contoh olahraga yang bisa diakomodasi FASI berupa quad race.
Multirotor mode acro & autolevel itu seperti apa om quadfather?
Apakah seperti multirotor umumnya, hanya minus fasilitas GPS, autopilot etc
Re: Dimana nilai aeromodelling dari Drone/Quadcopter/UAV dll
Posted: 15 Oct 2015, 11:26
by quadfather
richard wrote:Multirotor mode acro & autolevel itu seperti apa om quadfather?
Apakah seperti multirotor umumnya, hanya minus fasilitas GPS, autopilot etc
Betul suhu, intinya flight controller yang ada hanya membantu memperstabil terbangnya. kalo mode acro mirip banget sama FBL pada heli, kalau autolevel seperti FBL hanya ditambah otomatis armada akan mencari posisi datar ketika stik dilepas. flight controller model ini harus mempertahankan ketinggian & posisi secara manual dari stik sehingga masih ada unsur ketangkasan / sport nya.
tapi kalau mulai ada hold2nya seperti heading hold (otomatis menghadap ke arah tertentu), altitude hold (otomatis menjaga ketinggian tertentu), position hold dengan GPS maupun optic, apalagi terbang otomatis dengan waypoint, pendapat saya ini sudah diluar ranah aeromodelling.
Re: Dimana nilai aeromodelling dari Drone/Quadcopter/UAV dll
Posted: 17 Oct 2015, 12:32
by richard
quadfather wrote:richard wrote:Multirotor mode acro & autolevel itu seperti apa om quadfather?
Apakah seperti multirotor umumnya, hanya minus fasilitas GPS, autopilot etc
Betul suhu, intinya flight controller yang ada hanya membantu memperstabil terbangnya. kalo mode acro mirip banget sama FBL pada heli, kalau autolevel seperti FBL hanya ditambah otomatis armada akan mencari posisi datar ketika stik dilepas. flight controller model ini harus mempertahankan ketinggian & posisi secara manual dari stik sehingga masih ada unsur ketangkasan / sport nya.
tapi kalau mulai ada hold2nya seperti heading hold (otomatis menghadap ke arah tertentu), altitude hold (otomatis menjaga ketinggian tertentu), position hold dengan GPS maupun optic, apalagi terbang otomatis dengan waypoint, pendapat saya ini sudah diluar ranah aeromodelling.
Oooo begitu, terima kasih penjelesannya om quadfather.
Saya rasa penamaan juga harus disamakan ya om, agar tidak bablas salah kaprah.
Richard
Re: Dimana nilai aeromodelling dari Drone/Quadcopter/UAV dll
Posted: 18 Oct 2015, 11:58
by quadfather
richard wrote:Oooo begitu, terima kasih penjelesannya om quadfather.
Saya rasa penamaan juga harus disamakan ya om, agar tidak bablas salah kaprah.
Richard
Nah soal penamaan ini yang dari awal bikin rancu. Sudah bener di awal kemunculanya secara global disebut multirotor, atau sesuai jumlah baling2nya, tricopter, quadcopter, hexacopter, octocopter, dst.
Tiba2 entah darimana mulanya ada yang menyebut drone, jadinya kemana2.
Padahal yang dimaksud drone sendiri sebenarnya wahana militer tanpa awak, bisa di darat, laut maupun udara. Udarapun termasuk fixed wing dan heli.
Re: Dimana nilai aeromodelling dari Drone/Quadcopter/UAV dll
Posted: 22 Oct 2015, 12:12
by richard
quadfather wrote:richard wrote:Oooo begitu, terima kasih penjelesannya om quadfather.
Saya rasa penamaan juga harus disamakan ya om, agar tidak bablas salah kaprah.
Richard
Nah soal penamaan ini yang dari awal bikin rancu. Sudah bener di awal kemunculanya secara global disebut multirotor, atau sesuai jumlah baling2nya, tricopter, quadcopter, hexacopter, octocopter, dst.
Tiba2 entah darimana mulanya ada yang menyebut drone, jadinya kemana2.
Padahal yang dimaksud drone sendiri sebenarnya wahana militer tanpa awak, bisa di darat, laut maupun udara. Udarapun termasuk fixed wing dan heli.
Setuju om quadfather, mestinya disebut multirotor saja.
Drone itu seram sekali istilah, tapi yang memang punya nilai jual.
Sikap resmi FASI dan FASI Aeromodelling sendiri bagaimana ya dengan penamaan dan pengkategorian multi rotor?
Semoga om Yan Fajar mau urun rembug disini
Richard
Re: Dimana nilai aeromodelling dari Drone/Quadcopter/UAV dll
Posted: 23 Oct 2015, 16:12
by dulbehek
yg saya ngenes banyak pilot yg katanya punya "drone" terbang se enak nya sendiri