Instruksi : Cara memprogram Revmax pada Radio Futaba
Posted: 09 Jan 2008, 23:02
Cara memasang Throttle Jockey Revmax
Sebelumnya saya mau mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Reva ( jagonya Governor ), Vendra Rivianto ( nickname : Ven Musi, jagonya Piro Flip Palembang dan yang helinya paling mulus ) dan Firmansyah ( Nickname : FIfialfa, pioneer pemakai Revmax pertama di Palembang dan juga masternya 3D kota pempek, yang sudah susah payah mencari referensi untuk kita ) karena membantu saya dalam memahami konsep kerja Revmax, terutama proses kalibrasinya.
Dikarenakan, radio yang saya pakai adalah Futaba 9 Channel, maka menu yang akan diambil adalah dari Futaba, untuk merk lain seharusnya tidak masalah, cuman beda pada ATV saja.
1.Untuk Futaba, pertama tama memilih channel yang akan dipakai untuk channel Governor, untuk ini saya memakai channel 8. Kemudian ( hanya khusus Futaba ), End Point atau ATV di set 90/90. Radio merk lain : 100/100
2.Kemudian ke menu Governor , pada layer pertama diisi :
Up : 0%
Center : 50%
Down : 100%
Switch : C ( Cari Switch yang kosong, jangan switch yang dipakai untuk Idle 1 atau 2 . Tergantung switch mana yang akan di pakai, tapi usahakan switch yang 3 way , jadi kita bisa setting 2 macam RPM, sedangkan yang Center untuk meng-nonaktifkan governor )
Layar Kedua :
Mix : Inh
Cut-CH : Ch 8 ( channelnya governor )
Dir : + Limit
Cut-SW : C
3.Kemudian Throttle , di trim down sampai mentok ( sangat penting ). Sebenarnya menurut aku, tahap 3 inilah yang paling merepotkan. Diusahakan, pada saat ATV 90/90 ( untuk Futaba ), dengan trimming down ( sampai mentok ), ketika stick throttle digerakkan kebawah karburator tertutup habis , sedangkan pada waktu throttle ke atas karburator terbuka habis. Kalau masih ada binding maka harus dirubah lagi lingkage servonya. Agak repot memang , tapi … emang heli merepotkan sih hahahahaha
Kemudian, untuk mengeceknya : pada waktu trimming throttle dikembalikan lagi ke center , maka posisi barrel karburator harus terbuka kira kira 1 mm dari posisi tertutup. Maksudnya , posisi dimana rpm engine rendah, tapi tidak mati engine. Setelah linkage semua sudah benar, maka : Dengan ATV 90/90, Trimming Down sampai mentok , maka karburator pada waktu throttle dibawah , tertutup habis, dan waktu throttle diatas, karburator terbuka penuh.
4.Kemudian adalah kecepatan jari untuk kalibrasi ( kita hanya punya waktu 3 detik, serius
) . Mungkin biar terlatih bermanuver ria . Langka berikutnya ialah, hidupkan radio, kemudian switch C di kebawahkan, Throttle stick dikebawahkan juga. Sekarang hidupkan receiver …. Jari anda harus lincah
, begitu receiver, kira kira 1 detik kemudian, Switch C di naikkan ke atas ( jangan berhenti di tengah tengah ), kemudian dikebawahkan lagi. Setelah langkah diatas dilakukan, maka lampu pada menu SET ( Pada Revmax ) akan kedap kedip. Ini berarti kita sudah memasuki mode kalibrasi. Kemudian Throttle stick dinaikkan, kemudian diturunkan sampai paling bawah lagi. Setelah itu Switch C di keataskan lagi, kemudian dikebawahkan lagi ( ingat jangan berhenti ditengah tengah, bahaya hehehehehe … ngeres
) . Setelah itu, maka Lampu pada menu SET akan berhenti kedap kedip ( maksudnya tidak kedap kedip lagi gitu lho ). Selamat, anda sudah memasuki prose kalibrasi, dan sudah keluar lagi dengan selamat. Apabila gagal, maka ulangi lagi, matikan dan hidupkan receiver, kemudian ulangi lagi proses kalibrasi diatas.
5.Throttle ditrimming lagi ketengah. Pada posisi ini, idealnya engine low rpm, tapi tidak mati engine.
Untuk Setting RPM dan lainnya besok aja , udah malam
Sebelumnya saya mau mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Reva ( jagonya Governor ), Vendra Rivianto ( nickname : Ven Musi, jagonya Piro Flip Palembang dan yang helinya paling mulus ) dan Firmansyah ( Nickname : FIfialfa, pioneer pemakai Revmax pertama di Palembang dan juga masternya 3D kota pempek, yang sudah susah payah mencari referensi untuk kita ) karena membantu saya dalam memahami konsep kerja Revmax, terutama proses kalibrasinya.
Dikarenakan, radio yang saya pakai adalah Futaba 9 Channel, maka menu yang akan diambil adalah dari Futaba, untuk merk lain seharusnya tidak masalah, cuman beda pada ATV saja.
1.Untuk Futaba, pertama tama memilih channel yang akan dipakai untuk channel Governor, untuk ini saya memakai channel 8. Kemudian ( hanya khusus Futaba ), End Point atau ATV di set 90/90. Radio merk lain : 100/100
2.Kemudian ke menu Governor , pada layer pertama diisi :
Up : 0%
Center : 50%
Down : 100%
Switch : C ( Cari Switch yang kosong, jangan switch yang dipakai untuk Idle 1 atau 2 . Tergantung switch mana yang akan di pakai, tapi usahakan switch yang 3 way , jadi kita bisa setting 2 macam RPM, sedangkan yang Center untuk meng-nonaktifkan governor )
Layar Kedua :
Mix : Inh
Cut-CH : Ch 8 ( channelnya governor )
Dir : + Limit
Cut-SW : C
3.Kemudian Throttle , di trim down sampai mentok ( sangat penting ). Sebenarnya menurut aku, tahap 3 inilah yang paling merepotkan. Diusahakan, pada saat ATV 90/90 ( untuk Futaba ), dengan trimming down ( sampai mentok ), ketika stick throttle digerakkan kebawah karburator tertutup habis , sedangkan pada waktu throttle ke atas karburator terbuka habis. Kalau masih ada binding maka harus dirubah lagi lingkage servonya. Agak repot memang , tapi … emang heli merepotkan sih hahahahaha

4.Kemudian adalah kecepatan jari untuk kalibrasi ( kita hanya punya waktu 3 detik, serius



5.Throttle ditrimming lagi ketengah. Pada posisi ini, idealnya engine low rpm, tapi tidak mati engine.
Untuk Setting RPM dan lainnya besok aja , udah malam
